Tips Penyajian Kacang Mete Paling Aman Dan Sehat

Tips Penyajian Kacang Mete Paling Aman Dan Sehat – CAMILAN NUSANTARA


Meski kaya akan nutrisi dan penuh manfaat, tak lantas membuat kita bebas mengonsumsi kacang mete sebanyak-banyaknya. Anda perlu pastikan porsinya untuk menghindari resiko bahaya kacang mete. Bahaya kacang mete sering didapat ketika kacang mete diolah dengan cara yang salah atau justru dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Ada beberapa tips yang perlu Anda pahami untuk bisa mendapatkan manfaat kacang mete dengan optimal dan menghindari bahaya kacang mete. Beberapa tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Bersihkan dengan Baik
Bagian terpenting dari penyajian kacang mete adalah dengan membersihkan kacang dengan sebaik-baiknya. Bahaya kacang mete yang paling utama berada pada kulit air dan membran kacangnya yang mengandung toksin. Karenanya membersihkan kacang dari kulit ari adalah bagian krusial sebelum kacang mete diolah. Selain dibersihkan dengan baik, pastikan kacang sudah dipanaskan dalam suhu tinggi. pemanasan adalah sentuhan penting untuk mendapatkan kacang mete yang sepenuhnya bebas toksin.

Padukan dengan Bahan Rendah Kalori
Kacang mete memang tidak dapat dikatakan sebagai penyebab kolesterol tinggi. kandungan serat dan inulin dalam kacang mete sangat membantu menurunkan level kolesterol jahat sehingga sebenarnya relatif aman untuk dikonsumsi.

Letak kesalahan dalam menyajikan kacang mete justru terletak pada penyajiannya. Penyajian kacang mete yang tidak tepat justru yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Beberapa cara yang kurang sehat untuk menyajikan kacang mete adalah dengan menambahkan banyak gula atau lemak seperti dengan membungkusnya kacang menggunakan cokelat, es krim atau krim keju yang kaya lemak. Kedua bahan ini mengandung banyak kalori dan mengandung sedikit serat. Mengonsumsi kacang mete yang sudah ditambahkan cokelat dan gula akan meningkatkan resiko naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. 

Selain akan berkontribusi meningkatkan kadar kalori dalam sajian. Tentu Anda harus ingat bahwa kadar kalori dalam kacang mete 100 gram saja sudah mencapai ¼ kebutuhan kalori harian.

Lebih Baik Dipanggang Daripada Digoreng
Sebagaimana dijelaskan untuk menghindari bahaya kacang mete mentah yang mengandung toksin, Anda diharuskan untuk memasak kacang dalam panas tinggi. biasanya kacang mete akan dipanaskan dengan cara dipanggang kering atau di goreng.

Pilihan pertama (dipanggang) memang lebih jarang dikenal di Indonesia, tetapi sebenarnya dimasak dengan cara dipanggang adalah pilihan yang lebih sehat dari pada digoreng. Karena ketika kacang mete digoreng, maka komponen lemak dan kolesterol jahat dalam minyak goreng akan meresap dalam kacang. Kacang mete goreng akan mengandung kalori dan kolesterol lebih tinggi. dan justru ini sebenarnya yang menjadi penyebab kolesterol tinggi pada sebagian orang.

Hindari Penambahan Garam Berlebihan
Biasanya untuk membuat kacang mete terasa nikmat dan menggugah selera, kita sering menambahkan bumbu yang salah satunya tentu saja garam. Masalahnya kita kerap menambahkan garam berlebihan pada kacang mete sehingga rasanya cukup gurih. Meski enak dilidah, penambahakn garam berlebih ini sebenarnya bukan cara bijak dalam menyajikan kacang mete. Karena semakin banyak kacang mete yang Anda konsumsi, semakin banyak kadar natrium yang Anda konsumsi dan ini menyebabkan peningkatan kadar natrium dalam darah. Sementara pada level tertentu, kelebihan natrium dalam tubuh Anda akan dapat memicu pembentukan arterosklerosis dan tekanan darah tinggi.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya