Rabu, 15 Mei 2019

5 Strategi Pemasaran Makanan Ringan Yang Wajib Anda Ketahui

5 Strategi Pemasaran Makanan Ringan Yang Wajib Anda Ketahui - Camilan Nusantara


Strategi pemasaran merupakan hal yang cukup mempengaruhi sales atau penjualan suatu produk. Penjualan merupakan faktor penting agar usaha/bisnis makanan ringan anda  dapat tetap berdiri. Tanpa adanya penjualan atau sales, suatu bisnis dapat mengalami kerugian karena minimnya sumber daya.


Melakukan pemasaran suatu produk memang merupakan bukan sesuatu yang mudah. Terutama di bidang makanan. Karena jika makanan di simpan/diitimbun terlalu lama digudang, akan menyebabkan menurunnya kualitas makanan tersebut. Oleh karena itu, kami akan memberikan Anda referensi mengenai 5 Strategi Pemasaran Makanan Ringan Yang Efisien.


1. Riset Pasar
Hal yang paling utama dalam melakukan pemasaran adalah riset pasar (research market). Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menemukan dan memilih segmentasi pasar yang tepat sehingga produk Anda dapat bersaing dan berkembang pada pasar tersebut. Segmentasi pasar adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran terpisah. 

2. Promosi
Setelah melakukan riset pasar, maka langkah selajutnya adalah melakukan promosi. Usahakan promosi dilakukan dengan cara yang kreatif sehingga dapat menarik banyak pelanggan. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara konsisten dan sering. Karena semakin sering anda mengenalkan bisnis ada, akan semakin banyak pelanggan mengetahui bisnis anda. Selain promosi secara langsung ke pelanggan, anda juga dapat melakukan promosi melalui media social seperti facebook dan instagram.

3. Memilih Tempat Usaha Strategis
Pilihlah lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan hasil riset pasar yang Anda lakukan sebelumnya. Pemilihan lokasi usaha yang strategis dan tepat merupakan strategi pemasaran yang dapat menjaring cukup banyak pelanggan. Anda bisa mendirikan bisnis di tempat yang ramai seperti di pinggir jalan, di area anak sekolah, dan sebagainya

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan
Pelanggan adalah aset yang cukup berharga bagi sebuah usaha. Oleh karena hal itu, berilah pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Jalinlah hubungan baik dengan pelanggan dengan menanggapi saran atau keluhan mereka. Jangan ragu untuk memberikan diskon ataupun hadiah kepada pelanggan setia Anda. Jika Anda melakukan hal tersebut, tak menutup kemungkin pelanggan akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain secara sukarela dan akan terus menggunakan produk anda.

5. Memanfaatkan Online/Internet Marketing
Manfaatkanlah teknologi yang sudah ada dengan sebaik mungkin. Sebab, pemanfaatan teknologi secara optimal dapat mengurangi pengeluaran bisnis anda. Salah satu metode internet marketing yang dapat Anda terapkan adalah SEO (Search Engine Optimization) ataupun SMO (Social Media Optimization).

Itulah informasi mengenai 5 Strategi Pemasaran Makanan Ringan Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat bagi anda semua, terumata anda yang ingin/sedang menjalankan bisnis di bidang makanan.



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar