Senin, 03 Juni 2019

Kiat-Kiat Menjalankan Bisnis Makanan Online

Kiat-Kiat Menjalankan Bisnis Makanan Online – Camilan Nusantara


Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh umat manusia. Di Indonesia sendiri umumnya orang-orang makan 3 kali sehari. Bisnis makanan/kuliner di Indonesia sangatlah banyak mulai dari pedagang kaki lima, warung makanan, hingga restoran. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis makanan selalu berjalan dengan baik, dan memiliki banyak peminat. Nah, bisnis makanan sendiri memiliki 2 macam, ada bisnis makanan berat dan ringan/snack. Makanan ringan/Snack biasanya dikonsumsi ketika sedang santai seperti menonton TV, atau kumpul-kumpul bersama teman dan keluarga.

Dewasa ini bisnis makanan online mulai banyak dilirik pelaku usaha yang menginginkan buka usaha. Alasannya karena bisnis kuliner satu ini tidak akan pernah surut pembeli meskipun banyak orang yang merintis usaha serupa. Apalagi ditambah dengan hadirnya teknologi internet yang mendukung dalam hal pemasaran. Tidak dapat kita pungkiri adanya internet memudahkan segala sisi kehidupan kita. Dalam berbisnis, teknologi daring ini dapat membantu kita dalam hal pemasaran dan memperkenalkan brand.

Maka dari itu, cara bisnis makanan online adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. Tidak heran kalau banyak pelaku usaha yang makin tertarik merintis binsis ini di dunia maya. Tidak hanya menguntungkan bagi pelaku usaha saja, dengan adanya toko online makanan konsumen pun dimudahkan untuk mendapatkan makanan kesukaan mereka di mana pun mereka berada.

Punya rencana bisnis online makanan? Kalau ada, cobalah mulai dari sekarang. Bukanya sudah terlabat jika kita baru memulainya dari sekarang? Tidak ada kata terlambat untuk mencoba kok, Selama Anda bisa menciptakan produk yang berbeda konsumen pasti menginginkan apa yang Anda tawarkan. Bila Anda ingin mencoba berbisnis makanan online, tapi masih awam berjualan dengan cara online berikut beberapa Kiat-kiat bisnis untuk Anda. Sebenarnya, ada empat faktor penting jika Anda ingin usaha makanan online, yaitu rasa, tampilan makanan, cara pengemasan dan pengirimannya. Simak ulasan berikut.

1. Utamakan Kualitas Rasa
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menciptakan cita rasa masakan yang lezat dan berkualitas. Sebab rasa ialah salah satu alasan konsumen kembali membeli makanan yang Anda ditawarkan. Sekarang coba kalau Anda adalah konsumen dan mencicipi makanan yang rasanya aneh dan tidak enak, pastinya Anda akan kecewa dan tidak ingin membelinya lagi bukan. Untuk itu hal ini sangat perlu Anda perhatikan sebelum Anda mencoba bisnis di bidang kuliner.

2. Buat Tampilan Yang Cantik Dan Menarik
Tidak hanya rasa, makanan yang memiliki visual yang menarik juga jadi faktor penentu pilihan konsumen. Meskipun rasa makanan Anda dijamin lezat, tapi kalau secara tampilan makanan yang Anda jual berantakan konsumen pasti tidak akan membelinya. Apa lagi di sini Anda menawarkan makanan secara online, yang otomatis konsumen tidak bisa mencobanya. Oleh karena itu lah, tampilan makanan juga cukup penting. Namun Anda jangan beranggapan tampilan saja sudah cukup untuk menarik konsumen, Anda juga perlu pertahankan rasa yang nikmat dan lezat agar pembeli tidak kecewa.

3. Gunakan Kemasan Yang Kuat
Kalau Anda beranggapan kemasan tidak penting, Anda salah besar. Pasalnya semua barang yang dijual secara online pasti melalui proses pengiriman agar sampai ke tangan konsumen. Nah, coba bayangkan bila Anda tidak mengemasan produk Anda dengan baik? Bagaimana tampilan produk Anda saat diterima konsumen? Makanya mulai pertimbangkan kemasan yang kuat dan tahan lama, dan jangan lupa lapisi kemasan produk dengan kotak atau kardus yang cukup tebal agar isinya tidak rusak selama proses pengiriman barang.

4. Gunakan Jasa Layanan Pengiriman Yang Tepat Waktu
Sebelum kami jelaskan faktor berikutnya ini, coba jawab pertanyaan mengapa konsumen lebih banyak membeli sesuatu lewat online? Asalan pertama karena lebih pemesannya lebih praktis, kedua adalah konsumen tidak perlu ke toko untuk mengambil barang.
Untuk itu wajib sekali bagi Anda memilih jasa pengiriman barang yang memiliki ketepatan waktu, sebab permintaan konsumen sekarang semakin terus meningkat. Buktinya jika dulu untuk mengirimkan barang dibutuhkan waktu 2 sampai 3 hari, kini sudah banyak jasa yang menawarkan pengiriman barang di hari yang sama. Nah, maka bila Anda dapat memastikan proses pengiriman yang cepat ini bisa jadi nilai tambah Anda.

5. Tulis Detail Deskripsi Makanan Di Toko Online Anda
Dengan cara memasarkan produk makanan melalui online, sudah pasti konsumen tidak bisa mencicipi makanan yang ditawarkan. Maka Anda perlu mencantumkan deskripsi detail setiap menu makanan. Seperti bahan dasar dan tambahannya sehingga pengunjung toko bisa mengira-ngira rasanya. Selain itu, agar lebih meyakinkan konsumen Anda pun bisa cantumkan testimony beberapa konsumen yang telah mencicipi produk Anda.

6. Gunakan Media Sosial Untuk Memasarkan Produk
Untuk memasarkan melalui online banyak platform yang bisa Anda gunakan, contohnya seperti media sosial Instagram, facebook, dan twitter. Cara memanfaatkan portal sosial ini bisa dnegan cara upload foto-foto makanan, lalu tagging ke beberapa teman atau kerabat, selain itu Anda juga bisa gunakan hashtag agar foto Anda mudah ditemukan dengan keyword tertentu.

Kalau sosial media tidak terlalu membantu penjualan bisnis makanan online Anda, coba buat toko online dari blog gratis atau langusng membuat website khusus. Buatlah desain toko online Anda semenarik mungkin dan sesuai dengan image makanan yang Anda jual. Selamat Mencoba.


 Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar