Rekomendasi Camilan Sehat Yang Bisa Dinikmati Ibu Hamil

Rekomendasi Camilan Sehat Yang Bisa Dinikmati Ibu Hamil – Camilan Nusantara


Selama kehamilan perempuan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Asupan nutrisi tersebut bukan hanya dari makanan berupa nasi, sayur dan ikan, nutrisi tersebut juga berasal dari camilan sehat untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Melansir dari laman alodokter.com, camilan sehat untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengandung banyak lemak, gula, mentega, garam dan pengawet maupun penyedap. 

Dengan berbagai gejala yang membuat nafsu makan menjadi berkurang, maka tidak heran kalau asupan tambahan yang sehat dan enak diperlukan untuk menjaga terpenuhinya kebutuhan nutrisi buah hati. Buah hati yang tidak mendapat nutrisi seperti yang seharusnya akan mengalami berbagai masalah, baik selama kehamilan maupun setelah lahir.

Masalah yang mungkin muncul adalah janin yang tidak tumbuh dengan baik, komplikasi, hingga kecacatan pada bayi. Anda tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi, maka memenuhi asupan nutrisi sangatlah penting.

Camilan adalah cara paling mudah untuk menambah asupan makanan selama kehamilan. Untuk ibu hamil yang gejala mual dan muntahnya termasuk berat, makanan berat akan sulit untuk masuk. Padahal nutrisi utama sang ibu berasal dari makanan berat ini. Oleh karena itu camilan bisa menjadi solusi. Namun tidak sembarang camilan yang bisa dimakan. Perlu diperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat didalam camilan tersebut. Nah, kami akan memberikan beberapa rekomendasi camilan yang bisa dinikmati oleh ibu hamil. Apa saja itu? Simak ulasan dibawah ini.

1. Cokelat dan Buah
Siapa yang tidak suka cokelat? Hmmm, membayangkannya saja sudah membuat air liur menetes. Kandungannya tinggi akan mineral, karbohidrat, dan zat penenang yang membuat orang rileks. Jadi tidak heran kalau makanan ini menjadi salah satu camilan yang sehat bagi ibu hamil yang hormonnya sedang naik turun. Terkadang inginnya menangis, terkadang inginnya marah-marah.
Konsumsi cokelat ini akan lebih sehat jika cokelat yang digunakan lebih pahit alias mengarah pada jenis dark chocolate. Lelehkan saja cokelat, kemudian cocolkan buah kesukaan Anda atau buah yang sedang ingin Anda makan.

2. Gandum
Roti gandum, biscuit gandum, sebut saja makanan yang mengandung gandum utuh semuanya memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Makanlah roti gandum atau biscuit gandum dengan selai sehat buatan sendiri sebagai selingan cemilan sehat untuk ibu hamil. Atau beri topping cokelat dan keju sesuai selera, tambahan topping sehat ini akan membuat Anda ingin memakannya setiap hari.

3. Kripik Ubi
Sejak dulu keripik merupakan camilan yang disukai oleh banyak orang, nah salah satu keripik yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah keripik ubi. Ubi selain menjadi makanan pokok alternative, memiliki banyak vitamin A dan kandungan lainnya. kandungan ini sangat baik untuk memberi energi bagi ibu hamil yang masih beraktivitas. Jangan lupa tambahkan gula atau garam secukupnya saja sebagai perasa, atau rasa original saja juga sudah cukup enak.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin, mineral, dan asam amino yang yang penting untuk pertumbuhan janin. Misalnya seperti kacang almond, kacang mete dan kacang merah.
Kacang-kacang tersebut direbus saja sudah cukup enak sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil, atau kalau ingin digoreng juga bisa. Namun, ingatlah untuk mengurangi minyak hasil penggorengan ya. Anda bisa melapisi bagian bawah wadah yang akan digunakan dengan tisu supaya sebagian minyak hasil penggorengan terserap ke tisu.

Ternyata untuk memenuhi nutrisi ibu hamil tidaklah susah. Memang gejala mual dan muntah akan menyulitkan, namun dengan asupan teratur, maka Anda akan bisa memenuhi kebutuhan tersebut tanpa kesulitan. Cemilan sehat untuk ibu hamil yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang mengalami gejala mual dan muntah yang berat. Namun, jangan lupa untuk tetap makan makanan berat, tidak hanya untuk kesehatan  janin, tapi juga untuk kesehatan sang ibu.



 Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya