Dampak Negatif Memakan Kacang Mete Secara Berlebihan

Dampak Negatif  Memakan Kacang Mete Secara Berlebihan – CAMILAN NUSANTARA


Meski terbukti kacang mede memiliki banyak manfaat dan bukan penyebab kolesterol tinggi, tak lantas bisa dikatakan kacang mete bebas resiko efek samping. Sejumlah fakta terungkap bahwa kacang mete juga memiliki sejumlah efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut dampak negative memakan kacang mete secara berlebihan.



Meningkatkan Resiko Batu Ginjal
Dijelaskan dalam salah satu riset yang diadakan di Lincoln University New Zealand pada tahun 2006 terbukti bahwa sejumlah kacang-kacangan memiliki kandungan oksalat relatif tinggi, termasuk di antaranya pada kacang mete. Oksalat berperan sebagai salah satu material yang banyak membentuk batu ginjal. Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of American Society of Nephrology tahun 2007. Oksalat akan terikat dengan kalsium yang luruh dalam cairan tubuh untuk membentuk endapan kristal batu ginjal.

Dijelaskan dalam Journal of Food Composition and Analysis tahun 2007,  bahwa mereka yang sudah pernah mengalami masalah batu ginjal atau memiliki tingkat resiko batu ginjal relatif tinggi disarankan untuk membatasi asupan kacang-kacangan termasuk kacang mete. Karena adanya bahaya kacang mete dalam membentuk batu ginjal.

Masalah Alergi
Salah satu bahaya kacang mete lain yang juga perlu Anda waspadai adalah alergi. beberapa orang memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap kacang mete. Meski dalam kebanyakan kasus alergi kacang mete memicu reaksi alergi ringan, sejumlah kasus alergi kacang mete juga bisa memicu reaksi mematikan.

Menurut sumber Archives of Diseases in Childhood tahun 2005 dijelaskan bahwa sejumlah anak mengalami reaksi alergi terhadap kacang-kacangan, termasuk kacang mete dan menunjukan reaksi yang berkaitan dengan anaphylaxis. Anaphylaxis atau anafilaksis merupakan keluhan reaksi alergi yang bersifat darurat. Ini merupakan reaksi alergi yang mempengaruhi seluruh tubuh. Ketika senyawa histamin di dalam tubuh dilepas berlebihan dan berpengaruh di seluruh bagian tubuh.

Pasien akan sekaligus mengalami reaksi gatal-gatal, hidup tersumbat dan gatal, sesak nafas, sakit perut, mual, berdebar atau justru detak jantung melemah, diare dan kerap kali juga menyebabkan efek demam dan reaksi bingung. Serangan syok ini bisa semakin parah jika tidak segera diatasi.

Dugaan sementara reaksi alergi ini dipicu oleh komponen asam amino dalam kacang mete. Beberapa jenis asam amino pada kacang mete memiliki unsur pembawa alergi. sebagaimana dijelaskan dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology tahun 2005.

Gangguan Pencernaan
Kandungan serat termasuk inulin dalam kacang mete dianggap sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Namun beberapa komponen asam amino dalam kacang mete justru menimbulkan reaksi alergi pada sistem pencernaan. Reaksi dari alergi ini memunculkan tanda-tanda seperti mual, nyeri perut, kram perut, muntah-muntah, rasa begah di perut atas, diare, kembung dan lain sebagainya.

Kacang Mentahnya Mengandung Toksin
Hindari mengonsumsi kacang mete dalam kondisi mentah. Karena sebenarnya terdapat kandungan toksin dalam membran kacang yang masih dengan mudah Anda jumpai melekat pada kacang ketika dalam kondisi mentah.

Toksin ini bisa cukup berbahaya, memberi efek limbung, mual, diare dan kadang disertai efek sesak nafas yang mematikan. Beberapa pakar menyamakan efek mematikan dari toksin ini dengan poison ivy dan racun sumac. Toksin ini akan menyebabkan kerusakan pada hati dan sejumlah fungsi tubuh. Bahkan dikatakan memicu kerusakan hati yang mengarah pada hepatitis akut, sebagaimana dijelaskan dalam ACG Case Report Journal tahun 2016.

Proses pengelupasan yang maksimal disertai pemanasan dalam suhu tinggi membuat kacang sepenuhnya kehilangan kulit membrannya. Sehingga efek toksin dinyatakan hilang sama sekali. Oleh sebab itu konsumsilah kacang mete dalam kondisi matang.

Efek Inflamasi dan Stimulan Kanker
Dikatakan, kacang mete mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk membantu mencegah kanker. Juga dikatakan baik untuk membantu proses pembentukan anti oksidan alami glutathione yang baik untuk proteksi DNA tubuh.

Tetapi rupanya berlebihan dengan kacang mete justru memicu kanker dan meningkatkan kerentanan tubuh mengalami inflamasi. Ini disebabkan kandungan asam lemak omega 6 dalam kacang mete yang sangat tinggi dan berbanding jauh dari kandungan asam lemak omega 3.

Asam lemak sangat baik sebagai anti inflamasi, tetapi ketika kadar asam lemak omega 3 dan 6 berada pada rasio aman. Menurut Boletín Médico del Hospital Infantil de México tahun 2016, kadar asam lemak omega 6 menjadi berlebihan, senyawa lemak ini justru memicu reaksi inflamasi dan meningkatkan resiko kanker

Peningkatan kadar asam lemak omega 6 berlebihan akan memicu produksi prostaglandin, senyawa yang mendorong inflamasi. Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Prostaglandins, Leukotrienes, and Essential Fatty acids tahun 2018.

Memicu Reaksi Sakit Kepala
Meski tidak bekerja pada setiap orang, sejumlah orang mengeluhkan reaksi sakit kepala pasca mengonsumsi kacang mete berlebihan. rupanya memang ada sejumlah senyawa dalam kacang mete yang bisa menyebabkan bahaya kacang mete terhadap fungsi neurotransmitter dan sistem sirkulasi darah di otak.

Ini disebabkan oleh komponen asam amino tyramine and phenylethylamine. Dijelaskan bahwa mereka yang terus menerus mengalami migrain dan sakit kepala disarankan untuk mengurangi asupan tyramine dan phenylethylamine , sebagaimana dijelaskan dalam the Clinical Journal of Pain  tahun 2009.

Dapat Menambah Berat Badan
Meski banyak manfaat dan lebih banyak mengandung lemak sehat ketimbang kolesterol jahat, perlu disadari bahwa kacang mete tetap mengandung kalori. dan ini dapat meningkatkan resiko kegemukan bila dikonsumsi berlebihan. Kadar kalori kacang mete bisa mencapai 550 kcal untuk tiap 100 gram. Ini belum bila pengolahan dilakukan dengan menggunakan minyak goreng kaya kalori, penambahan garam berlebihan dan penggunaan elemen tepung atau mentega sebagai penambah rasa. Artinya ketika Anda mengonsumsi 100 gram saja kacang mete goreng, Anda sudah memenuhi 1/4 kebutuhan kalori tubuh Anda. 


Itulah sejumlah informasi seputar Dampak Negatif  Memakan Kacang Mete Secara Berlebihan.  Untuk menghindar dari bahaya kacang mete dengan maksimal dan mendapatkan khasiat dari kacang mete yang anda makan, cukup pastikan Anda mengonsumsi kacang mete dalam jumlah yang sewajarnya dan diolah dengan cara yang tepat dan sehat.


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya