Cara Membuat Emping Jagung Istimewa

Cara Membuat Emping Jagung Istimewa & Lezat  – Camilan Nusantara


Emping adalah jenis makanan ringan yang pembuatannya yaitu bahan baku dipipihkan kemudian dikeringkan. Emping, pada umumnya dibuat dari melinjo. Namun, dengan banyaknya jagung yang dipanen oleh masyarakat, emping kini juga dapat dibuat dari jagung.

Emping jagung memiliki rasa yang lebih enak ketimbang emping melinjo yang ‘notabene’-nya terdapat campuran rasa pahit. Jagung memiliki rasa yang manis dan lebih renyah bila dijadikan makanan ringan seperti emping. Maka dari itu emping jagung kini lebih banyak digemari masyarakat.

Bagi anda yang ingin membuat emping jagung sendiri, tidak perlu khawatir karena emping jagung ini sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu telaten dan sedikit sabar dalam proses pembuatannya. Dan anda juga harus sering berlatih untuk menghasilkan emping jagung dengan rasa yang sempurna dan juga istimewa. Ingin tahu bagaimana cara membuat emping jagung? Anda bisa simak resep dibawah ini..

Bahan Yang Dibutuhkan :
Garam
Minyak goreng
Kapur
Jagung
Bawang putih

Cara Membuat
1. Pertama-tama hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan emping jagung adalah pemilihan jagungnya. Pastikan jagung yang dipilih adalah jagung yang tua dan besar.
2. Pilah jagung menggunakan alat pemipil jagung kemudian bersihkan menggunakan air mengalir.
3. Rendamlah jagung selama kurang lebih 24 jam. Tujuan direndamnya jagung dalam waktu yang sangat lama ini adalah agar nantinya dapat mempercepat perebusan.
4. Setelah direndam, rebuslah jagung pipil menggunakan air yang telah dicampurkan air kapur 10% selama 2,5 jam. Dalam proses perebusan, selalu aduk-aduk jangung agar tidak gosong.
5. Angkat jagung rebus kemudian cucilah menggunakan air bersih. Pastikan jagung dicuci hingga bau kapur tidak tercium lagi.
6. Proses selanjutnya adalah pengukusan jagung. Kukuslah selama kurang lebih 4 jam dan campurkan bumbu (garam dan bawang putih)
7. Setelah proses pengukusan, dinginkanlah jagung lalu pipihkan jagung menggunakan mesin pemipih. Lakukan sedikit demi sedikit agar hasilnya bagus.
8. Jagung yang sudah dipipihkan kemudian dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari.
9. Jagung yang sudah dijemur sudah dapat disimpan di plastik dan sudah dapat digoreng sesuai kebutuhan.
10. Jika anda menginginkan emping jagung dengan rasa, taburkan bumbu-bumbu sesuai selera sehabis emping digoreng dan selagi masih panas. Tujuannya agar bumbu meresap sempurna.


Baca Juga :

2. Jual keripik ceker crispy

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya