Cara Membuat Kacang Mete Goreng Dengan Bumbu Keju

Cara Membuat Kacang Mete Goreng Dengan Bumbu Keju - CAMILAN NUSANTARA


Asal Usul Kacang Mete
Kacang mete sebenarnya bukanlah termasuk anggota kacang-kacangan. namun berasal dari jambu monyet atau yang juga dikenal sebagai jambu mete. Tetapi, meskipun berasal dari jambu, bukan berarti kacang mete juga termasuk dalam golongan buah jambu. Justru,  kacang mete ini masih kerabat dari buah mangga.

Nama kacang mete sendiri diperoleh karena rasa dan tekstur dari mete tersebut menyerupai kacang, bahkan lebih enak dan gurih. Rasa yang lebih gurih ini yang menyebabkan kacang mete harganya lebih mahal daripada kacang tanah.

Meskipun kacang mete merupakan camilan yang banyak ditemui di tanah air, bukan berarti jambu mete merupakan tanaman asli Indonesia. Jambu mete berasal dari Brazil. Kemudian tanaman ini dibawa oleh pelaut Portugis ke India pada tahun 1580-an. Setelah itu, jambu mete mulai menyebar ke daerah tropis dan subtropis, termasuk ke Indonesia.

Kacang mete memiliki cita rasa gurih ketika digoreng, sehingga kerap dijadikan camilan pada hari Lebaran. Apalagi jika bumbu yang digunakan untuk menggoreng memiliki racikan yang tepat, maka rasa kacang mete tersebut akan semakin mantap. Mau tahu cara membuat Kacang Mete Goreng dengan Bumbu Keju? Simak ulasan dibawah ini yuk..

Resep Kacang Mete Goreng dengan Bumbu Keju
Bayangkan rasa kacang mete goreng yang gurih, berpadu dengan uniknya bubuk keju. Pasti semua anggota keluarga Anda akan menyukainya, terutama bagi anak-anak. Mereka akan menyantap kacang mete goreng hingga tidak tersisa.

Bahan yang diperlukan :
  • 1 mangkuk kacang mete mentah
  • 4 siung bawah putih. Haluskan
  • 2 sendok teh garam
  • 225 ml susu full cream
  • 1 sendok teh gula
  • Bumbu keju siap pakai
  • Air hangat secukupnya

Cara Membuat :
  1. Siapkan wadah yang cukup besar lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, gula garam, susu, dan air hangat. Aduk hingga bumbu tercampur rata.
  2. Masukkan kacang mete yang telah dicuci bersih ke dalam larutan bumbu tersebut. Pastikan air hangat tersebut dapat merendam selurih permukaan kacang mete. Diamkan kacang mete tersebut selama kurang lebih satu jam agar bumbu dapat meresap dengan sempurna. Setelah satu jam, tiriskan kacang mete tersebut sebelum digoreng.
  3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak di atas penggorengan. Apabila minyak goreng sudah panas, Anda dapat memulai menggoreng kacang mete dengan api kecil.
  4. Jangan terlalu banyak memasukkan kacang mete ke dalam penggorengan karena akan mempengaruhi tingkat kematangan kacang mete dan Anda juga akan mengalami kesulitan ketika mengaduknya.
  5. Goreng kacang mete sambil diaduk sesekali hingga warna kacang mete berubah menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan pada sebuah tampah atau loyang yang sudah diberi tisu atau kertas kue diatasnya untuk menyerap minyak yang menempel pada kacang mete goreng.
  6. Apabila kacang mete goreng sudah mulai dingin, taburi kacang tersebut dengan bumbu keju siap pakai secara merata lalu simpan di dalam wadah tertutup.


Sekarang Anda telah mengetahui cara membuat Kacang Mete Goreng dengan Bumbu Keju. Mudah bukan? Anda pun pasti dapat mencobanya di rumah. Namun, pastikan bahwa kacang mete yang akan digunakan berkualitas, supaya dapat menghasilkan kacang mete goreng dengan cita rasa premium. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.



Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya