Kamis, 16 Mei 2019

Cara Membuat Pilus Bulat Pedas Enak Dan Nagih

Cara Membuat Pilus Bulat Pedas Enak Dan Nagih – Camilan Nusantara



Pilus, Mendengar namanya saja pasti hamper semua orang tahu, karena terdapat beragam merk dari camilan pilus yang telah beredar dipasaran dengan tampilan kemasan yang menarik dan harganya juga cukup terjangkau. Dulu pilus merupakan sebuah Snack untuk oleh-oleh yang sering dijual ditoko-toko dan bentuknya lebih besar dan pada umumnya berbentuk silinder agak sedikit memanjang, karena seperti kita ketahui untuk pilus yang sering ada sekarang kebanyakan berbentuk bulat-bulat kecil. snack yang satu ini emang unik banget. Rasanya enak, renyah, n kriuk-kriuk gitu. Bikin kita ketagihan terus. Pilus sendiri sebenarnya camilan yang cukup sederhana yang terbuat dari adonan tepung dan sangat nikmat untuk camilan ketika sedang bersantai, apalagi sambil ditemani dengan segelas teh. Selain dimakan sebagai camilan, pilus ini juga enak loh jika di jadikan teman makan nasi, Hmm delicious..

Kamu punya bahan-bahan kue yang tersisa di rumah? Kalau punya, kamu bisa nih gunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat pilus pedas. Selain bisa mengirit pengeluaran uang, pilus ini juga lebih terjamin kualitas nya. Mau tau bagaimana cara membuat pilus bulat pedas ala-ala kamu? Simak resep dibawah ini yukkk!!!

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • 50 gr/ 5 sdm tepung tapioka
  • 1 siung besar bawang putih, haluskan / bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula halus
  • Merica bubuk secukupnya
  • 1 sdt bubuk balado instan
  • 1/2 sdt kaldu bubuk (boleh skip klo enggak suka)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 25 ml air panas
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
  1. Campurkan tapioka, gula, garam, kaldu bubuk, bumbu balado instan dan bawang putih, campur semua sampai rata lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit uleni sampai adonan kalis padat baru masukkan 2 sdm minyak goreng uleni lagi sampai minyak tercampur merata, minyak berfungsi untuk memudahkan pembentukan adonan agar mudah di bentuk atau dipulung.
  2. Lumuri jari jemari dengan minyak lalu Ambil adonan dan bulatkan kecil-kecil seperti kelereng, terus lakukan sampai adonan habis.
  3. Setelah dibentuk bulat-bulat kecil, masukkan adonan kedalam wajan dengan minyak dingin dan banyak, sampai semua adonan terendam minyak.
  4. Setelah adonan dimasukkan ke dalam minyak dingin, nyalakan kompor dengan api kecil, jika adonan sudah mengembang baru naikkan ke api sedang, untuk mencegah adonan meletus dan lengket.
  5. Jika adonan sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Pilus Pedas renyah siap di nikmatii.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar