Jumat, 07 Juni 2019

Resep Membuat Keripik Belut Crispy Rumahan

Resep Membuat Keripik Belut Crispy Rumahan – Camilan Nusantara


Belut merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh sebagian orang, tapi ada juga sebagian orang yang merasa jijik dengan memakan belut, karena mirip dengan ular dan jika dipegang terasa sangat licin. Tetapi sebelum anda berkomentar lebih jauh tentang belut, terutama bagi yang tidak menyukainya, baiknya anda simak dulu apa saja kandungan yang terdapat pada belut.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam belut:

  1. Fosfor, kandungan fosfor dalam daging belut bermanfaat untuk membentuk tulang yang kuat, meminimalisir terjadinya osteoporosis.
  2. Zat besi, untuk mencegah anemia dan meningkatkan hemoglobin pada sel darah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.
  3. Kalori. Nilai kalori dalam daging belut sangat tinggi. Hal ini membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  4. Kaya vitamin. Daging belut mengandung vitamin A dan vitamin B
  5. Arginin, merupakan zat yang terkandung dalam daging belut yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Daging belut juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.


Walaupun bentuknnya kecil dan jika dikonsumsi dagingnya sangat sedikit namun pada belut terdapat kandungan gizi yang sangat tinggi. Sangat baik jika mengkonsumsi belut, bagi orang tua, dewasa bahkan untuk anak-anak juga sangat baik untuk kecerdasan otak serta pertumbuhan dan perkembangan fisik si anak.

Jangan heran jika jenis hewan yang hidupnya dilumpur ini banyak sekali yang membudidayakannya, karena nilai jualnya yang sangat meyakinkan. Banyak permintaan belut untuk dijadikan bahan masakan, baik dirumah-rumah makan sederhana atau juga diretouran sekalipun. Jika membicarakan aneka masakan yang menggunakan bahan belut sebetulnya banyak sekali, ada yang digoreng, dipepes, dibakar bahkan ada juga yang dibuat keripik belut crispy. Jangan salah ya, jika belut yang dibuat keripik ini rasanya tidak kalah dengan keripik lain yang marak di pasaran. Pasalnya keripik belut ini sudah menjadi favorit di kalangan masyarakat indonesia. Ingin tahu bagaimana cara membuat keripik belut yang crispy dan enak? Ikuti resep di bawah ini yukk…

Bahan yang diperlukan :
  • Belut ukuran sedang 500 grm
  • Tepung terigu 150 grm
  • Telur 1 btr ( kocok lepas )
  • Tepung beras 50 grm
  • Jeruk nipis 1 bh (ambil airnya)
  • Air putih 175 ml
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang dihaluskan :
  • Ketumbar 1 sdm
  • Bawang putih 4 btr
  • Garam 1 sdt
  • Kunyit 3 cm

Cara Membuat :
  1. Pertama-tama siapkan semua bahan yang diperlukan.
  2. Kemudian ambil belut dan bersihkan, buang isi perut, kepala dan ekornya lalu potong-potong sesuai selera.
  3. Belut kemudian digeprek lalu lumuri dengan air jeruk nipis, biarkan selama 10 menit sampai meresap.
  4. Berikutnya campurkan bumbu yang dihaluskan dengan tepung terigu, tepung beras, telur dan air, aduk hingga tercampur rata
  5. Ambil potongan belut lalu celupkan pada adonan tepung dan gorengkan kedalam minyak panas, goreng hingga kering dan crispy lalu tiriskan.
  6. Keripik belut crispy matang sudah siap disajikan.

Keripik belut crispy ini tentunya bisa disimpan dalam beberapa waktu, asalkan disimpan pada wadah yang tertutup. Selain itu, keripik belut ini akan lebih enak jika dinikmati bersama saus sambal, mayonais, dan kecap pedas. Selamat mencoba dan selamat menikmati keripik belut crispy bersama keluarga dirumah.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar