Bisnis marning jagung ini bisa dijalankan oleh siapa saja loh

Bisnis marning jagung ini bisa dijalankan oleh siapa saja loh – Camilan Nusantara


Tak hanya dijadikan makanan pengganti nasi saja, kini jagung juga sering diolah menjadi aneka macam makanan ringan/snack. Hasil panen jagung yang melimpah di berbagai daerah, mendorong pelaku bisnis camilan untuk memanfaatkan biji jagung sebagai bahan baku produksi bisnisnya. Bisnis camilan yang berbahan dasar jagung yang cukup menarik minat konsumen saat ini salah satunya adalah marning jagung.

Marning jagung merupakan camilan yang terbuat dari jaung yang sudah dikeringkan kemudian di goreng dengan minyak panas. Saat ini marning jagung yang paling banyak beredar di pasaran adalah marning jagung rasa asin dan pedas manis. Marning jagung memiliki tekstur yang renyah dan terlihat keras, rasanya yang lezat ketika dimakan bisa membuat siapa saja yang mencobanya ketagihan. Karena peminatnya yang banyak, snack marning jagung ini kerap kali dijadikan sebagai bisnis camilan, entah itu dalam sekala kecil maupun besar. Untuk anak sekolah/kuliah dan pegawai kantor, lebih sering mengemas marning jagung ini menjadi kemasan yang lebih ekonomis dan menjualnya dengan cara menitipkan pada toko/warkop atau mejualnya secara online. Biasanya bisnis marning jagung ini dilakukan untuk menambah penghasilan harian. Kan lumayan, hehehe.

Bisnis marning jagung ini memang bisa dijalankan oleh siapa saja, mengetahui pembuatan dan pangsa pasar marning jagung ini cukup mudah dan banyak. Jika anda ingin menekuni bisnis marning jagung ini, sebelumnya anda harus menyiapkan beberapa hal yang penting yang terkait dengan kelancaran bisnis marning jagung ini nantinya. Berikut kekerapa hal yang perlu anda persiapkan :

Modal Usaha
Hal pertama yang perlu anda persiapkan sebelum membuka usaha marning jagung adalah menyiapkan modal. Pasti dong, tanpa modal kita mau membeli bahan baku dan peralatan usaha dari mana? Yakan?

Bahan Baku 
Pembuatan marning jagung sangatlah simple dan mudah, pada saat membuka usaha marning jagung maka sediakan bahan baku berkualitas. Bahan baku utama jagung berkualitas akan menghasilkan produk marning gurih dan empuk. Bahan baku jagung dapat dibeli dipasaran atau mengambil langsung pada petani jagung. Selain jagung, dibutuhkan bumbu seperti garam, bawang putih untuk membuat marning lebih gurih. Untuk menggoreng marning jagung dibutuhkan minyak goreng.

Peralatan Usaha
Peralatan untuk memproduksi marning jagung ini ialah wajan atau penggorengan, spatula, peniris minyak, panci, kompor dan gas, wadah, mesin pengemas. Peralatan ini harus tersedia karena akan mendukung kemudahan saat proses produksi berlangsung.

Pemasaran Produk
Pemasaran dari marning jagung bisa dilakukan dengan cara menjualnya kebeberapa tempat, misalnya toko kelontong, pusat oleh – oleh, masyarakat sekitar rumah, pasar dan sebagainya. Jika pemasaran semakin meluas maka semakin mudah untuk menjual marning jagung. Pastikan pemasaran berlangsung dengan lancar dan mudah.

Strategi Usaha Marning Jagung
Supaya produk marning jagung disukai aneka kalangan maka buatlah produk marning jagung yang benar – benar berkualitas. Jika marning dibuat dengan cara yang tepat maka akan menghasilkan marning jagung yang enak. Selain itu pengemasan produk juga akan mendukung penjualan, sebaiknya kemas sesimple dan seunik mungkin supaya dapat meningkatkan penjualan. Semoga sukses.


Baca Juga :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya