Faktor Penting Yang Mempengaruhi Usaha Emping Jagung Anda

Faktor Penting Yang Mempengaruhi Usaha Emping Jagung Anda – Camilan Nusantara


Emping jagung adalah makanan yang terbuat dari biji jagung yang dipipihkan dan digoreng. Makanan yang satu ini termasuk salah satu makanan ringan yang cukup populer di Indonesia dan disukai oleh banyak orang. Cita rasa yang gurih dengan teksturnya yang renyah membuat emping jagung disukai banyak orang.

Proses pembuatan emping jagung yang tidak terlalu sulit serta banyaknya peminat snack ini, membuat emping jagung sangat cocok dijadikan usaha yang patut untuk di coba. Prospek usaha emping jagung ini cukup baik kedepannya. Melihat konsumen emping jagung yang cukup banyak. Dan emping jagung ini juga bisa di konsumsi oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa lantaran teksturnya yang tidak terlalu keras dan rasanya yang lezat. 


Melihat berbagai alasan diatas, berbisnis emping jagung berpotensi mendatangkan banyak keuntungan. Selain karena bahan bakunya yang mudah didapat, harga jagung juga tidak terlalu mahal sehingga tidak memerlukan banyak biaya. Cara pembuatannya yang mudah juga menjadi keuntungan tersendiri dalam bisnis ini. Membuat emping pun tidak membutuhkan banyak bahan tambahan, kecuali bumbu-bumbu sederhana untuk membuat emping menjadi lebih sedap. 
Namun dalam hal bisnis, ada beberapa Faktor Penting Yang Mempengaruhi Usaha Emping Jagung Anda. Lalu apa saja factor-faktor tersebut? Simak ulasan berikut.

1. Bahan Baku
Bahan baku berupa jagung memang tergolong mudah didapat dan relatif murah. Tapi untuk menekan biaya produksi seminimal mungkin, disarankan untuk membeli jagung langsung dari para petani. Selain murah, jagung yang didapat langsung dari petani tentunya juga lebih segar dan memiliki kualitas yang lebih baik.

2. Mulai dari Skala Kecil
Bila Anda masih baru memulai usaha, sebaiknya bisnis dimulai dari skala kecil. Dengan demikian Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar sekaligus mengurangi risiko kerugian. Barulah ketika bisnis sudah berjalan dengan baik, Anda bisa memperbesar jumlah produksi sesuai dengan kemampuan Anda.

3. Kelengkapan Alat
Dalam proses pembuatan emping, ada beberapa peralatan atau mesin yang sebaiknya dimiliki, misalnya mesin pemipil jagung. Untuk bisnis skala kecil, proses ini bisa dilakukan secara manual dengan menyewa tenaga kerja. Namun untuk produksi skala besar, sebaiknya menggunakan mesin yang lebih praktis dan efisien.
Tak hanya mesin untuk membuat emping, Anda juga wajib memiliki mesin pengemas sesuai dengan jenis kemasan yang dikehendaki. Dengan peralatan ini, maka produk emping yang dihasilkan tidak hanya unggul dalam hal rasa, tapi juga dalam hal penampilan fisik produk.

4. Pemasaran
Pemasaran menjadi faktor penting dalam hal bisnis. Agar produk yang dijual bisa dikenal masyarakat sekaligus menarik minat konsumen, Anda harus melakukan promosi yang tepat. Memasarkan produk bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menerapkan prinsip door to door atau langsung menawarkan produk kepada konsumen.
Untuk produk emping dari jagung, Anda bisa menjualnya secara langsung atau menawarkannya pada toko, warung, maupun toko pusat oleh-oleh. Apabila memiliki modal lebih, Anda juga bisa membuka toko sendiri untuk memasarkan produk yang dihasilkan.
Promosi juga harus terus dilakukan untuk meningkatkan hasil penjualan. Salah satu cara yang saat ini marak dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Dengan cara ini, Anda tidak membutuhkan terlalu banyak biaya untuk promosi tapi bisa menjaring konsumen dalam jumlah yang lebih banyak.

5. Inovasi
Salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis adalah adanya inovasi pada produk yang dijual. Untuk produk emping, berikut beberapa contoh inovasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil penjualan.

6. Rasa Emping
Berinovasi dalam hal rasa memang sudah umum dilakukan oleh para pebisnis kuliner, Anda pun bisa melakukan hal yang sama untuk produk emping yang Anda buat. Dengan tidak meninggalkan emping rasa original, Anda bisa menambahkan rasa-rasa baru yang mungkin akan disukai oleh para konsumen.

Variasi rasa bisa terdiri dari rasa balado, pedas manis, keju, atau rasa barbeque. Bumbu yang digunakan bisa berupa bumbu bubuk yang banyak dijual di pasaran. Penambahan bumbu pun dilakukan ketika emping sudah digoreng dan siap untuk dikemas.

7. Kemasan Produk
Kemasan layaknya sampul buku dan menjadi hal pertama yang akan dinilai oleh konsumen. Itulah kenapa membuat kemasan yang baik sekaligus menarik sudah menjadi kewajiban Anda sebagai seorang produsen. Pastikan produk emping tidak hanya dikemas dengan plastik biasa yang polos, tapi harus memiliki keterangan seperti merek, gambar, komposisi makanan, hingga informasi mengenai tanggal kedaluwarsa.
Bila emping ditujukan untuk dijual di toko pusat oleh-oleh, emping sebaiknya dibungkus dengan kemasan yang terlihat lebih eksklusif. Pilih plastik kemasan yang tebal, kaku, dan tidak mudah sobek. Agar lebih menarik, bisa juga menggunakan kemasan jenis standing pouch transparan dan dilengkapi aluminium foil.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya