Minggu, 09 Juni 2019

Mengetahui Lebih Dalam, Apa Itu Kacang Almond?

Mengetahui Lebih Dalam, Apa Itu Kacang Almond? – Camilan Nusantara


Kacang almond dilengkapi dengan berbagai vitamin, mineral, protein, dan serat, juga dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Hanya segenggam almond saja, kira-kira 1 ons, mengandung 1/8 dari kebutuhan protein kita. Kacang almond itu sebenarnya seperti apa? Apa saja kandungan kacang almond? Kita akan membahas seputar kacang Almond.

Almond memiliki nama ilmiah Prunus Dulcis/Badam, Karena almond berasal dari Pohon Badam (Prunus Dulcis). Pada jaman dahulu almond merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh dikawasan Timur Tengah dan Asia, Tinggi Pohon Badam sekitar 4-10 meter. Pohon ini tumbuh subur pada saat musim panas dan musim Dingin. Buah almond memiliki kulit buah atau cangkang yang angat keras,banyak yg mengira bahwa almond adalah jenis biji-bijian, padahal almond termasuk kedalam jenis buah, Pohon Badam sekarang banyak dikembangkan dibeberapa negara di dunia.Akan tetapi siapa Sangka Pohon Almond ini dulunya termasuk Tanaman Liar, Yang Menurut Arkeologi Almond Liar sudah ada sejak 6000 Sebelum Masehi.

Seorang Ekolog yang bernama Jarod Diamond, dalam penelitiannya menemukan almond liar yang rasanya pahit, Ternyata biji almond liar banyak mengandung senyawa kimia yg disebut ”AMIGDALIN”, Senyawa kimia ini rasanya sangat pahit, Dengan berjalannya waktu pohon almond yang rasanya pahit berubah menjadi tanaman yang layak konsumsi, karena adanya proses Demostikasi Almond yang cukup unik, ternyata dari kumpulan pohon almond liar yang rasanya pahit, ada satu yang bermutasi dan mempunyai sifat Anti-tesis terhadap pohon yang lain. akan tetapi sayangnya pohon almond tersebut cepat mati dan tidak meninggalkan keturunan, dan ternyata biji almond yang bermutasi tersebut bijinya banyak dimakan oleh burung-burung.

Belajar dari burung-burung tersebut,akhirnya para petani yang biasa memakan biji almond liar yang rasanya pahit, selanjutnya biji almond yang tidak pahit ditanam oleh para petani dan sampai sekarang terus berkembang.

Almond sering dikategorikan jenis kacang-kacangan, tetapi sebenarnya almond termasuk jenis buah-buahan, kok bisa? ternyata almond adalah biji dari buah almond atau badam, buah badam bentuknya hampir sama dengan buah persik dan prem, ketika buah almond matang, para petani akan mengambil buahnya dan tersisalah bijinya, yang sekarang disebut biji almond/kacang almond.
ada 2 jenis/varietas almond :
  • – Prunus Amygdalus dulcis, Varietas yang menghasilkan almond manis.
  • – prunus Amygdalus amara, Varietas yang menghasilkan almond rasa pahit.

Almond yang rasanya manis bisa langsung dimakan mentah atau dipanggang. Sedangkan yang pahit digunakan untuk membuat minyak almond yang sering dipakai untuk menambah cita rasa pada makanan. Biasanya Kacang Almond dimakan mentah-mentah, tapi banyak orang juga menjadikannya bumbu untuk salad, casserole, dan hidangan lainnya. Selain minyak, olahan lain yang terkenal adalah susu almond yang lezat dan merupakan alternatif untuk susu sapi. Anda bisa makan kacang almond langsung, dan beberapa menyarankan untuk memakannya sewaktu perut masih kosong untuk membantu meningkatkan penyerapan nutrisi-nutrisinya.

Kacang almond yang memiliki nama Prunus dulcis ini kini tersebar di berbagai macam Negara seperti Amerika Serikat, Spanyol, Australia, Iran, dan Moroko, dan banyak lagi.

Kandungan Kacang Almond
Almond kaya akan kandungan vitamin E, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Kandungan kacang almond juga mencakup zink, selenium, tembaga, dan niasin. Dibandingkan dengan jenis kacang-kacang pohon lain, almond termasuk yang lebih bernutrisi dan lebih bermanfaat bagi kesehatan. Menurut situs web healthline, dalam 1 ons (28 gram, atau segenggam) kacang almond terdapat:
  • Serat: 3,5 gram
  • Protein: 6 gram
  • Lemak: 14 gram (9 gram diantaranya lemak tak jenuh tunggal)
  • Vitamin E: 37% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi)
  • Mangan: 32% dari AKG
  • Magnesium: 20% dari AKG
  • Tembaga, Vitamin B2 (riboflavin), dan fosfor dalam jumlah yang cukup
Dalam segenggam almond ini kita bisa mendapatkan begitu banyak nutrisi bermanfaat, apalagi dalam jumlah segitu kita hanya mengasup 161 kalori dan 2,5 gram karbohidrat. Almond mengandung banyak phytic acid, yaitu zat yang mengikat mineral tertentu dan mencegahnya agar tidak diserap. Ini berarti jumlah zat besi, zink, dan kalsium yang kita peroleh dari kacang almond akan sedikit berkurang.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar