Permen Tradisional Beberapa Negara Di Dunia

Permen Tradisional Beberapa Negara Di Dunia – CAMILAN NUSANTARA



Permen adalah produk yang dibuat dengan mendidihkan campuran gula dan air bersama dengan bahan pewarna dan pemberi rasa sampai tercapai kadar air kira-kira 3%. Biasanya suhu yang digunakan sebagai petunjuk kandungan padatan. Sesudah didihkan sampai mencapai kandungan padatan yang diinginkan (kurang lebih 150oC) sirup dituangkan pada cetakan dan dibiarkan tercetak. Permen jelly merupakan permen yang terbuat dari campuran sari buah-buahan, bahan pembentuk gel atau dengan penambahan essens untuk menghasilkan berbagai macam rasa, dengan bentuk fisik jernih transparan serta mempunyai tekstur kenyal. Bahan pembentuk gel yang biasa digunakan antara lain gelatin, karagenan atau agar-agar.

Permen yang banyak beredar di kalangan masyarakat berjenis permen keras (hard candy) dan lunak (soft candy). Permen keras adalah permen yang padat teksturnya. Dimakan dengan cara menghisap, pada permen keras yang perlu diuji di antaranya adalah bahan baku utamanya berupa glukosa. Sementara permen lunak ditandai dengan teksturnya yang lunak. Jenis permen ini bukan untuk dihisap melainkan dikunyah

Dari kebanyakan orang, permen tidak terlepas dari masa kanak-kanak. Anak kecil sampai dewasa pun terkadang masih membutuhkan peranan permen dalam situasi yang berbeda-beda. Dan ternyata, permen sudah menjadi sangat terkenal sejak jaman nenek moyang. Ada begitu banyak jenis permen dari berbagai negara di dunia ini, dan di tiap negara mempunyai permen khas yang diolah secara tradisional. Permen yang terkenal karena kelezatannya telah menjadi ciri khas yang melambangkan negaranya masing-masing. Berikut ulasannya :

Li Hing Mui (China)
Sebenarnya permen khas ini dibuat dari buah plum kering dan diberi bubuk Li Hing yang rasanya manis, asam dan asin. Kombinasi rasa ini menciptakan rasa yang kuat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan. Permen ini awalnya hanya ada di negara China dan beberapa negara di Asia. Kemudian pada tahun 1900an, permen ini dibawa masuk pertama kali ke Hawaii oleh seorang imigran Asia yang bernama Yee Sheong.

Nougat (Perancis)
Jika Anda mempunyai kesempatan untuk bersinggah di negara Perancis, jangan lupa untuk mencicipi permen traditional bernama Nougat ini. Permen yummy ini diolah menggunakan gula atau madu, kacang pistachio, almond, hazelnut dan serta buah-buahan kering lainnya. Tekstur Nougat ini berbeda-beda, ada yang lunak ada yang keras tergantung bahan yang dipakai. Tidak hanya tekstur, warnanya pun bisa berbeda. Nougat putih terbuat dari putih telur, sedangkan Nougat cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih kriuk kriuk saat dikunyah.

Turkish Delight (Turki)
Masih ingat film the Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe yang ngetop itu? Di film itu ada adegan dimana Edmund berterus terang kepada White Witch bahwa permen kesukaannya adalah Turkish Delight!! Kembang gula yang nama aslinya Lokum atau Cyprus Delight ini emang pantas menjadi kesukaan banyak orang. Teksturnya yang lembut dan lengket mirip jeli ditambah potongan kecil kacang seperti walnut, almond atau kenari serta taburan gula halus di sekelilingnya, bikin rasa permen ini legit sekali.
Permen yang sudah diproduksi sejak abad ke-15 ini berasal dari negara Turki. Namun berkat kelezatannya, Turkish Delight bisa terkenal ke seluruh negara di Eropa dan dunia. Bahkan di Inggris, permen ini dapat juluki Hanhish Candy karena dapat membuat orang ketagihan memakannya.

Gummy Bear (Jerman)
Permen ini berbentuk penmen 'gelatin lengket' yang digemari di banyak negara. Permen empuk ini diciptakan oleh Hans Riegel dari kota bonn di jerman pada tahun 1922. Si mungil berwarna warni ini aslinya bernama Gummibar atau Gummibarchen yang dalam bahasa Inggris menjadi Gummy Bear. Ketenaran permen ini mencapai negara Amerika Serikat. Di sana Gummy Bear mempunyai 5 rasa khas, yaitu rapsberry (warna merah), jeruk (warna orange), stroberi (warna hijau), nanas dan lemon (warna kuning).

Permen Jahe (Indonesia)
Permen jahe memang merupakan permen yang tergolong kuno. Berbicara permen ini bukan hanya berbicara puluhan tahun lalu, tetapi ratusan tahun. Setidaknya permen ini sudah tercatat di dalam buku Island of Java karya John Joseph Stockdale, pelancong berkebangsaan Inggris dan pada tahun 1778, Belanda mengirim sebanyak 10.000 pon (atau sekitar 5.000 kilogram) produk yang disebut Ginger Candy dari Batavia ke Eropa. Makanan ini digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung atau dalam istilah ilmiah disebut Flatulensi.
Permen ini juga Cocok sekali untuk menghangatkan badan dan menyegarkan tenggorokan. Apalagi saat udara dingin. Asli permen ini asalnya dari Indonesia. Negara yang terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.

Botan Rice Candy (Jepang)
Permen ini asalnya dari negara Jepang. Botan Rice Candy sangat lembut, kenyal, rasanya seperti jeruk lemon dan dilapisi kertas pembungkus beras. Permen ini seperti plastik dan kering, tetapi jika sudah dimakan permen tersebut akan mencair di mulut Anda. Ini adalah permen tradisional Jepang , dan saat ini sudah diimpor ke Amerika Utara dari Jepang oleh JFC International.

Ame Candy (Jepang)
Permen ini berasal dari Kyoto, Jepang. Permen tradisional Jepang ini sangat terkenal indah dan penuh warna yang dibungkus dalam tempat yang begitu canti dan memikat hati. Permen ini terbuat dari gula murni dengan rasa asli gula, tapi ada juga yang dibuat dengan menggunakan rasa buahan.

Brigadeiro (Brazil)
Konon pesta ulang tahun kebanyakan di brazil tidak akan semarak bila tidak tersedia permen yang terbuat dari susu dan bubuk cocoa ini. Nama peren ini adalah Brigadeiro, yang telah diambil dari nama seorang jenderal di angkatan udara Brazil pada tahun 1940 an, Brigadier Eduardo Gomez. jadi ceritanya, ketika permen ini pertama kali diciptakan, Brigadir Eduardo Gomez sangat terkenal karena berhasil membasmi pemberontak, maka dari itu permen ini diberi nama sesuai sang jenderal untuk menghormati jasanya. Rasanya yang enak dan bentuknya yang menarik membuat permen ini sering menjadi hiasan pada kue dan es krim.

Canadian Maple Candy (Kanada)
Permen ini terbuat dari sirup maple, dibuat secara tradisional di rumah dan sudah jadi budaya bagi mereka. Permen maple Kanada ini mempunyai bermacam-macam istilah seperti “Mapple Taffy” atau “Sugar on Snow”. Nama yang unik ini dinamakan seperti itu karena permen ini sendiri terbuat dari sirup maple yang direbut sampai mengental dan terakhir dituang diatas salju bersih.

Bbopki (Korea)
Permen traidisional dari negara Korea ini terbuat dari gula yang dikaramelkan dan baking soda. Bbopki biasanya dibentuk jadi bulat dan dicetak ke tongkat seperti Lollypop. Dan permen ini biasanya dijual di jalanan kota Korea.

Calaveras De Azucar (Mexico)

Permen tengkorak kecil ini terbuat dari gula dan biasanya dihias dengan warna yang meriah, dan yang biasanya dibuat untuk perayaan keagamaan khusus. Penduduk disana menempatkan permen ini di kuburan orang-orang yang sudah meninggal pada acara Dia De Los Muertos (Hari Orang Meninggal), untuk memperingati hidup mereka. Dikarenakan dekorasi yang begitu besar sehingaa banyak orang menganggap mereka adalah karya seni dan bukan permen.




Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya