Langkah-Langkah Membuat Opak Gulung Wijen Yang Enak Dan Gurih

Langkah-Langkah Membuat Opak Gulung Wijen Yang Enak Dan Gurih – Camilan Nusantara


Salah satu kue kering yang cukup populer di Indonesia adalah kue semprong. Biasanya kue kering ini disajikan saat acara-acara penting seperti ketika hajatan pernikahan, arisan keluarga, kondangan, syukuran, dan masih banyak lagi

Mungkin sebagian dari kita masih cukup asing ketika mendengar nama kue satu ini. Nama kue semprong sendiri sampai sekarang belum diketahui dari mana asalnya. Berbagai daerah menyebut kue ini dengan nama yang berbeda-beda. Di Sumatera kue ini diberi nama dengan Kue Sapik, sedangkan di Jawa Timur (khsusnya Blitar) kue ini sering disebut dengan Opak Gambir

Kue ini juga dikenal dengan kue Opak Gulung, sebab ketika membuatnya kita harus menggulung-gulung adonan di atas wajan sampai membentuk sebuah tabung berongga. Namun ada pula semprong yang dibuat dengan melipat adonan membentuk amplop segi empat dan lipatan segitiga mirip kipas yang biasanya disebut sebagai kue sepit.

Kue Opak Gulung ini menjadi santapan yang cukup lezat ketika bersantai bersama keluarga. Tidak perlu Anda membeli kue ini di toko roti, karena sebenarnya cara membuat kue Opak Gulung ini cukup mudah. Nah bagi kamu yang hobi memasak, kita buat kue opak gulung dengan resep berikut yukk.

Bahan – Bahan Yang Diperlukan : 

  • Santan kelapa sebanyak 200 ml 
  • Telur ayam cukup dengan 3 butir 
  • Tepung beras sebanyak 250 gr 
  • Gula halus sebanyak 165 gr 
  • Garam halus sekiranya cukup 1/2 sendok teh 
  • Tepung sagu sebanyak 50 gr 
  • Margarine yang sudah dilelehkan sekitar 60 gr 
  • Wijen sebanyak 50 gr

Langkah-Langkah Membuat Opak Gulung :

  1. Setelah semua bahan disiapkan. Langkah pertama siapkan dulu sebuah wadah kecil untuk mengocok telur dan gula. Pecahkan telur dalam wadah tersebut dan kocok bersama dengan gula sampai mengeluarkan warna putih serta berbuih.
  2. Masukan tepung sagu dan tepung beras ke dalam kocokan telur tersebut. Namun usahakan sambil menyaring tepung tadi, ini berguna agar kue nanti memiliki tekstur yang lebih lembut dan renyah. Aduk-aduk adonan tepung tadi sampai tercampur secara merata.
  3. Tuangkan santan dan margarine ke dalam adonan tersebut sambil tetap terus dilakukan pengadukan agar bisa tercampur secara merata. Tambahkan wijen dan garam ke dalamnya, lalu lakukan pengadukan sampai tercampur secara merata lagi.
  4. Sekarang kita siapkan cetakan kue semprong tersebut. Olesi cetakan tadi dengan menggunakan sedikit margerine atau minyak secara merata, lalu panaskan. Setelah panas, ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur dan ratakan pada bagian cetakan tersebut.
  5. Sambil memanggang adonan, lakukan gerakan bolak-balik agar semua bagian bisa matang secara merata. Buka cetakan tersebut setelah sekiranya matang. Jangan tunggu lama-lama, selagi masih hangat (setelah membuka cetakan) gulung adonan tadi dengan menggunakan lidi atau sendok garpu.
  6. Setelah itu diamkan kue tersebut sampai dingin dan mengeras. Anda dapat langsung menyajikan kue ini atau menyimpannya untuk acara-acara tertentu. Pastikan Anda menyimpannya di topless kedap udara agar kue semprong ini tetap renyah ketika disajikan. Selamat Mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya