Manfaat Ketela Pohon Untuk Kesehatan Dan Perawatan Tubuh

Manfaat Ketela Pohon Untuk Kesehatan Dan Perawatan Tubuh – Camilan Nusantara


Di zaman yang sangat modern ini banyak sekali masyarakat yang mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk menjaga kesehatan tubuh, namun sebagian dari mereka tidak tahu bahwa masih ada cara alami yang dapat menjaga kesehatan tubuh tanpa harus mengkonsumsi bahan-bahan kimia setiap harinya, orang-orang zaman dahulu sering kali mengkonsumsi ketela ungu dan ketela rambat untuk dijadikan sebagai suplemen tubuh.

Ketela juga dikenal dengan sebutan ubi atau dalam bahasa inggrisnya adalah sweet potato. Seperti halnya padi, umbi-umbian ini juga kaya akan karbohidrat yang tinggi. Bahkan, di Afrika, ketela sudah menjadi salah satu sumber makanan pokok. Tidak hanya batangnya saja yang dapat dikonsumsi, namun daunnya juga dapat dibuat menjadi bahan sayuran.

Umbi Singkong kaya akan kandungan zat karbohidrat, Daun singkong kaya akan protein mentah yang cukup tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan daun golongan Amaranthus (bayam). Selain kaya akan protein, daun singkong juga mengandung jumlah serat yang cukup tinggi. Kandungan gizi singkong per 100gr mengandung :
  • Kalori 121 kal.
  • Air 62,50gr.
  • Fosfor 40,00gr.
  • Karbohidrat 34,00gr.
  • Kalsium 33,00mg.
  • Vitamin C 30,00mg.
  • Protein 1,20gr.
  • Besi 0,70mg.
  • Lemak 0,30gr.
  • Vitamin B1 0,01mg.
Nah karena banyaknya nutrisi yang terkandung didalam ketela pohon, menjadikan ketela pohon ini memiliki banyak manfaat, diantaranya :

1. Mencegah kanker
Ketela pohon mengandung zat anti oksidan yang berkaroten, vitamin C, dan zat anti karsinogen yang membantu dalam pencegahan berbagai penyakit. Penelitian sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi ketela pohon secara rutin akan membuat tubuh menjadi semakin sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit utamanya kanker kolon, ginjal, dan lain-lain.

2. Menjaga kesehatan tulang
Daun ketela kaya akan vitamin K yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang sehingga tidak mudah rapuh. Ternyata, penggunaan ketela untuk menjaga kesehatan tulang ini sudah diaplikasikan sejak lama oleh nenek moyang zaman dahulu. Mereka sudah bisa mengolah daun ketela sebagai air godokan yang kemudian rutin diminum setiap harinya. Tidak hanya tulang, vitamin K juga berperan dalam menjaga kesehatan gigi.

3. Kekebalan Tubuh
Sebagai kekebalan tubuhBaik ketela ungu maupun ketela rambat, mengandung beta karoten, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Adanya beberapa kandungan tersebut dengan jumlah yang cukup dapat menjaga kekebalan tubuh sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit. Namun, tidak hanya ketela saja yang berperan dalam hal ini, pola hidup sehat dan rajin berolahraga juga dibutuhkan.

4. Mengatasi Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang wajib dihindari dan dicegah. Ketela pohon akan mempengarhui produksi jumlah insulin dalam tubuh sehingga kadar gula dalam darah bisa stabil. Oleh karena itu, seorang penderita diabetes sangat cocok jika mengkonsumsi ketela secara rutin.

5. Menyembuhkan Bronkitis
Batuk FluBronkitis merupakan penyakit ditandai dengan batuk yang tak kunjung sembuh. Sebagai upaya penyembuhannya, anda bisa menggunakan ketela pohon yang mengandung vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya. Selain rasanya yang manis, ketela pohon juga akan memberikan efek hangat pada tenggorokan dan perut ketika mengkonsumsinya.

6. Meningkatkan Berat Badan
Tubuh Ideal PriaSelain nasi, anda juga bisa mencari alternatif makanan lain yang kaya akan karbohidrat misalnya ketela. Jenis umbi yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat dengan mudah meningkatkan berat badan sehingga sangat cocok untuk perbaikan gizi anak-anak, apalagi anak yang tidak menyukai nasi.

7. Mengantisipasi Pembengkakan
Peradangan biasanya disebabkan oleh adanya kuman yang menginfeksi bagian tubuh. Peradangan kemudian akan berubah menjadi pembengkakan disertai dengan rasa nyeri dan sakit yang sangat mengganggu. Ternyata, dengan mengkonsumsi ketela yang mengandung zat beta karoten, magnesium, dan vitamin C, dapat mengantisipasi peradangan dan meredakan rasa nyeri.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Selain wortel yang kaya akan vitamin, anda juga bisa menemukan sumber vitamin A dalam ketela ungu dan ketela rambat. Beta karoten yang terdapat dalam ketela akan diubah menjadi vitamin A dan mampu mencukupi kebutuhan vitamin A dalam tubuh sehingga berkhasiat untuk kesehatan mata.

9. Melancarkan Peredaran Darah
Siapa sangka ternyata pigmen warna ungu yang terdapat dalam ketela ungu dapat berfungsi sebagai antosianin sehingga membuat peredaran menjadi lancar ketika mengkonsumsinya secara rutin. Antosianin juga merupakan zat antioksidan yang dapat menyerap polusi udara.

10. Mengatasi Sakit Perut
Ketela ungu sangat mudah untuk dicerna, adanya kandungan pati pada umbi-umbian ini akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih baik daripada sebelumnya sehingga dapat digunakan sebagai obat pereda sakit pada perut. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam ketela juga akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Adanya vitamin B, C, dan A, potassium, dan kalsim juga dipercaya dapat meredakan radang pada perut.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya