Ini Lah Buruknya Kebiasaan Ngemil Yang Berlebihan Dan Cara Menanganinya

Ini Lah Buruknya Kebiasaan Ngemil Yang Berlebihan Dan Cara Menanganinya – Camilan Nusantara


Cemilan adalah makanan kecil/ makanan ringan yang dikemas dalam bentuk dan rasa yang menarik & beragam. Kebiasaan ngemil adalah rutinitas mengkonsumsi makanan ringan diwaktu-waktu tertentu. Ngemil merupakan kegiatan yang dilakukan banyak orang, entah itu orang dewasa, remaja, hingga anak-anak. Apalagi saat ini ada banyak camilan enak dan menggoda yang dijual di warung dan supermarket. Tidak heran dengan banyaknya jenis camilan ini membuat kita ingin ngemil lebih banyak. Bahkan beberapa di antara kita mungkin akan ngemil hingga kenyang, sehingga tidak perlu makan. 

Padahal, jika diperhatkan lebih jauh, ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari kebiasaan itu, salah satunya adalah gizi yang tak seimbang. Kenapa ngemil bisa membuat gizi tidak seimbang?  Jika kita terlalu banyak ngemil, tubuh kita akan kekurangan gizi dan pertumbuhan kita pun akan terganggu. Ingat, sebuah laporan memberitahuka bahwa satu dari tiga anak Indonesia mengalami masalah tinggi badan, karena kekurangan gizi saat usia pertumbuhan. 

Efek Samping Mengkonsumsi Cemilan Secara Berlebihan
Kami lihat hal ini masih normal saja sebab dilakukan secara terkendali. Yang tidak baik itu jika nominal uang yang dikeluarkan fluktuatif bahkan melebihi setengah dari gaji sendiri jika dikumpulkan selama satu bulan. Mengendalikan diri untuk tidak ngemil sama sekali mustahil dapat dilakukan sebab dari awal sudah dibiasakan. Beruntung mereka yang mampu menghilangkan kebiasaan ini pasti dari awalnya belum dibiasakan. Apa saja efek samping ketika kebiasaan ngemil sangat liar? Berikut masalah yang mungkin anda alami.

  1. Uang melayang tidak karuan-boros.
  2. Fokus kerja terganggu, lebih banyak ngemil daripada kerja.
  3. Pikiran buntu, pencernaan yang lelah akibatnya mempengaruhi stamina yang berimbas pada kinerja otak.
  4. Malas-malasan. Lebih sering terlelap/ tidur, pencernaan penuh & lelah oleh banyaknya cemilan.
  5. Kelebihan berat badan, obesitas – kurang bergerak tapi makan banyak.
  6. Kadar gula tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan yang manis-manis.
  7. Kolesterol meningkat, berlebihan mengkonsumsi makanan kecil yang berbentuk gorengan.
  8. Asam urat melampaui batas normal, banyak ngemil tapi kerjanya cuma duduk-duduk saja.

Pertanda bahwa kebiasaan ngemil telah melampaui batas
Kebiasaan ngemil yang tidak terkendali adalah bencana. Tubuh kami telah merespon sangat baik untuk memberi sinyal bahwa kebiasaan ini telah melampaui batas. Jika ini terjadi, tumit menjadi sakit alias asam urat meninggi. Nyeri tumit saat bergerak inilah yang menjadi pertanda bahwa makanan ringat yang dikonsumsi melebihi batas normal. Saat itu jugalah kami stop/ berhenti lalu meninggalkannya begitu saja. Berikut beberapa tanda yang diekspresikan oleh tubuh saat konsumsi makanan ringan terlalu berlebihan.
  1. Sakit gigi (kadar gula tinggi).
  2. Sakit kepala bagian belakang, nyut-nyut (tinggi kolesterol).
  3. Nyeri tumit ketika digerakkan/ ditekuk/ melewati jalan berbukit. Anda butuh bahan baku.
  4. Lidah perih/ sakit dan berjejas karena terlalu lama terpapar dengan bahan kimia dalam makanan ringan.
  5. Kegemukan, obesitas, melar.
  6. Susah bergerak dan beraktivitas.
  7. Lebih banyak tidur dan bermalas-malasan.
  8. Keracunana makanan, disaat seperti ini anda perlu mendetoksifikasi tubuh dari berbagai toksin yang mungkin telah dikonsumsi lewat makanan.

Lalu apa yang bisa kita lalukakan untuk menghilangkan kebiasaan ngemil tersebut? Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti mengerjakan pekerjaan rumah, mengikuti kegiatan organisasi atau kalau tidak siapkan larutan garam isotonik dalam botol lalu letakkan disamping anda. Cara membuatnya cukup mudah, tambahkan garam dalam air putih yang anda konsumsi secukupnya sampai terasa ada manis-manisnya. Bila terlalu banyak garam maka rasa air garam manis isotonik ini akan segera berubah menjadi asin, oleh sebab itu tambahkan secukupnya saja. Setiap kali ada rasa ingin ngemil langsung diredam dan dicuci keinginan tersebut dengan meminum air garam yang sudah disediakan. Selamat mencoba.


Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya