Rabu, 03 Juli 2019

Cara Membuat Sale Pisang Manis & Renyah Yang Mudah

Cara Membuat Sale Pisang Manis & Renyah Yang Mudah – Camilan Nusantara


Berbicara mengenai makanan tradisional khas Indonesia seakan tidak ada habis-habisnya. Sebab tanah air kita tercinta ini memiliki jutaan bahkan ribuan makanan tradisional yang tak terhitung jumlahnya. Namun sayang, jajanan tradisional tersebut sekarang ini tergeser dengan kedatangan makanan asing, termasuk salah satunya adalah sale pisang.

Sale pisang merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari irisan buah pisang. Irisan buah pisang tersebut dijemur dibawah terik matahari terlebih dahulu selama 4 atau 5 hari sebelum dilanjutkan ke proses pengolahan berikutnya. Penjemuran tersebut bertujuan untuk mengurangi kadar air yang ada di dalam buah pisang agar lebih awet dan tahan lama. Setelah dijemur, pisang sale bisa langsung dimakan ataupun digoreng dengan menggunakan balutan adonan tepung terlebih dahulu

Saat ini sale pisang bisa anda dapatkan di tempat atau toko snack di dekat rumah anda. Nah namun jika anda tidak menemui toko yang menjual sale pisang, anda bisa mencoba untuk membuat sale pisang sendiri di rumah. Nah, bagi yang belum tahu cara membuat sale pisang manis dan renyah bisa simak resep di bawah ini. 

Cara Membuat Sale Pisang Manis & Renyah

Bahan dibutuhkan :
  • 2 kilogram Pisang ambon yang sudah tua dan matang
  • 500 gram Tepung beras
  • 250 gram Tepung terigu
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Margarin secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)

Cara membuat :
  1. Langkah pertama yaitu kupas kulit pisang ambon dan iris tipis – tipis.
  2. Selanjutnya jemur irisan buah pisang tadi di bawah terik panas matahari selama 4 – 5 hari hingga kering dan kadar air buah pisang berkurang.
  3. Setelah 4 – 5 hari, angkat dan sisihkan irisan buah pisang yang sudah dijemur sebelumnya.
  4. Siapkan mangkuk berukuran agak besar, campurkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, garam, dan margarin lalu aduk – aduk semua bahan hingga tercampur secara merata.
  5. Setelah itu lumuri setiap irisan buah pisang yang sudah dijemur dengan menggunakan adonan tepung tadi hingga merata dan sisihkan.
  6. Kemudian siapkan wajan penggorengan, tuangkan minyak goreng secukupnya dan di atas kompor dengan nyala api sedang.
  7. Setelah minyak goreng cukup panas, masukkan irisan pisang yang sudah dibalut dengan adonan tepung ke dalam wajan penggorengan dan goreng hingga matang dengan ditandai adanya perubahan warna menjadi kuning keemasan.
  8. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan sale pisang lalu letakkan sale pisang di atas piring saji.
  9. Sale pisang siap untuk dinikmati.

Tips :

*Proses membuat sale pisang ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra. Jadi sebaiknya persiapkan terlebih dahulu irisan pisang yang akan digunakan untuk membuat sale pisang pada jauh-jauh hari sebelumnya dan sudah dijemur agar lebih praktis.
*Agar sale pisang menjadi lebih renyah sebaiknya sebelum sale pisang digoreng, masukkan terlebih dahulu ke dalam freezer selama 30 menit.
*Sale pisang ini bisa Anda sajikan untuk camilan ketika menikmati waktu santai di rumah bersama dengan keluarga, bahkan juga dapat Anda hidangkan sebagai suguhan dalam acara arisan keluarga. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar