Resep Membuat Kue Sus Kering Keju Yang Enak Dan Gurih

Resep Membuat Kue Sus Kering Keju Yang Enak Dan Gurih - CAMILAN NUSANTARA


Kue sus (bahasa Belanda: soes) adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus dalam bahasa Prancis disebut choux à la crème. Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut choux (bahasa Prancis untuk kol).

Berbeda dengan adonan kue bolu dan cake, adonan kue sus bukan didapat dari mengocok telur atau mentega dengan gula. Adonan kue sus (pâte à choux) dibuat dari menambahkan tepung terigu ke dalam campuran air yang dimasak bersama margarin atau mentega hingga mendidih. Telur ayam ditambahkan satu per satu di dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di panci. Adonan kue sus tidak menggunakan bahan pengembang seperti soda kue atau baking powder. Alat pengocok kue (mixer) hanya digunakan agar kue mengembang lebih bagus sewaktu dipanggang.

Oven yang digunakan untuk memanggang kue sus harus panas sekali (220 derajat Celsius). Panas oven mengubah kadar air yang tinggi di dalam adonan menjadi uap. Telur di dalam adonan membentuk kerangka kue yang tipis, sedangkan uap yang terperangkap di dalam adonan membuat rongga di bagian dalam kue. Adonan yang hampir serupa dengan kue sus digunakan untuk membuat kue-kue sejenis, misalnya: croquembouche, eclair, beignet, dan gougère.

Beberapa modifikasi kue sus juga terus berkembang, sehingga bentuk kue sus tidak hanya berbentuk bulat. Di Indonesia kue sus memiliki 2 jenis yaitu sus basah dan sus kering.

Mendekati hari raya, kue sus kering selalu menjadi incaran. Kue sus kering memang salah satu jenis kue yang mudah sekali ditemukan ketika hari raya lebaran. Biasanya kue kering dihidangkan ketika tamu datang berkunjung ke rumah. Kue sus kering menjadi salah satunya yang paling banyak ditemukan. Berbeda dengan kue sus yang besar dan basah, kue sus kering ini lebih kecil dan ketika dimakan akan terasa renyah dan gurih. Banyak orang yang senang dengan kue sus kering. Dari pada anda membeli hidangan kue sus kering ini, lebih baik jika membuat sendiri. Tidak terlalu sulit untuk membuatnya. Bahannya bisa anda temukan dengan mudah di sekitar anda. Berikut ini adalah resepnya.

Resep Membuat Kue Sus Kering Keju Yang Enak Dan Gurih

Bahan-bahan yang Digunakan :
  • Air matang sebanyak ¼ liter
  • Baking powder ½ sdt
  • Garam sebanyak 1 sdt
  • Tepung terigu sebanyak 125 gram
  • Keju parut sebanyak 60 gram
  • Margarin sebanyak 100 gram
  • Telur ayam sebanyak 3 butir

Langkah-langkah Membuat Kue Sus Kering Keju:

  1. Pertama-tama rebus air  sampai mendidih. Kemudian campurkan air dengan margarin dan garam. Aduk bahan-bahan tersebut sampai rata.
  2. Masih dalam keadaan berada di atas kompor, kecilkan api, lalu campur bahan-bahan cair tadi dengan tepung sedikit demi sedikit. Setelah itu aduk sampai rata. Kemudian matikan kompor dan angkat adonan sus.
  3. Usahakan agar adonan sus sudah kalis, sehingga anda bisa mulai membentuknya. Jika memang belum kalis, maka sebaiknya tambahkan sedikit tepung.
  4. Campur adonan dengan telur, kemudian kocok sampai rata.
  5. Jika sudah, masukkan keju parut dan baking powder. Campur lagi semua bahan sampai rata.
  6. Olesi loyang dengan menggunakan margarin, tujuannya agar tidak lengket. Kemudian masukkan adonan ke dalam piping bag dan mulailah membentuk adonan kecil-kecil di atas loyang. Beri jarak karena nantinya adonan akan mengembang.
  7. Panggang adonan sus ke dalam oven dengan suhu 130 derajat selama kurang lebih 15 menit sampai berwarna kuning keemasan.
  8. Setelah matang angin-angin kan kue sus hingga tidak panas lagi, kemudian masukkan kue sus kering keju kedalam toples yang kedap udara.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya