Resep Keripik Jagung Gurih Untuk Camilan Dirumah

Resep Keripik Jagung Gurih Untuk Camilan Dirumah – Camilan Nusantara


Camilan adalah makanan ringan yang bukan termasuk ke dalam jenis makan pagi, makan siang, ataupun makan malam. Saat bersantai dengan keluarga atau teman, rasanya kurang lengkap jika tidak sambil memakan camilan. Camilan juga merupakan makanan penghilang rasa lapar sementara waktu. Camilan biasanya berupa makanan yang renyah atau kriuk-kriuk. Rasa camilan bisa bermacam-macam, dari manis, asin, hingga pedas.

Dari sekian banyaknya camilan di dunia ini, salah satu yang menarik adalah camilan keripik jagung atau makanan renyah yang terbuat dari biji jagung. Semua orang pasti pernah mendengarnya, namun tidak semua orang tahu cara membuatnya, bukan?

Nah, artikel ini akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana cara membuat keripik jagung yang enak, gurih, dan renyah. Namun sebelum itu, ada baiknya anda tahu manfaat jagung manis ini terlebih dahulu yuk!

Manfaat Jagung Manis
Jagung manis merupakan tanaman dari Amerika Tengah. Oleh penjajah Spanyol, jagung manis kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia hingga sampailah ke negera kita, Indonesia.
Jagung manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lohh, di antaranya adalah mengandung kalori tinggi. Jagung mengandung 86 kalori pada setiap 100 gram-nya. Selain itu, jagung juga mengandung serat tinggi. Setiap 100 gramnya, tersedia sekitar 5 % dari kebutuhan serat makanan harian.
Manfaat lain dari jagung manis adalah mengandung vitamin B kompleks. Vitamin tersebut berfungsi sebagai kofaktor enzim selama metabolism substrat. Jagung juga berfungsi sebagai antioksidan yang bak dan kaya akan mineral yang penting.

Sekarang sudah tahu kan manfaat jagung manis bagi kesehatan? Sekarang saat-nya membuat keripik jagung yang enak dan renyah ini. Yuk cek Resep membuat keripik jagung di bawah ini!

Bahan-bahan yang di perlukan :
  • 2 buah jagung manis
  • 250 gram tepung terigu
  • 30 gram margarin
  • 35 gram tepung sagu
  • 1 butir telur ayam (Sediakan saat sudah dikocok)
  • 1 sdt baking powder
  • ¾ sdm garam halus
  • Bumbu tabur (bubuk balado, bubuk keju, atau bubuk bbq, sesuai selera)
  • Minyak goreng secukupnya

Alat-alat yang digunakan :
  • Wadah besar
  • Mesin pemipil jagung
  • Wajan
  • Kompor

Cara membuat :
  1. Pertama-tama siapkan jagung manis kemudian pipilah menggunkana mesin pemipil jagung, atau jika tidak ada mesin dapat dipipil secara manual.
  2. Biji jagung yang sudah dipipil kemudian diparut hingga halus.
  3. Siapkan wadah besar dan satukan semua bahan lalu aduk dan ulenilah hingga kalis.
  4. Ambil sedikit demi sedkit adonan untuk dipipihkan dengan bentuk sesuai selera.
  5. Adonan yang selesai dipipihkan dan dibentuk kemudian digoreng dengan minyak yang panas dan segera tiriskan jika sudah tampak matang.
  6. Keripiki jagung yang masih panas, segeralah ditaburi dengan bumbu.
  7. Keripik jagung sudah siap dinikmati dan saatnya anda memasukkannya ke dalam toples atau plastik!

Itulah  cara membuat keripik jagung yang enak dan renyah. Selain keripik jagung, jagung manis dapat dibuat berbagai olahan makanan lainnya juga. Selamat mencoba.



Baca Juga :



Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya