Fakta Mengejutka Dari Makaroni Yang Belum Banyak Diketahui

Fakta Mengejutka Dari Makaroni Yang Belum Banyak Diketahui – Camilan Nusantara


Makaroni adalah makanan pasta khas italia yang berbentuk unik, makanan ini sangat populer didunia terutama di Indonesia karena bentuk yang unik yaitu elbow. Makaroni sudah identik sebagai makanan yang berasal dari Italia dan diduga kuat makaroni dibawa oleh penjelajah terkenal asal Venesia Marco Polo dalam pejelajahannya mengelilingi dunia. Beberapa catatan mengetakan bahwa Marco Polo membawa beragam jenis pasta termasuk spaghetti dan makaroni dari daratan Cina.

Di Indonesia sendiri makaroni memiliki 2 macam jenis, yaitu makaroni rebus dan makaroni goreng, yang biasa di olah menjadi camilan anak muda jaman sekarang. Makaroni memiliki rasa yang enak serta memiliki tekstur yang kenyal dan renyah. Nah, di samping itu macaroni juga memiliki beberapa fakta mengejutkan yang pastinya belum diketahui oleh banyak orang. Apa saja sih fakta macaroni yang mengejutkan tersebut?? Simak ulasan dibawah ini yukk!

1. Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Berolahraga

Makaroni terbukti mampu mengembalikan energi kita setelah berolahraga atau bekerja seharian. Itulah kenapa makaroni menjadi makanan favorit bagi para olahragawan. Selain itu dalam 1 porsi makaroni mengandung protein yang tinggi yaitu 16% protein harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.dan sangat sedikit mengandung lemak yaitu 1,2 gram. Tak heran makaroni menjadi makanan yang wajib dikonsumsi oleh atlet setelah latihan.

2. Membuat Suasana Hati Bahagia

Makaroni juga mampu membahagiakan orang yang memakannya lho. Kok bisa ya? Ternyata, dari sebuah penelitian makaroni memiliki sebuah zat yang menyebabkan kadar hormon bahagia kita meningkat setelah memakannya. Jadi jika kamu ingin selalu merasa bahagia, coba deh makan makaroni setidaknya tiga kali dalam seminggu. 

3. Cocok untuk Penderita Diabetes

Ternyata makaroni sangat cocok untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Syaratnya, makaroni harus direbus tidak terlalu lama agar indeks glimemik yang ada di dalamnya bisa menurun dengan drastis. Makaroni mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan tercerna secara perlahan di dalam tubuh yang kemudian meningkatkan kadar gula darah secara bertahap. Bila makaroni dikonsumsi dengan benar dan jangan menyertakan saus yang berlemak 

4. Olahan Makaroni yang Berbeda-Beda Ditiap Negara

Di Amerika Utara, makaroni dengan bentuk “siku” (elbow makaroni) biasanya ditemukan pada hidangan makaroni dan keju ala Amerika. Elbow makaroni juga digunakan dalam puding susu.
Di daerah dengan populasi etnis China yang besar yang terbuka terhadap pengaruh budaya barat; seperti Hongkong, Makau, Malaysia, dan Singapura, warga Cina lokal mengadaptasi makaroni sebagai masakan Cina dengan gaya western. 
Di Hongkong dan Asia Tenggara, makaroni direbus dalam air, kemudian disajikan dengan kaldu beserta tambahan daging ham atau sosis, kacang polong, jamur hitam, atau telur.
Di Swedia, hidangan ini dikenal dengan sebutan macaroni pudding. Biasanya dibuat dengan daging ham (potongan daging paha hingga kaki belakang), leek (sayuran yang sejenis dengan bawang bombay dan bawang putih), serta keju.
Di Indonesia, hidangan ini dikenal dengan nama makaroni schotel. Masakan ini diperkenalkan oleh Belanda selama pendudukan di Indonesia. Oleh karena itu, “schotel” atau “schaal” berasal dari bahasa Belanda yang mengacu pada wadah yang digunakan untuk membuat hidangan ini. Biasanya dibuat dengan keju dan daging atau tuna. Kadang diberi tambahan kentang dan tahu untuk menciptakan rasa yang lebih Asia. Namun ternyata ada yang nik dari olahan macaroni di Indonesia. Di Indonesia macaroni ternyata ada yang diolah menjadi snack juga lho.

5. Museum Makaroni di Roma, Italia

Museum makaroni ini disebut dengan The National Museum of Pasta yang berada di Roma Italia, didalam museum ini di pajang beberapa pengetahuan dan teknologi produksi makaroni dari yang manual hingga mesin modern untuk pembuatan pasta. Museum ini berada di Skanderbeg Square, didalam museum ini juga di terangkan sejarah pasta, mesin produksi, teknologi produksi, informasi gizi, pasta dalam seni kuno dan modern.

6. Nama Makaroni di Sebuah Lagu

Didalam sebuah lagu anak - anak yang berjudul Yankee Doodle ada sebuah kalimat "Stuck a feather in his cap And called it makaroni" dimana arti dari makaroni yang disebutkan oleh orang inggris dan Sisillia ternyata berbeda, dimana orang Sisillia mengartikannya sebagai adonan yang dibuat dengan tenaga, tetapi orang Inggris mengartikan Makaroni dengan sebagai suatu yang sempurna dan untuk wanita menjadi arti lebih anggun. Kata - kata ini tersebar ke amerika dan ditulis dalam sebuah lagu oleh Richard Shuckburgh seorang dokter tentara inggris pada saat perang prancis dan india.

7. Pabrik Makaroni Pertama di Amerika 

Pada tahun 1848 seorang pria bernama Antoine Zerega warga negara pransis, pabrik itu dibangun di sebuah rumah daerah Brooklyn New York, dia mengoprasikan perusahaan itu sendirian dan pada waktu itu untuk penggilingan adonan makaroni dibantu dengan tenaga kuda dan untuk mengeringkannya dia menggunakan tenaga matahari dengan menjemur adonan yang sudah dibentuk di atap rumahnya.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya