Resep Kue Kembang Goyang Yang Enak dan Manis

Resep Kue Kembang Goyang Yang Enak dan Manis - CAMILAN NUSANTARA


Untuk sebagian orang tentunya sudah tidak asing lagi dengn kue kering kembang goyang bukan ? kue kering yang cukup populer pada jamannya hingga saat ini juga masih exis ini memang merupakan warisan nenek moyang yang lezat . rasanya yang renyah , gurih dan nikmat ini memang merupakan kue kering yang cocok sekali disajikan sebagai teman ngeteh ataupun ngopi.

Nama kembang goyang ternyata diambil dari bentuknya dan cara pembuatannya bentuknya seperti bunga dan pembutannya digoyang-goyang agar  adonan lepas dari cetakan yang berbentuk bunga. Kue kembang goyang merupakan salah satu kue kering lebaran yang populer yang berasal dari daerah Betawi, Kue Kembang goyang  juga cukup populer bagi masyarakat Bali,  terutama bagi pemeluk agama Hindu, Ke Kembang goyang sangat cocok disajikan ketika kita kedatangan tamu. Selain memiliki cita rasa yang manis kue ini juga memiliki tekstur yang sangat renyah sehingga di sukai anak-anak maupun orang dewasa, karena bentuknya yang unik seperti kelopak bunga atau kembang, tentu ke kembang goyang sangat pas untuk menambah koleksi kue lebaran Anda.

Kembang goyang yang enak, gurih dan renyah ini merupakan salah satu kue kering yang murah meriah. karena tidak memerlukan banyak bahan dan tidak memerlukan banyak dana untuk membuatnya. Nah kali ini kami akan berbagi resep kue kembang goyang. Simak ulasan mengenai Resep Kue Kembang Goyang Yang Enak dan Manis dibawah ini.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan
  • Tepung beras sebanyak 200 gram
  • Gula pasir halus sekitar 65 gram saja
  • Telur ayam cukup dengan 2 butir
  • Garam sekiranya ½ sdt
  • Santan sekitar 250 ml (bisa dari parutan 1/2 butir kelapa)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Wijen sebanyak 2 sendok makan

Cara Membuat Kembang Goyang
  1. Langkah pertama, siapkan sebuah wadah terlebih dahulu. Dalam wadah ini kita akan masukan beberapa bahan utama seperti tepung beras, gula pasir, garam, dan wijen. Aduk-aduk bahan tersebut hingga tercampur secara merata.
  2. Tuangkan telur yang sudah dikocok bersama dengan santan sedikit demi sedikit. Pastikan sambil diaduk-aduk agar semua bahan tersebut bisa tercampur secara merata. Sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya kita siapkan cetakan kue kembang goyang tersebut, untuk memanaskan cetakan tersebut pertama kalinya masukan dalam minyak panas.
  3. Di sinilah letak keunikan memasak kue kembang goyang. Setelah memanaskan cetakan tersebut, celupkan cetakannya kedalam adonan kue. Lalu masukan adonan tersebut bersama cetakan ke dalam sebuah wajan penggorengan yang berisi minyak panas. Goyang-goyang cetakan tersebut higga adonan terlepas darinya.
  4. Gorenglah adonan-adonan tersebut dengan cara mengulangi langkah di atas hingga habis. Agar kue tersebut matang, pastikan menggoreng hingga adonan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  5. Terakhir apabila sudah matang, angat kue tersebut dan tiriskan. 
  6. Kue kembang goyang siap untuk disajikan.

Tips 
*Untuk membuat kue kembang loyang agar lebih renyah, Anda bisa membuat adonan kue kembang goyang yang lebih kalis dan bisa dicetak dengan mudah. Sedangkan jika kue kembang goyang ingin lebih gurih, maka kami sarankan Anda menambah takaran santan dan garam pada adonan kue nya. Karena kedua bahan inilah yang menjadi rahasia kue kembang goyang menjadi lebih gurih.

*Jangan lupa untuk memasukkan kue kembang gula kedalam toples yang kedap udara setelah di biarkan dingin sebelumya, kedalam toples. Supa kue kembang gula bisa di santap sewaktu-waktu.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya