Kandungan Serta Khasiat Kacang Bogor Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Serta Khasiat Kacang Bogor Bagi Kesehatan Tubuh – Camilan Nusantara


Kacang bogor adalah salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak ditemukan di daerah bogor. Kacang dengan nama latin Vigna subterranea ini banyak dikonsumsi untuk cemilan meskipun kacang bogor ini belum populer di kalangan masyarakat luas. Cita rasanya yang khas, membuat kacang bogor memiliki sensasi rasa tersendiri saat dimakan. Selain rasanya yang gurih dan khas, kacang yang diduga berasal dari daerah Afrika ini memiliki kandungan nutrisi di dalamnya yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Ingin tahu apa saja kandungan kacnag bogor? Simak penjelasan dibawah ini yukk..


Kandungan Dalam Kacang Bogor
Kacang bogor memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan nutrisi dalam kacang bogor tidak kalah dengan kandungan  kacang-kacangan lain. Beberapa kandungan yang terdapat dalam kacang bogor diantaranya yakni protein, karbohidrat, sam amino dan lemak tak jenuh. Kandungan dalam kacang bogor ini sangat baik untuk membantu proses metabolisme tubuh. Karbohidrat dalam kacang bogor juga berguna sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh. 

Kacang bogor memiliki berbagai khasiat yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Masing masing kandungannya memiliki khasiat yang berbeda, yakni:

1. Kandungan Protein

Kacang bogor memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan mampu meningkatkan daya ingat otak. Pada usia perkembangan anak, mengkonsumsi kacang bogor dapat membantu mencerdaskan otak karena proteinnya yang mampu meningkatkan daya ingat. Selain meningkatkan daya ingat, protein dalam kacang bogor mampu mencegah terjadinya kepikunan bagi orang yang sudah berusia lanjut. dengan kandungan protein yang tercukupi untuk membantu kerja otak dalam mengingat sesuatu hal, kinerja otak akan lebih maksimal dan dapat menyimpan memori lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Karbohidrat

Karbohidrat dalam kacang bogor mampu memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat dalam kacang bogor mampu memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh memiliki lebih banyak tenaga dan tidak mudah lelah. Di dalam karbohidrat, terdapat kandungan serat yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Serat juga mampu mejaga aktivitas organ tubuh sehingga kinerja setiap organ dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar dan tidak melakukan kerja yang terlalu berat.

3. Lemak Tak Jenuh

Meskipun memiliki kandungan lemak, namun lemak yang terkandung dalam kacang bogor merupakan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh dalam kacang bogor ini baik untuk menjaga sistem pencernaan. Selain itu, dengan adanya lemak tak jenuh juga akan menjaga kesehatan jantung karena kadar kolesterol dalam lemak tak jenuh sangat sedikit. Kacang bogor juga mampu membantu menjaga penampilan dengan menjaga berat badan. Apabila memiliki masalah dalam kelebihan berat badan, mengkonsumsi kacang bogor dapat dijadikan salah satu solusi. Hal ini disebabkan karena lemak tak jenuh dalam kacang bogor mampu membantu proses diet dan mengkonsumsi kacang bogor tidak mengakibatkan peningkatan berat badan.

Mengkonsumsi kacang bogor tidak hanya dapat menjaga kesehatan tetapi juga mampu membantu wajah agar tetap terlihat cantik. Kacang bogor dapat membantu mencegah terjadinya kulit kering dan mengelupas. Selain itu, kacang bogor juga mampu membantu pencegahan dan penundaan terhadap penuaan yang terjadi pada kulit. Namun bagi Anda yang memiliki masalah jerawat dan kulit berminyak tetap harus berhati hati untuk mengkonsumsi kacang bogor dalam porsi yang terlalu banyak. Karena, kacang bogor juga dapat mempangaruhi timbulnya jerawat dan minyak berlebih apabila memang kulitnya sudah berjerawat.

Kacang bogor bisa diolah dengan beberapa cara seperti di rebus, di goreng, dan diolah menjadi aneka makanan. Beberapa jenis makanan atau camilan yang terbuat dari kacang bogor diantaranya yaitu kacang bogor goreng dan kripik kacang bogor. Untuk membuat keripik dari kacang bogor, lebih baik kacang bogor tersebut direbus terlebih dahulu untuk menghasilkan keripik yan tidak keras dan empuk. Sebaiknya jangan mengkonsumsi kacang bogor dalam keadaan mentah, karena rasanya tidak akan seenak kacang bogor yang sudah direbus atau dijadikan olahan  camilan lainnya.

Camilan pada umumnya lebih cenderung pada hal yang tidak sehat karena banyak camilan yang mengandung kolesterol tinggi dan biasanya membuat badan jadi gemuk. Namun, dengan adanya olahan kacang bogor sebagai camilan, tidak perlu khawatir dengan masalah kesehatan maupun penampilan karena camilan dari kacang bogor ini malah dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan. Dengan begitu, mengganti camilan dengan kacang bogor dapat dijadikan salah satu solusi untuk ngemil tapi tetap sehat.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya