Kamis, 04 April 2019

Peluang Usaha Makaroni Goreng

Peluang Usaha Makaroni Goreng - CAMILAN NUSANTARA


Kali ini pun kami akan membahas tentang snack alias cemilan berbahan makaroni yang dijadikan makanan kering sebagai teman saat sore santai bersama keluarga. Menjadikan makaroni sebagai makanan ringan ternyata sudah dikenal sejak belasan tahun ke belakang. Dan hari ini, permintaan masyarakat yang ingin menikmati snack makaroni masih tinggi. Makaroni menjadi cemilan bisa diproduksi dengan cara digoreng. Dan dengan bermodalkan ide kreatif, olahan makaroni level rumahan ini bisa dikembangkan. Misalnya makanan ringan makaroni dengan rasa pedas atau rasa keju. Atau dikombinasikan dengan isu kekinian lainnya, seperti; makaroni rasa seblak gurih dan lain sebagainya.

Camilan yang satu ini memiliki jumlah peminat yang cukup banyak. Cita rasanya yang pedas dan renyah membuat masyarakat ketagihan dengan cita rasa makaroni. Makaroni menjadi salah satu camilan yang banyak dicari oleh masyarakat untuk menemani waktu bersantai. Makaroni pedas banyak dijual dipasaran sehingga Anda bisa mendapatkan camilan makaroni dengan mudah. Makaroni dijual dengan harga yang cukup terjangkau. 

Melihat potensi bisnis makaroni yang menjanjikan dengan jumlah peminat semakin meningkat membuat peluang usaha makaroni sangat menjanjikan untuk dijalani. Mengembangkan bisnis makaroni menjadi salah satu daya tarik masyarakat yang belum memiliki usaha. Bisnis makaroni ini bisa dikembangkan oleh pembisnis pemula. Dengan modal yang tidak terlalu besar.

Dalam menjalankan bisnis makaroni Anda tidak perlu memproduksi makaroni sendiri. Anda bisa mencari supplier makaroni yang mampu menyediakan stok dalam kapasitas besar untuk bisnis yang Anda jalankan. Dengan hal ini Anda hanya perlu melakukan proses penggorengan, pencampuran bumbu, dan pengemasan. Berbeda sekali jika Anda harus memproduksi makaroni sendiri tentu waktu yang Anda perlukan juga akan semakin banyak dan membutuhkan tenaga ektra untuk melakukannya.

Resep Membuat Makaroni
Untuk menghasilkan makaroni yang gurih, kriuk-kriuk, renyah dan bercitarasa, cukup menyediakan sekira 750 gram makaroni, 3 bungkus bumbu kentang goreng serta minyak goreng secukupnya. Agar dapat menghasilkan makaroni goreng yang baik, pilihlah bahan mentah makaroni yang memang khusus untuk digoreng. Anda tidak perlu kuatir, karena makaroni jenis ini bisa ditemukan di toko, supermarket atau swalayan di sekitar rumah kita.

Untuk mempraktekkan resep macaroni ini Anda cukup menyediakan penyedap rasa seperti; masako atau royco sebagai pengganti bumbu kentang goreng.
  1. Siapkan makaroni yang akan digoreng. Lalu panaskan wajan yang diberi minyak goreng, masukkan makaroni mentah sedikit demi sedikit untuk digoreng. 
  2. Lalu, aduk-aduk dan angkat bila telah mengembang dan matang. Perlu diperhatikan, agar memiliki penampilan yang menarik, mengangkat makaroni di saat masih berwarna kuning, jangan sampai dibiarkan hingga terlalu matang atau berwarna kecoklatan alias gosong.
  3. Tiriskan makaroni yang sudah matang. Tips agar makaroni garing saat ditiriskan, beri alas dengan kertas tisu pada tempat untuk meniriskan makaroni goreng tersebut.
  4. Saat proses penyerapan makaroni yang tengah ditiriskan di atas tisu, Anda bisa menyiapkan langkah selanjutnya; siapkan bumbu kentang goreng atau royco, masako.
  5. Setelah makaroni cukup proses penirisannya dan sudah dingin, selanjutnya taburi makaroni tersebut dengan bumbu kentang goreng atau penggantinya dengan menaburi secara merata.
  6. Bila perlu Anda pilah makaroni menjadi beberapa varian sesuai dengan rencana, misalnya; pedas, keju atau jeruk dan lain-lain (tergantung kreatifitas kita dalam mengembangkan varian dari resep standar ini).
  7. Bila sudah selesai, selanjutnya proses pembungkusan.
  8. Resep di atas siap dibungkus dan menjadi ¼ kilogram beratnya. Supaya kualitas makaroni yang sudah siap disantap ini terjaga – Anda bisa membungkusnya dengan benar-benar rapi.
  9. Tutup plastik agar bisa kedap udara dengan cara menggunakan staples (hekter). Akan lebih baik lagi bila membungkus dan merapatkannya dengan menggunakan alat pembungkus seperti hand sealer atau packaging machine. Bisa juga dengan cara paling sederhana, yaitu dengan membakar bagian yang akan kita tutup dengan menggunakan api pada lilin.


Anda perlu memperhatikan beberapa faktor-faktor yang bisa menjadikan usaha makaroni Anda dapat berkembang pesat dan memiliki banyak pelanggan. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut pembahasannya:

Lokasi yang strategis.
Seenak apapun snack yang Anda jual, bila hanya sedikit orang yang mengetahuinya maka akan sulit sekali untuk menjualnya. Oleh karena itu faktor lokasi sangat patut Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha ini, terutama jika Anda masih benar-benar baru dan belum punya pengalaman sama sekali. Sebelum memulai usaha apapun, alangkah baiknya kalau Anda melakukan survei tempat lebih dulu yang kira-kira bisa menjadi tempat yang cocok untuk menjalankan usaha.

Kreatifitas.
Secara umum telah banyak yang menggeluti usaha snack makaroni, jadi jika Anda hanya menjual barang yang sama persis, tanpa melakukan berbagai kreatifitas maka Anda akan susah bersaing dengan pengusaha lainnya. Untuk itu buatlah kreatifitas yang unik seperti membuat aneka macam rasa, menggunakan kemasan-kemasan yang sedang populer, membuat bentuk yang unik dan sebagainya.

Tempat jualan yang bagus dan menarik.
Suasana yang bagus dan bersih akan membuat para customer Anda senang berlama-lama dan bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi karena merasa ada tempat nongkrong yang nyaman, Karena banyak dari mereka lebih mengutamakan tempat yang bersih dan bagus untuk membeli sesuatu. Sebab itu, pastikan tempat jualan Anda bersih, bagus dan menarik serta tertata rapi, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan Anda.

Harga yang terjangkau
Untuk Anda para pebisnis yang baru memulai bisnis ini, jangan ragu untuk memberikan harga promosi dan lebih terjangkau dibandingkan tempat lainnya, yang penting Anda masih dapat keuntungan meskipun sedikit. Ini merupakan strategi supaya produk dan tempat jualan Anda lebih dikenal dan bisa direkomendasikan oleh pelanggan Anda kepada teman-temannya, karena harga yang lebih murah dan tempat yang kondusif. Setelah berjalan cukup lancar dan mempunyai banyak konsumen tetap, barulah sedikit demi sedikit Anda mulai menerapkan harga normal, namun tetap menjaga kualitas tentunya.

Pelayanan yang bagus.
Pembeli adalah raja, itu adalah hukum tetap dalam ilmu ekonomi jika Anda ingin sukses dalam menjalankan suatu usaha. Servis yang memuaskan, akan memberikan citra yang positif kepada pelanggan dan merekapun tidak akan segan untuk kembali lagi jika mereka ingin membeli snack. Jangan sampai memberikan kesan yang buruk dan tidak baik di mata customer yang bisa membuatnya segan untuk datang lagi.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar