Dari Mana Kacang Mete Berasa? Ingin Tahu

Dari Mana Kacang Mete Berasa? Ingin Tahu  – CAMILAN NUSANTARA


Kacang mete sebenarnya bukanlah termasuk anggota kacang-kacangan. namun berasal dari jambu monyet atau yang juga dikenal sebagai jambu mete. Tetapi, meskipun berasal dari jambu, bukan berarti kacang mete juga termasuk dalam golongan buah jambu. Justru,  kacang mete ini masih kerabat dari buah mangga.

Nama kacang mete sendiri diperoleh karena rasa dan tekstur dari mete tersebut menyerupai kacang, bahkan lebih enak dan gurih. Rasa yang lebih gurih ini yang menyebabkan kacang mete harganya lebih mahal daripada kacang tanah.

Meskipun kacang mete merupakan camilan yang banyak ditemui di tanah air, bukan berarti jambu mete merupakan tanaman asli Indonesia. Jambu mete berasal dari Brazil. Kemudian tanaman ini dibawa oleh pelaut Portugis ke India pada tahun 1580-an. Setelah itu, jambu mete mulai menyebar ke daerah tropis dan subtropis, termasuk ke Indonesia.

Fakta Mengenai Jambu Mete
Banyak yang menyangka bahwa bagian yang berwarna merah atau kuning pada jambu mete merupakan buahnya. Padahal sebenarnya bagian itu bukanlah buah. Berikut fakta-fakta menarik lainnya mengenai jambu mete.
  1. Bagian jambu mete yang berwarna putih, merah muda, merah, atau kuning dan bertekstur lunak merupakan dasar bunga yang mengembang akibat terjadinya pembuahan.
  2. Buah dari jambu mete ternyata merupakan bagian yang berwarna cokelat muda dan bertekstur keras, yang tidak lain adalah kacang mete.
  3. Buah dari jambu mete menghasilkan getah yang mengandung urushiol. Getah ini dihasilkan oleh cangkang ganda yang mengelilingi mete. Getah ini dapat menyebabkan iritasi ketika bersentuhan langsung dengan kulit. Maka dari itu, Anda sebaiknya berhati-hati ketika memegang jambu mete.
  4. Jambu mete ternyata salah satu tumbuhan yang berumur panjang karena dapat tumbuh hingga mencapai usia 30 tahun dengan tinggi antara 10 sampai dengan 12 meter.
  5. Akar dari tanaman jambu mete memiliki kepekaan yang tinggi terhadap genangan air.
  6. Jambu mete memiliki akar tunggang yang cukup panjang yaitu lebih dari 9 meter.
  7. Jambu mete adalah tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari untuk bisa tumbuh dengan baik. Maka dari itu, jika Anda hendak menanam jambu mete, pastikan tidak ada tumbuhan lain atau apapun yang dapat menghalangi sinar matahari.


Cara Memilih Kacang Mete yang Berkualitas
Anda dapat menemukan kacang mete di pasar tradisional, toko, atau supermarket. Tetapi, tidak semua tempat tersebut menjual kacang mete dengan kualitas yang baik. Sebagai konsumen, Anda dituntut untuk jeli memilih kacang mete yang berkualitas. Lalu, bagaimana cara memilih kacang mete yang berkualitas?
1. Jangan membeli kacang mete gelondongan yang lengkap dengan dasar buahnya. Belilah kacang mete yang sudah dikupas, untuk menghindari iritasi pada kulit akibat dari resin fenolik dan urushiol yang terkandung pada kulit dari kacang mete.
2. Kacang mete yang berkualitas adalah kacang mete yang bentuknya utuh, bukan yang berupa belahan, remukan besar, atau remukan kecil.
3. Pastikan kacang mete yang hendak Anda beli tidak memiliki retakan, berjamur, memiliki bintik-bintik, dan berbau tengik. Jangan pula membeli kacang mete yang berlubang karena lubang tersebut merupakan bekas dimakan ulat.
4. Warna asli dari kacang mete adalah putih kecokelatan. Jangan terkecoh dan tergiur oleh warna kacang mete yang putih bersih. Kacang mete yang berwarna putih bersih biasanya akibat dari adanya zat pemutih. Jadi, belilah kacang mete yang berwarna putih kecokelatan.
5. Apabila Anda sudah membeli kacang mete yang berkualitas dan ingin menyimpannya untuk digunakan kembali nanti, simpanlah kacang mete yang telah dikupas ke dalam wadah yang kedap udara lalu simpan dalam kulkas. Hal ini bertujuan untuk menghindari bau tengik pada kacang mete.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya