Cara Bisnis Repacking Snack Yang Menguntungkan

Cara Bisnis Repacking Snack Yang Menguntungkan – CAMILAN NUSANTARA


Bisnis atau usaha dagang memang merupakan hal yang menarik untuk selalu dicoba. Ada berbagai macam peluang di bidang bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk meraup banyak keuntungan, salah satunya yaitu bisnis di bidang kuliner.

Jika bisnis atau usaha di bidang kuliner selalu membuat anda takut untuk mencoba karena biasanya membutuhkan modal yang besar maka salah satu bagian dari bisnis kuliner yang bisa anda coba jika hanya memiliki modal yang kecil, yaitu bisnis repacking (mengemas ulang) snack. Tidak banyak yang tahu bahwa bisnis ini adalah bisnis yang menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan namun dengan modal yang kecil. 

Snack yang dalam bahasa Indonesianya disebut camilan merupakan makanan ringan yang selalu diminati oleh setiap orang sebagai teman untuk menambah asyik kegiatan santai seperti menonton TV, membaca buku atau mengetik di komputer. Hal ini membuat bisnis repacking snack  memiliki potensi pasar yang cukup besar. Bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, berikut daftar cara bisnis repacking snack yang perlu anda ketahui :

Amati Pasar
Hal yang paling utama sebelum memulai suatu bidang yaitu melakukan pengamatan. Untuk itu, sebelum memulai bisnis repacking snack ini hal yang paling utama anda harus lakukan dan dapatkan informasi yaitu tentang pasar. Amatilah snack apa yang paling disukai oleh pasar dan berapa banyak snack sejenis yang tengah ada di pasaran. Setelah itu, amatilah harga-harga dari snack yang tengah beredar di pasaran baik yang ada di pasar tradisional, toko, warung maupun swalayan besar.

Putuskan Snack yang Akan Dijual
Ada berbagai macam snack yang beredar di pasaran yang akan membuat anda bingung, tetapi sebelum memulai untuk berbisnis, anda harus terlebih dahulu memutuskan secara detail keinginan anda mengenai bisnis anda dan bagaimana ekspektasi anda terhadap kehadiran produk yang anda tawarkan. 

Buat Branding (Merek / Nama Dagang) yang Mudah Diingat
Membuat branding memang gampang-gampang susah ditambah jika telah banyak beredar produk sejenis di pasaran. Namun, seperti kata pepatah bahwa “tidak ada yang tidak bisa dan semua berawal dari usaha” maka anda dapat mencoba branding yang ada dalam ide anda terlebih dahulu. Jangan takut mencoba untuk membuat branding (merek / nama dagang) karena segala sesuatunya butuh proses termasuk dalam bisnis. 
Branding (merek / nama dagang) yang mudah diingat memang perlu jika anda ingin produk anda diingat dan memiliki konsumen tetap. Cara ini akan memudahkan anda dalam hal promosi produk saat pertama kali mengenalkan produk. 

Kemasan yang Menarik dan Berkualitas
Kemasan yang menarik dan berkualitas selain nyaman untuk dipandang juga akan menambah brand image dari produk dagangan yang anda jual. Biasanya konsumen akan lebih percaya terhadap kemasan produk yang menarik dan berkualitas karena selain lebih baik dari segi tampilan namun kualitas produk juga dianggap memiliki level yang sama dengan isi dari produk yang anda tawarkan. 

Cari dan Temukan Penyuplai Tetap
Mengawali bisnis dalam bidang apapun terlebih dalam bidang kuliner memang merupakan hal yang tidak mudah karena tidak semua orang dapat dengan mudah menerima produk makanan yang baru beredar di pasaran. Namun, sebagai pebisnis yang memiliki mental yang kuat hal yang sulit seperti mencari dan menemukan penyuplai tetap tidak akan membuat mereka untuk stop menggeluti bisnis yang telah diputuskannya. Menemukan penyuplai tetap jika anda berhasil tentu akan sangat menguntungkan karena dengan adanya penyuplai tetap seperti swalayan atau toko yang mau menerima produk hasil dari mengemas ulang snack anda maka anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana dan harus seperti apa memasarkan produk anda.
Cobalah untuk menawarkan dan menitipkan produk anda ke took atau swalayan di daerah sekitar rumah anda. Jika belum berhasil di salah satu toko atau swalayan, maka teruslah berusaha, pasti akan ada kesempatan di toko swalayan lain. 

Perbanyak Jenis Produk
Agar anda dapat mengetahui dengan pasti dan memiliki pengalaman tentang produk apa saja yang diminati pasaran maka anda dapat melakukannya dengan memperbanyak jenis produk yang anda tawarkan. Selain dapat memperbanyak jenis produk dengan cara mengemas ulang produk dengan berbagai ukuran, anda juga dapat berkreasi dengan mengemas ulang produk dengan berbagai jenis dan rasa produk. Cobalah untuk mengemas ulang snack dari berbagai jenis seperti biskuit, kacang, wafer, minuman susu, dan lain sebagainya. Disamping jenis produk, untuk menguasai pasar, pebisnis kuliner juga harus berkreasi pada rasa dari produk. Anda mengemas ulang snack dalam satu kemasan dengan berbagai rasa yang berbeda. Beranilah untuk mencoba dalam hal ini, meskipun terlihat gila namun tidak salahnya jika dicoba. (Baca Juga: Keuntungan Bisnis Properti)

Jual Online
Sekarang bukanlah saatnya lagi untuk mengeluh bahwa anda tidak dapat melakukan promosi karena tidak memiliki lapak atau toko yang bisa anda jadikan untuk tempat berjualan. Sosial media telah membuatkan anda lapak untuk menciptakan kesempatan berbisnis apapun yang anda inginkan termasuk dalam berbisnis snack/makanan ringan.
Buatlah akun social media untuk mempromosikan dan menjual produk snack hasil repacking (mengemas ulang) anda. Jangan dicampur dengan akun bisnis dengan akun pribadi agar produk snack yang anda jual dilihat lebih professional dan terpercaya.


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya