Rabu, 05 Juni 2019

Cara Membuat Snack Ulir/Plintir Yang Enak Dan Gurih

Cara Membuat Snack Ulir/Plintir Yang Mudah, Enak, Dan Gurih – Camilan Nusantara


Kue ulir/plintir merupakan makanan ringan jaman dulu berbahan dasar tepung terigu yang digoreng dengan cita rasa manis dan gurih. Walau makanan jaman dulu, sampai saat ini kue plintir masih disukai oleh banyak orang. Dinamai kue plintir Karena cara membuatnya dengan cara diplintir menyerupai tali tambang yang ditarik sehingga banyak yang suka menyebutnya "Kue Tambang". Walaupun jaman sudah modern kue tradisional khas indonesia ini masih sering dijumpai saat hari raya idul fitri atau di tempat penyedia oleh-oleh makanan.

Cemilan gurih dengan rasa manis memang banyak sekali jenisnya mulai dari kue kering onde onde mini wijen, kecipir, biji ketapang, kue gabus dll. Variasi kue Plinitr sendiri ada yang menggunakan ketela ungu sehingga rasanya lebih unik. Namun Jika masih pemula cobalah resep originalnya saja lebih mudah dan praktis untuk dieksekusi. Siapkan semuah peralatan termasuk mesin penggiling adonan agar hasilnya lebih rapi. Jika tidak ada lakukan manual saja tidak masalah.

Nah, bagaimana cara membuat Kue Plintir Renyah dengan mudah dan dapat dipraktekkan sendiri mari kita simak terlebih dahulu cara membuat kue pluntir atau kue tambang enak renyah, dan di bawah ini kami sajikan resep masakan secara lengkap, silahkan di simak lalu dicoba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 250 gram tepung terigu
  • 60 gram gula pasir
  • 1 btr telur
  • 50 gram margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt soda kue
  • 65 ml santan kental (kara kecil)
Langkah-langkah pembuatan kue plintir :
  1. Pertama-tama siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan.
  2. Kemudian campur semua bahan kecuali santan , lalu aduk hingga rata.
  3. Tuang santan ke adonan yang sudah di campur sedikit demi sedikit, lalu uleni hingga kalis
  4. Ambil sedikit adonan giling dengan roll sampai agak tipis.
  5. Potong-potong  dengan lebar 6 mm, panjang 7-8 cm atau sesuai selera.
  6. Lalu plintir pelan2 sambil agak ditarik.. ujung kanan diplintir kearah depan, ujung kiri diplintir ke arah belakang.
  7. Lalu tekuk tengahnya dan plintir lagi hingga menyerupai tambang.
  8. Satukan ujungnya supaya plintirannya tidak terlepas
  9. Lakukan sampai adonan habis. Namun jika anda memiliki alat/mesin penggiling adonan, anda bisa menggunakannya, supaya hasilnya lebih cantik.
  10. Siapkan wajan dan Goreng dengan minyak yang banyak dan api kecil supaya matangnya merata. Goreng sampai warna berubah agak kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan.
  11. Kue Pluntir siap dinikmati. Masukkan kue kedalam toples yang kedap udara supaya bisa dinikmati kapan saja. Selamat Mencoba.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar