Resep Membuat Kerupuk Amplang Bulat Dari Ikan Tenggiri

Resep Membuat Kerupuk Amplang Bulat Dari Ikan Tenggiri - CAMILAN NUSANTARA


Kerupuk Amplang adalah sebuah makanan ringan tradisional yang terbuat dari ikan yang disajikan di Samarinda, Indonesia dan kemudian terkenal di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan pesisir timur Sabah, Malaysia. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.

Kerupuk amplang memiliki rasa yang gurih dan khas ikan tenggiri membuat kerupuk ini disukai oleh masyarakat. kerupuk amplang menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berkunjung ke kalimantan

Kerupuk amplang paling cocok dimakan bersama dengan nasi, sayur dan lauk di meja makan. Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu, kemudian digoreng dengan minyak yang banyak. Proses pembuatan kerupuk ini relatif sederhana, Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat kerupuk amplang ini, anda bisa menyimak artikel dibawah ini.

Bahan – bahan yang harus disiapkan :

  • 1 kg Daging Ikan Tenggiri
  • 2 kg Tepung Tapioka
  • Air 750 ml
  • 4/5 ons Garam
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • 5 siung Bawang Putih
  • Tambahkan Cita Rasa seperti Udang ebi, keju, pedas, atau yang anda sukai.

Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri :

  1. Pertama adalah haluskan atau giling daging ikan tenggiri yang sudah anda siapkan di atas.
  2. Setelah itu campurkan daging ikan tenggiri yang sudah anda haluskan tadi dengan tepung, air, garam serta penyedap yang anda inginkan. Kemudian aduk semua bahan tadi secara merata.
  3. Bentuk adonan di atas dengan bentuk bulat atau bisa juga sesuai keinginan anda.
  4. Adonan yang telah dibentuk tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam.
  5. Adonan yang telah direbus kemudian dijemur dibawah terik matahari hingga kering, agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.
  6. Siapkan wajan dan beri minyak yang cukup banyak, dan panaskan minyak.
  7. Kemudian goreng kerupuk yang sudah dibentuk sebelumnya dalam minyak yang panas dan banyak selama 30 menit hingga kerupuk mengering dan mengapung. Untuk menghindari gosong atau hangus, aduk terus kerupuk yang sedang di goreng.
  8. Angkat kerupuk amplang yang sudah matang dan tiriskan hingga kering dan tidak ada minyak yang tersisa agar nantinya bisa disimpan untuk waktu yang cukup lama.
  9. Masukkan kerupuk amplang kedalam toples atau wadah lain yang kedap udara.
  10. Amplang sudah siap untuk dihidangkan.

Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya