Cara Mengolah Gadung Dengan Benar Dan Hasilnya Enak

Cara Mengolah Gadung Menjadi Keripik Dengan Benar Dan Hasilnya Enak – Camilan Nusantara


Apakah kalian tahu gadung? Gadung adalah salah satu jenis ubi jalar yang beracun. Gadung mengandung racun atau zat alkaloid yang biasa disebut dioscorin (C13H19O2N) yang dapat menyebabkan pusing atau mual. Oleh karena itu gadung biasanya dimanfaatkan oleh petani sebagai pestisida tanaman. Namun pada artikel kali ini, kita tidak akan membahas bagaimana cara mengelola gadung menjadi pestisida. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengelola atau menjadikan gadung sebagai keripik yang enak dengan cita rasa yang khas, dan pastinya aman untuk dikonsumsi.

Proses pembuatan keripik gadung harus benar-benar teliti dan dibutuhkan pula pengalaman agar dihasilkan keripik gadung yang aman konsumsi dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk atau negatif pada tubuh seseorang yang mengkonsumsinya. Untuk menghasilkan keripik gadung yang enak dan aman dikonsumsi, berikut ini cara untuk mengolah gadung menjadi keripik dengan benar dan hasilnya enak.

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Umbi gadung 
  • Garam dapur 
  • Abu dapur 
  • Bumbu penyedap
Cara mengolah gadung yang benar :
  1. Pilihlah umbi gadung yang masih segar. Lalu kupas kulitnya hingga bersih. 
  2. Iris tipis-tipis umbi gadung tersebut. 
  3. Untuk menghilangkan kandungan racun, umbi gadung yang telah diiris tipis tersebut lalu dilumuri dengan abu kayu sambil agak diremas-remas sedikit agar lunak. 
  4. Kemudian jemur irisan gadung yang berlumur abu di bawah terik matahari sampai benar-benar kering. 
  5. Setelah kering, rendam gadung tersebut di air yang mengalir selama 3 sampai 4 hari. Jika air perendaman tidak mengalir, maka perendaman gadung juga bisa dilakukan dalam air yang diam atau tidak mengalir, namun airnya harus diganti secara terus menerus setiap 2 jam sekali selama 3 sampai 4 hari. 
  6. Angkat irisan gadung tersebut, lalu cuci dengan air bersih. Kemudian rendam gadung dalam air garam (proses ini juga berfungsi untuk pembumbuan). 
  7. Jemur kembali gadung tersebut dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. 
  8. Setelah kering, siapkan wajan dengan minyak yang banyak dan sudah panas, kemudian goreng keripik gadung mentah hingga sedikit mekar dan berubah warna.
  9. Setelah matang angkat dan tiriskan. Simpan keripik di toples yang kedap udara supaya bisa dinikmati sewaktu-waktu.
Itulah resep cara membuat keripik gadung yang benar. Semoga ini bisa bermanfaat bagi anda yang penasaran atau ingin membuat keripik gadung. Selamat Mencoba.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya