Cara Memilih Singkong Yang Berkualitas Untuk Diolah Menjadi Cemilan

Cara Memilih Singkong Yang Berkualitas Untuk Diolah Menjadi Cemilan - Camilan Nusantara


Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Beberapa kota di Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Selain itu, singkong juga bisa menjadi camilan yang menyehatkan. Beberapa camilan yang terbuat dari sing kong diantaranya keripik singkong, combro, getuk singkong, dan lain sebgainya.  Selain mengenyangkan, camilan dari singkong ini juga bisa menemani anda di waktu santai.

Singkong mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Dalam 100 gram singkong rebus, ada 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak. Dalam takaran yang sama, singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin serta mineral. Singkong juga dipercaya sebagai makanan antikanker yang banyak mengandung vitamin B17. Namun sebelum anda mengolah singkong menjadi camilan yang lezat, anda perlu memilih singkong yang memiliki kualitas bagus, supaya hasil nya nanti bagus dan lezat. Nah berikut kami berikan Cara memilih singkong yang berkualitas untuk diolah menjadi camilan.
  • Pilih yang Teksturnya Empuk

Memilih singkong yang paling baik adalah yang kulit luarnya mengelupas, dan kulit dalamnya sudah menjadi merah muda. Ini adalah ciri singkong berkualitas tinggi. Kulit luar mengelupas adalah tanda bahwa singkong tersebut mengembang benar di bagian tengah dan luar. 
Singkong ini juga empuk bagian tengahnya. Jadi, bila direbus dengan bumbu gula, atau digoreng dengan bawang dan keju, akan menjadi salah satu makanan yang paling pas untuk dinikmati saat santai. Singkong yang satu ini juga mudah dikelupas kulitnya. Selain itu, pilih singkong yang dagingnya berwarna putih dan bersih, sebagai tanda bahwa singkong ini berkualitas tinggi.
  • Patahkan Ujungnya, Lihat Apa Ada Noda Biru atau Kehitaman

Cara mengetahui singkong yang baik atau tidak adalah dengan mematahkan sedikit saja bagian ujungnya. Lalu, lihat bagian dalamnya. Singkong yang sudah lama tersimpan akan muncul garis biru atau hitam, yang disebabkan oleh enzim polipenolase yang merupakan zat racun. jadi, pilih singkong yang benar-benar berwarna putih. Biasanya, teksturnya akan lebih empuk, apalagi ketika sudah diolah.
  • Pilih Singkong dengan Kulit Luar yang Mengelupas

Seperti yang disebut sebelumnya, singkong terbaik kualitasnya adalah yang kulit bagian luarnya mengelupas. Hindari memilih singkong yang ukurannya terlalu besar. Singkong yang baik adalah singkong yang langsung dikonsumsi ketika sudah dicabut, tanpa disimpan terlebih dulu.
Tapi, perlu diingat bahwa kulit yang mengelupas adalah kulit paling luarnya, alias kulit ari. Dengan kata lain, kulit kasar yang berwarna merah muda tetap tidak mengelupas.
  • Perhatikan Tanah yang Menempel di Singkong

Ciri singkong yang berkualitas dan masih segar bisa dilihat dari tanah yang menempel di kulit luar. Singkong yang baru dicabut dan masih segar tanah yang menempel yang masih liat dan belum kering.
Selain itu, singkong muda yang enak untuk diolah juga punya ciri warna kulitnya yang cokelat kemerah-merahan. Tambahan, coba potong singkongnya, jika timbul retakan besar maka singkong tersebut akan empuk jika direbus. Tapi, tak ada retakan atau kurang lebar maka singkong ini biasanya kurang empuk.

Nah itu dia informasi mengenai Cara memilih singkong yang berkualitas untuk diolah menjadi camilan. Semoga informasi yang kami sajikan pada sahabat camil bermanfaat. 


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya