Kandungan Nutrisi Pada Kuaci Matahari, Semangka, Dan Waluh

Kandungan Nutrisi Pada Kuaci Matahari, Semangka, Dan Waluh – Camilan Nusantara


Seperti yang kita semua tahu, kuaci pada umumnya berasal dari biji bunga matahari. Bunga matahari merupakan tanaman yang berasal dari Negara Meksiko dan Peru, lalu sekitar abad ke-17, terjadi penyebaran tanaman tersebut ke berbagai negara di belahan dunia, seperti Jerman, Perancis, Bulgaria, Rusia, Amerika serikat, Hungaria, Rumania, dan negara-negara lainnya.

Di Indonesia sendiri, sentra pembudidayaan tanaman bunga matahari ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dimana selain menghasilkan bunga yang besar dan indah seperti matahari, bunga tersebut juga menghasilkan biji yang kemudian dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan ringan yang kita sebut dengan kuaci. Selain itu juga sebagai salah satu sumber penghasil minyak dalam produk kosmetik.

Kuaci adalah salah satu cemilan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. kebanyakan kuaci diolah dari biji bunga matahari yang dikeringkan kemudian diasinkan. namun, ternyata produk kuaci juga dapat dihasilkan dari biji buah semangka serta biji labu wuluh.

Menurut Wikipedia, Kuaci (瓜籽 guā zǐ, biji labu) adalah camilan berupa biji semangka, biji waluh, atau biji bunga matahari yang dikeringkan dan diasinkan. Proses penyangraian memberikan aroma sedap, dan penambahan garam memberikan rasa gurih dan meningkatkan daya awet. Penambah cita rasa dan aroma yang sering dipakai dalam pembuatan kuaci adalah daun pandan, batang serai, kayu manis, kincam, dan pekak.

Seperti yang sudah dikatakan di atas tadi, bahwa kuaci bukan hanya berasal dari bunga matahari saja, melainkan ada yang dari biji semangka dan biji waluh. Walaupun kecil, ternyata kuaci memiliki segudang nutrisi yang terkandung di dalamnya. Apa saja, mari kita simak dibawah ini :

1. Kandungan Nutrisi Kuaci Biji Bunga Matahari
Kuaci yang paling umum ditemukan adalah jenis kuaci yang berasal dari biji bunga matahari. Nah, apa saja yang terkandung dalam kuaci biji bunga matahari? Kandungannya adalah sebagai berikut :
  • lemak tak jenuh (lemak baik) dan kandungan asam linoleat

Hampir 90% kandungan lemak yang terkandung di dalam kuaci ialah lemak tak jenuh (lemak baik) dan kandungan asam linoleat yang mencapai 72%. dari berbagai hasil penelitian menunjukkan kalau makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh begitu baik buat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga dengan begitu akan bisa menurunkan resiko terjadinya gangguan atau penyakit kardiovaskular.
  • Vitamin E

Kuaci biji bunga matahari juga sarat akan kandungan manfaat vitamin E, yaitu vitamin yang dapat bertindak sebagai antioksidan serta anti radang. vitamin E berguna buat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular (jantung). menurunkan resiko terjadinya plak pada pembuluh darah, menurunkan resiko terkena gangguan penyakit kanker kolon, mengurangi tingkat keparahan serta hot flush yang terjadi pada perempuan yang tengah dalam masa menapause, menurunkan resiko komplikasi diabetes, menurunkan tingkat resiko gangguan penyakit yang dipengaruhi oleh radikal bebas serta radang semisal asma, osteoarthiritis, rheumathoid arthiritis, melindungi daya ingat otak serta membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan.
  • Fosfor

Kuaci biji bunga matahari juga mempunyai kandungan fosfor yang cukup baik, dimana dalam setiap 100 gramnya terdapat +/- 705 sampai 755 mg fosfor yang begitu baik buat membantu dalam proses pembentukan masa tulang serta gigi. sehingga dengan begitu akan bisa menurunkan resiko osteoporosis.
  • Kalium

Kalium adalah salah satu jenis mineral yang banyak terkandung dalam biji kuaci biji bunga matahari, dimana dalam setiap 100 gram kuaci terdapat kandungan kalium sebesar 648 sampai 689 mg. jenis mineral ini begitu baik buat mengimbangi kandungan natrium di dalam tubuh. selain itu, sifat hipotensif yang dimiliki oleh kalium akan bisa membantu menurunkan tekanan darah. artinya, mengkonumsi kuaci akan membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Kalsium

Jenis mineral lain yang ada pada kuaci biji bunga matahari adalah kalsium. dalam 100 gram kuaci terdapat kandungan kalsium sebesar 54 sampai 116 mg. manfaat kalsium begitu baik buat membantu proses pembentukan tulang serta gigi. sehingga bisa melindungi tubuh dari gangguan osteoporis.
  • Natrium

Kandungan mineral lain yang enggak kalah penting dari kuaci biji bunga matahari ialah natrium sebesar 3 sampai 99 mg dalam 10 gram kuaci, zat besi sebesar 6,77-7,28 mg serta tembaga sebesar 0,69-1,75 mg di dalam setiap 100 gramnya.
  • Folat

Kuaci biji bunga matahari juga kaya akan kandungan folat yang begitu baik buat membantu dalam proses pembentukan sel-sel tubuh baru serta menutrisi otak.
  • Magnesium

Magnesium yang terdapat dalam kuaci biji bunga matahari sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah timbulnya asma, serta mencegah gangguan migrain.
  • Selenium

Selenium merupakan jenis mineral yang sangat penting untuk menurunkan resiko berbagai jenis penyakit kanker, seperti kanker kolon, kanker kandung kemih, dan kanker prostat. Selain itu, selenium juga sangat baik bagi kesehatan jantung.
  •  Asam Amino

Kandungan asam amino yang dikenal dengan tryptophan berperan penting dalam pembentukan serotonin.
  • Serat Pangan

Serat pangan yang ada pada kuaci biji bunga matahari juga sangat baik untuk membantu mengontrol tingkat kolesterol dalam darah.
  • Protein

Di dalam 100 gram kuaci biji bunga matahari juga mengandung sekitar 21 gram manfaat protein atau menyediakan sekitar 37% dari jumlah protein yang direkomendasikan untuk tubuh. Kandungan protein sangat baik untuk menunjang pertumbuhan seperti dalam proses pembangunan otot-otot dalam tubuh.
  • Asam Klorogenat

Kuaci biji bunga matahari menghasilkan asam klorogenat yang sangat baik untuk membantu mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes.
  • Fitosterol

Dalam 100 gram kuaci biji bunga matahari juga terkandung sekitar 270 hingga 289 mg fitosterol yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menyehatkan jantung, meningkatkan respon imun, serta dapat menurunkan resiko berbagai jenis kanker.

2. Kandungan Nutrisi Kuaci Biji Semangka
Nah, selain biji bunga matahari, kuaci juga ada yang berasal dari biji semangka. Selain memiliki buah yang manis dan menyegarkan, semangka juga menghasilkan biji yang saat ini banyak diolah menjadi produk camilan ringan seperti kuaci. Sama seperti biji bunga matahari, kuaci yang diolah dari biji semangka juga banyak memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Seperti apa kandungannya, silahkan simak dibawah ini :
  •  Asam Amino

Biji semangka merupakan salah satu penghasil asam amino yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh kita, seperti Arginin yang berperan penting dalam peningkatan proses metabolisme tubuh, sistem kardiovaskular, serta kesehatan seksual. Dan juga lysine yang berperan penting dalam proses penyerapan kalsium, pembentukan jaringan ikat dan kolagen di dalam tubuh.
  • Asam Amino Esential Triptofan

Selain itu, kuaci biji semangka juga menghasilkan asam amino esential triptofan, yang berfungsi untuk membantu menjaga nafsu makan serta asam amino non esential seperti asam glutamat yang memberikan perlindungan bagi tubuh dari racun-racun yang berbahaya. 
  • Kandungan Mineral

Kuaci biji bunga matahari juga kaya akan kandungan mineral seperti manfaat zat besi, magnesium, mangan, fosfor, seng, kalium, serta tembaga. Kandungan mineral-mineral tersebut berperan untuk menjaga kesehatan organ kardiovaskular, mengontrol tekanan darah, mendukung metabolisme energi, serta berperan dalam sintesis protein. Artinya mengkonsumsi kuaci biji semangka akan memabntu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung serta gangguan hipertensi.
  • Vitamin B

Kandungan lain dalam kuaci biji semangka adalah manfaat vitamin B kompleks seperti niacin, asam folat, tiamin, riboflavin, vitamin B6, serta asam panthothenic yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem sarah, kesehatan kulit, serta kesehatan sistem pencernakan.
  • Serat

Kandungan manfaat serat yang terdapat dalam kuaci sangat bagus bagi kesehatan sistem pencernakan seperti menjaga kesehatan pergerakan usus, dan lain sebagainya.
  • Kalori

Kuaci biji semangka juga menyediakan kandungan kalori yang mencapai sekitar 600 kalori serta sekitar 80% lemak.

3. Kandungan Nutrisi Kuaci Biji Waluh
Biji waluh atau labu ternyta juga bisa dijadikan kuaci dan tenrunya juga memiliki kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi yang dikandung antara lain :
  • Zinc

Biji waluh (labu) merupakan sumber zinc yang sangat baik bagi tubuh, yaitu untuk membantu mendukung fungsi dari berbagai jenis enzim, meningkatkan imunitas, serta menjaga kesehatan fungsi reproduksi.
  • Antioksidan

Kandungan manfaat antioksidan yang terdapat dalam kuaci biji waluh juga terhitung tinggi, dimana kita tahu bahwa antioksidan sangat berperan penting bagi tubuh. Salah satu antioksidan tersebut adalah vitamin E seperti alpha tocopherol, gamma tocopherol, alpha tocomonoenol, gamma tocomonoenol, dan gamma tocopheral.
  • Zat Fenol

Kandungan lainnya adalah zat fenol seperti caffeic, vanilat, asam syringic, coumaric, ferulat dan sinapic yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari adanya kerusakan akibat radikal bebas.
  • Fosfor

Fosfor yang sangat baik dalam proses pembentukan tulang dan gigi, mendukung sistem pencernaan, mendukung sintesis protein, menjaga keseimbangan hormon, serta membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.
  • Mangan

Mangan berfungsi untuk mendukung sistem metabolisme tubuh, mendukung fungsi tiroid agar selalu normal, serta membantu penyerapan kalsium.
  • Tryptophan

Tryptophan yang berperan dalam peningkatan fungsi mental serta menjaga suasana hati (mood).
  • Magnesium

Magnesium yang berperan di hampir semua fungsi tubuh, seperti pengaturan suhu tubuh, transmisi impuls saraf, produksi energi, serta proses detoksifikasi.
  • Asam Lemak Dan Sterol

Kuaci biji waluh atau labu juga mengandung asam lemak dan sterol yang sangat penting dalam meningkatkan fungsi uretra sehingga dapat melindungi prostat, serta melindungi saluran kemih yaitu dengan meningkatkan fungsi kandung kemih.

Itu tadi merupakan beberapa kandungan nutrisi yang ada pada kuaci. Ternyata bentuknya yang kecil bukan berarti kuaci tidak memiliki kandungan nutrisi apapun ya. Semoga Bermanfaat.


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya