Cara Membuat Kacang Telur Manis Ala Rumahan

Cara Membuat Kacang Telur Manis Ala Rumahan – Camilan Nusantara


Satu kreasi olahan kacang tanah yaitu kacang telor kulit tebal atau kacang telur aneka rasa manis, gurih dan renyah (crispy) ini. Kacang telur ada yang dibuat sengaja tidak mulus biasa disebut kacang keriting, namun ada juga versi kacang telor mulus kulit tepungnya tebal, permukaan halus dan bentuknya bulat dan berwarna coklat muda sempurna. Kemudian juga ada kacang telur putih yang kulitnya berwarna putih rasanya asin dan gurih biasanya disebut kacang atom atau kacang sukro untuk kacang ukuran kecil atau mini.

Kacang telur atau kacang goreng telur juga dibuat dengan aneka rasa, seperti rasa asin gurih, manis, pedas, manis pedas, dll. Kalau dilihat dasi sisi cara memasak kacang telur ada kacang telur goreng dan kacang telur oven atau kacang panggang. Jadi kacang telur adalah kacang tanah yang dibalut atau dibungkus tepung terigu yang telah diberi bumbu lalu digoreng dengan renyah garing kriuk dan kacang telur sangat cocok dijadikan cemilan sewaktu santai dan juga oleh-oleh khas daerah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kacang telur kulit nempel tidak mudah terkelupas, tebal dan tidak mudah retak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis jajanan aneka kacang tanah olahan banyak varian, seperti kacang telur Medan yang tidak kalah dengan kacang telur ala pabrik yang garing dan kriuk awet tahan lama.

Bahan Yang Dibutuhkan :
  • 1/2 kg kacang tanah
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 cst vanili
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 30 gram margarin lelehkan
  • 150 ml air

Cara Membuat :
  1. Cuci bersih kacang tanah lalu tiriskan, campur gula dan air lalu didihkan hingga kental lalu angkat dan dinginkan, campur gula dengan kaldu bubuk, vanili, telur, margarin, lalu aduk rata.
  2. Tuang sebagian terigu di wadah yang besar, ambil secukupnya kacang tanah untuk sekali goreng, tarok di mangkuk lalu tuangi adonan gula basah tadi, aduk rata lalu gulingkan di tepung terigu aduk-aduk sambil di tekan agar tepung menempel sempurna.
  3. Ayak kacang supaya tepung terigu yang tidak menempel rontok, goreng dalam minyak panas dengan api paling kecil agar kacang mateng sempurna, jangan di aduk dulu, biarkan kering dulu untuk menghindari tepung rontok dan hancur.
  4. Sedangkan untuk kacang tanah berikutnya baiknya tepung sisa adonan sebelumnya di ayak dulu, biar tidak ada tepung yang menggumpal dan hasil kacangnya mulus atau boleh diganti tepung yang baru.
  5. Kacang telur manis siap disajikan.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya