Macam Macam Permen Unik Yang Ada Di Indonesia

Beberapa Macam Permen Unik Yang Ada Di Indonesia – CAMILAN NUSANTARA



Bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Salah satu keunggulan dari Indonesia yang digilai negara lain adalah kesuburan tanahnya. Tanah yang subur dapat dikelola menjadi perkebunan rempah-rempah, sayuran, sampai buah-buahan. Hasil kekayaan alam itu kemudian diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan, salah satunya adalah permen. Permen memiliki berbagai jenis mulai dari permen jahe, permen coklat, permen caramel, permen jelly, dan sebagainya. Berikut Beberapa macam permen unik yang ada di indonesia.

1. Permen Jahe
Jahe sering kali dibuat menjadi permen tradisional khas Indonesia. Bahkan pada tahun 1778, Belanda mengirimkan sebanyak 5.000 kilogram permen jahe dari Batavia ke Eropa. Hasilnya penduduk di Eropa sangat menyukai permen jahe ini. Terlebih lagi karena di sana memiliki udara yang dingin jadi cocok untuk menghangatkan tubuh masyarakat Eropa. Hebatnya lagi, permen jahe ini mampu mengalahkan Gummy Bear dari Jerman dan juga Nougat dari Prancis.

2. Permen Kayu Putih
Seorang dosen IPB dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan yang bernama Hanny Wijaya telah menciptakan permen yang terbuat dari tanaman kayu putih. Tanaman ini biasanya digunakan untuk bahan baku minyak oles penghangat tubuh tetapi sekarang bisa dikonsumsi dalam bentuk permen. Permen ini memiliki manfaat untuk menyegarkan tenggorokan, menghangatkan tubuh, bahkan bisa mencegah gigitan nyamuk. Hal ini dikarenakan aroma minyak kayu putih dari mulut yang bisa membuat nyamuk kabur.

3. Permen kacang
Dikenal pula dengan sebutan enting-enting, permen ini terbuat dari gula Jawa dan gula pasir yang dilelehkan kemudian dicampur dengan cacahan kacang tanah. Saat disantap, tekstur teng-teng kacang terasa keras dengan butiran kacang yang membuat rasa permen semakin gurih. Selain kacang tanah, ada juga variasi teng-teng lainnya yang dikombinasikan bersama taburan wijen.

4. Permen asam
Sekilas tampilan permen asam terlihat mirip dengan permen jahe, lengkap dengan butiran gula pasir yang memenuhi permukaan permen. Namun saat digigit, rasa asam menyegarkan serta tekstur agak kenyal akan langsung memenuhi indera perasa. Meski tak sepopuler dulu, permen bulat mungil ini masih bisa dijumpai di beberapa toko roti, toko oleh-oleh, atau toko jajanan tradisional.

5. Gulali
Dulu, gulali merupakan salah satu jajanan yang selalu diburu anak-anak saat waktu istirahat sekolah tiba. Tak hanya rasa legitnya yang menggoda, permen dari campuran gula pasir dan pewarna makanan ini juga memiliki beragam bentuk yang menggemaskan. Mulai dari bentuk bunga, burung, hingga hewan-hewan lainnya. Ditambah proses pembuatannya tak kalah menarik, permen tradisional ini sempat menjadi primadona anak-anak terutama pada era 90-an.

6. Rambut nenek
Rambut nenek merupakan camilan berbahan dasar gula yang memiliki tampilan cukup unik dan berbeda dari permen pada umumnya. Sesuai namanya, sekilas tampilan rambut nenek memang terlihat menyerupai helaian rambut nenek-nenek yang putih pudar.
Proses pembuatannya juga tak kalah unik. Gula yang telah dilelehkan dan diberi pewarna akan dilumuri tepung jagung lalu ditarik berulang kali hingga berubah menjadi lembaran tipis. Disajikan bersama setangkup kerupuk merah muda bercita rasa manis, tekstur rambut nenek yang lembut akan langsung lumer saat menyentuh lidah.

7. Permen karamel susu.
Kalau kamu lagi berkunjung ke Bandung atau lebih tepatnya ke daerah Lembang, biasanya kamu akan mudah menemukan penjual yang menjual permen karamel susu. Permen empuk berbentuk kotak kecil dan berwarna kecokelatan ini rasanya sangat manis. Biasanya permen ini disajikan dengan pembungkus kertas yang dilipat bagian ujung-ujungnya. Selain itu, permen ini juga memiliki manfaat. Hal ini tidak terlepas dari bahan dasar pembuatnya yang terdiri dari susu sapi. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu tentunya bermanfaat untuk tulang dan gigi.

8. Permen jelly kering.

Sesuai dengan namanya, permen jenis ini terbuat dari agar-agar atau jelly dan buah-buahan. Bentuk permen ini bermacam-macam, tetapi yang paling umum adalah persegi panjang kecil-kecil. Permen ini biasanya bercita rasa manis, tergantung pada campuran buah di dalamnya. Permen ini memiliki tekstur yang unik, yaitu bagian luarnya kering dengan taburan gula putih, sedangkan bagian dalamnya empuk dan lembut. Karena berbahan dasar agar-agar, permen ini mengandung serat yang baik dan dibutuhkan untuk sistem pencernaanmu.


Baca Juga :



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya