Aneka Keripik Sayur Khas Nusantara Yang Enak Dan Sehat

Aneka Keripik Sayur Khas Nusantara Yang Enak Dan Sehat – Camilan Nusantara


Di Indonesia, keberadaan dan keanekaragaman sayuran sangat melimpah. Sayur merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang baik buat tubuh. Sayur juga menjadi salah satu bahan makanan yang sangat penting untuk kita konsumsi setiap harinya. Tapi sayangnya, meskipun mempunyai kandungan gizi yang tinggi, banyak juga orang yang kurang bahkan tidak suka mengkonsumsi sayur-sayuran dengan alasan yang beragam. Biasanya sayur dimasak dengan cara direbus, dikukus atau ditumis. Namun kini dengan berbagai kreatifitas, sayurpun bisa diolah menjadi keripik yang renyah nan gurih.

Keripik sayur merupakan makanan ringan yang banyak digemari oleh masyarakat. Ada beberapa jenis yang selalu laris dijual di pasaran, seperti keripik bayam, keripik wortel, keripik kentang, dan masih banyak lainnya. Selain rasanya yang gurih dan renyah, aneka keripik sayur ini juga mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi, jadi aman untuk kita konsumsi sehari-hari. Keripik sayur ini juga jadi bisa lebih tahan lama dan awet sampai berminggu-minggu. Nah berikut aneka keripik sayur sehat enak nan gurih.

1. Keripik Kentang
Keripik yang satu ini masuk ke dalam urutan yang pertama, karena jenis umbi-umbian ini yang paling populer, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Citarasanya yang enak dan gurih ini membuat keripik kentang semakin banyak digemari di kalangan masyarakat. Selain itu, cara membuat keripik kentang pun juga tidak terlalu sulit.
Keripik kentang ini menjadi salah satu cemilan yang sangat cocok untuk dinikmati di segala suasana. Kalau dulu hanya memiliki rasa original saja, saat ini keripik kentang ada banyak jenis, varian, dan rasanya yang beredar di pasaran.

2. Keripik Bayam
Bayam adalah salah satu tumbuhan yang termasuk dalam golongan sayuran hijau. Bayam merupakan tumbuhan sehat yang dapat dikonsumsi dan memiliki daun yang lebar. Tumbuhan dapat dijadikan berbagai macam masakan yang sangat enak lezat salah satunya dibuat menjadi sayur bening. Tapi siapa sangka, ternyata bayam yang dikenal memiliki banyak kandungan zat besinya ini juga bisa diolah menjadi keripik bayam, tentunya juga dengan rasa yang enak dan gurih. Anda pun bisa mencoba sendiri dirumah sebagai cemilan atau pendamping makanan yang menyehatkan.

3. Keripik Wortel
Mungkin banyak diantara Anda yang belum pernah mencoba keripik wortel. Selama ini wortel lebih sering diolah menjadi sop, tumis, atau sekedar dijadikan minuman jus biasa. Saat ini, ada inovasi baru dalam mengolah wortel. Wortel yang kaya akan gizi ini akan diolah menjadi cemilan yang sehat berupa keripik wortel. Keripik wortel merupakan makanan yang sangat digemari karena memiliki rasa yang sangat gurih dengan perpaduan bumbu-bumbu yang pas.

4. Keripik Sawi
Sawi hijau juga biasanya dapat dijadikan sebagai bahan untuk mempercantik tampilan masakan. Tapi kali ini sawi hijau juga bisa dikreasikan menjadikan kripik yang memiliki cita rasa khas dengan rasa gurih dan renyah.
Keripik sawi ini ternyata juga mempunya citarasa yang gurih dan renyah. Selain itu, sawi ini juga mempunya nilai gizi yang cukup tinggi, dimana di dalam sawi terdapat kandungan vitamin K yang membantu dalam penyerapan kalsium dan mengurangi pengeluaran kalsium yang direkomendasikan bagi tubuh.

5. Keripik Kacang Panjang / Buncis
Buncis merupakan sayuran seperti kacang panjang namun lebih manis dan lebih banyak air. Buncis termasuk polong-polongan, ini berarti manfaat buncis tidak jauh berbeda seperti pada manfaat kacang panjang, manfaat kacang merah dan manfaat kedelai.
Keripik buncis atau keripik kacang panjang ini juga sangat enak untuk dikonsumsi sebagai cemilan, karena mempunyai citarasa dan tekstur yang gurih dan renyah. Selain itu, cara membuat keripik buncis ini juga cukup mudah, Anda pun bisa mulai mencoba untuk membuatnya sesuai dengan kreasi Anda sendiri.

6. Keripik Lobak
Lobak merupakan satu jenis sayur yang dimanfaat bagian umbinya. Jenis lobak ini beragam, khusus jenis lobak menurut warna, lobak ada yang berwarna putih, lobak merah bahkan ada lobak berwarna ungu. Lobak putih sangat cocok untuk dibuat menu sayuran yang berkuah atau pun manisan.
Tapi selain itu, ternyata lobak ini juga bisa diolah menjadi makanan ringan yang gurih dan renyah, serta bergizi, yaitu keripik lobak. Variasi makanan ringan dari lobak ini tentu akan menambah hidangan selera makan siang bersama keluarga di rumah.

7. Keripik Ubi Jalar
Keripik ubi jalar ini merupakan cemilan ringan yang banyak digemari oleh semua masyarakat luas mulai dari anak-anak, para remaja, sehingga orang tua. Selain cita rasanya nikmat dan renyah, keripik ubi jalar ini mampu dijadikan sebagai makanan yang bisa menemani Anda ketika lagi bersantai.

8. Keripik Jengkol
Keripik jengkol merupakan salah satu cemilan yang termasuk kedalam golongan makanan ringan. Keripik jengkol adalah jenis cemilan yang memang sengaja dibuat dari bahan dasar jengkol. Keripik jengkol inibisa dijadikan sebagai lauk untuk teman makan nasi, bisa juga dimakan dan dipadukan dengan makanan berkuah misalnya baso atau soto. Siapa sangka, dibalik baunya yang terkesan kurang sedap, ternyata jengkol ini bisa diolah menjadi salah satu cemilan yang memiliki rasa yang enak dan gurih.

9. Keripik Pare
Pare memiliki rasa yang pahit namun jenis sayuran ini menyehatkan pada tubuh kita karena dapat mengandung gizi, vitamin, dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup sehingga baik untuk dikonsumsi. Buah bercita rasa pahit ini biasanya diolah dengan beragam rempah-rempah yang menggoda selera, dan kini pare yang menjadi salah satu bahan makanan yang cukup dihindari ini telah diinovasi menjadi olahan keripik pare yang renyah dan gurih.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya