Sabtu, 06 April 2019

Beberapa hal Yang wajib diketahui sebelum memulai usaha kerupuk ikan

Beberapa hal Yang wajib diketahui sebelum memulai usaha kerupuk ikan – CAMILAN NUSANTARA 


1.) Peluang Usaha Kerupuk Ikan
Dalam menjalankan usaha kerupuk ikan juga bisa menjadi pilihan yang tepat dalam menjalankan bisnis kuliner, apalagi olahan kerupuk ikan ini menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan untuk dijalani, karena menyajikan jenis kerupuk yang berbeda dari umummnya akan membuat olahan kerupuk ikan ini semakin banyak dicari oleh kalangan masyarakat. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menyukai olahan kerupuk ikan akan membuat produk kerupuk ikan ini bisa dijadikan peluang usaha yang bisa Anda lakukan saat ini.

2.) Prospek Usaha 
Kalau dilihat dari segi prospek bisnis, olahan kerupuk ikan ini bisa dibilang sangat cemerlang. Kerupuk ikan juga sangat cocok untuk dikembangkan di wilayah Indonesia. Jika Anda ingin menjalankan sebuah usaha tapi masih bingung untuk memilih usaha apa yang tepat, mungkin usaha kerupuk ikan ini bisa menjadi solusi bagi Anda. Karena keuntungan yang didapat terbilang cukup besar.

3.) Memulai Usaha Kerupuk Ikan
Pada saat memulai menjalankan usaha kerupuk ikan ini juga cukup mudah untuk dilakukan karena proses yang pertama kita harus melihat penggunaan bahan baku yang digunakan. Kalau bahan baku yang akan digunakan itu mudah diperoleh, pastinya kalau dikembangkan dalam usaha akan bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, harga bahan yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan ini juga sangat terjangkau, jadi modal yang Anda perlukan juga tidak terlalu besar. selain itu, Anda juga bisa mempelajari Tips Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Lebih Enak Dan Gurih supaya Anda bisa memproduksi kerupuk ikan dengan rasa yang lezat dan kualitas yang tinggi.

4.) Pelaku Usaha 
Sebenarnya siapa saja bisa menjalankan usaha kerupuk ikan ini. Pelaku yang bisa menjalankan usaha kerupuk ikan ini juga tidak akan dilihat dari status jabatannya, jadi siapapun berhak dan bisa menjalankan usaha kerupuk ikan. Jika Anda sudah menjalankan sebuah usaha tapi masih ingin menjalankan usaha kerupuk ikan maka bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan.

5.) Menentukan Lokasi Strategis
Salah satu faktor penentu kelancaran sebuah usaha adalah lokasi penjualannya. Lokasi penjualan kerupuk ikan ini memang harus diperhatikan karena pemilihan lokasi yang tepat akan menunjang kelancaran usaha kerupuk ikan yang Anda jalankan. Sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis dan ramai, atau yang sering dikunjungi oleh masyakarat seperti di lokasi perbelanjaan seperti swalayan, supermarket, mall, pasar, dan lain sebagainya.

6.) Strategi Pemasaran
Proses pemasaran kerupuk ikan ini bisa Anda lakukan dengan memasarkan di berbagai pasar yang terletak di daerah-daerah ramai. Selain itu, untuk memasarkan kerupuk ikan juga bisa ditawarkan ke berbagai toko-toko dan warung makanan. Sebetulnya proses pemasaran kerupuk ikan itu bisa dilakukan dengan banyak cara, semua tergantung dari kreatifitas Anda, jadi bagi Anda yang ingin memasarkannya bisa memilih dengan cara yang diinginkan sekiranya bisa berkembang dengan mudah.

7.) Keuntungan Menjalankan Usaha Kerupuk Ikan
Setiap menjalankan sebuah usaha pastinya yang akan diperhatikan adalah keuntungan yang diperoleh. Dalam hal ini, keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam menjalankan usaha kerupuk ikan cukup menjanjikan karena modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Dengan hal ini akan menunjukkan jika keuntungan dari usaha kerupuk ikan bisa sangat menjanjikan di kemudian hari.

TIPS
Kerupuk ikan ini tidak hanya dipasarkan dalam keadaan mentah saja, tapi saat ini sudah ada banyak pengusaha kerupuk yang menjualnya dalam keadaan sudah digoreng, jadi konsumen tidak perlu susah payah menggorengnya lagi.

Tapi harus diperhatikan teknik menggoreng kerupuknya agar bisa memiliki nilai tambah, karena kalau salah dalam teknik penggorengannya akan membuat kerupuk ikannya jadi mudah tengik.

Selain itu, juga harus Anda perhatikan minyak goreng yang akan digunakan, sebaiknya minyak goreng haruslah yang baru atau sekali pakai. 

Faktor lain yang mendukung kerupuk ikan olahan Anda adalah kemasannya. Pengemasan yang menarik tentunya akan meningkatkan nilai jual produk Anda sampai dua atau tiga kali lipat. Pilih kemasan dari plastik yang transparan agar kerupuk olahan Anda bisa dengan mudah dilihat, dan juga informasikan nama produk dan perusahaan tempat pembuatan kerupuk ikan tersebut.

Estimasi Dalam Kelancaran Bisnis Kerupuk Ikan
1). Pendorong lancar atau tidaknya suatu bisnis itu bisa dilihat dari banyak faktor, seperti lancarnya penjualan dan proses produksi. Selain itu, Anda pasti akan membutuhkan mesin yang digunakan dalam proses produksi kerupuk ikan untuk bisa menghemat upah tenaga kerja, tapi Anda pun juga harus memiliki modal yang cukup besar untuk hal ini.

2). Kalau Anda masih mengandalkan tenaga kerja, untuk melakukan proses produksi ini pastikan bahwa SDM nya memiliki ketrampilan dan disiplin tinggi, dengan begitu produk kerupuk ikan laut Anda bisa memiliki daya saing di pasaran. Perhatikan juga kelancaran suplai dari bahan baku berupa ikan laut. Pikirkan untuk memiliki sumber bahan baku yang jelas. Misal dengan bekerjasama dengan nelayan atau perusahaan penyedia ikan segar untuk memperlancar proses produksi Anda.

3). Pertimbangkan cadangan bahan baku untuk proses produksi selanjutnya (sekitar 1 minggu ke depan). Hal ini berfungsi menjaga terjadinya kemacetan dalam penyediaan bahan baku terutama ikan segar saat order penjualan ramai.

4). Perhatikan pula kondisi kantung plastik, atau foam box yang Anda pakai untuk mengemas, dimana harus dengan terstandar dan higienis. Oleh karenanya pikirkan cara pengadaan kemasan yang praktis dan sesuai dengan kemasan produk olahan hasil laut berupa kerupuk ikan yang notabene sangat sensitif terhadap udara luar. Jika dianggap perlu, pertimbangkan untuk membuat kemasan yang unik dan menarik sendiri.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar