Rabu, 27 Maret 2019

Resep Dan Cara Membuat Keripik Talas Pedas

Resep Dan Cara Membuat Keripik Talas Pedas - CAMILAN NUSANTARA


Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu. Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau pengeringan. Keripik dapat berasa dominan asin, pedas, manis, asam, gurih, atau paduan dari kesemuanya. Salah satu keripik yang disukai adalah keripik tals.
Talas merupakan tumbuhan penghasil umbi-umbian yang cukup penting. Diduga asli berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan, talas diperkirakan telah dibudidayakan manusia sejak zaman purba, bahkan pada zaman sebelum padi ditanam orang.

Talas merupakan makanan pokok, selain sukun, di beberapa kepulauan di Oseania. Di Indonesia, talas populer ditanam di hampir semua daerah. Talas adalah akar sayur yang bisa dimakan dalam berbagai budaya di seluruh dunia. Daun dari tanaman talas juga digunakan sebagai sayuran.

Manfaat umbi talas selain mudah dicerna dan daunnya merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan C. Di Indonesia sendiri, umbi talas banyak ditemui di daerah sekitaran puncak, bogor Jawa Barat di daerah tanah gembur yang beriklim sejuk.

Talas tumbuh hampir seukuran dengan lobak, memiliki bentuk bulat atau lonjong dengan kulit berserat coklat. Permukaannya ditandai dengan cincin melingkar yang menunjukkan titik-titik penempelan pada daun bersisik. Di dalamnya terdapat warna daging yang putih kekuningan, tetapi mungkin akan berwarna beda tergantung pada jenis kultivar. Sebuah umbi talas dengan ukuran rata-rata beratnya sekitar 2–4 kilogram.
Keripik talas adalah makanan yang terbuat dari talas yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Namun kali ini kami akan memberikan resep keripik talas pedas yang tentunya mudah untuk di praktekkan di rumah.

Bahan yang diperlukan :

  • 3 buah talas (kupas lalu potong korek api)
  • 5 siung bawang putih 
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • Garam (secukupnya)
  • 1/2 sdt kapur sirih
  • 500 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 sdm bawang putih bubuk, bumbu balado bubuk dan cabai bubuk

Cara Membuat

  1. Kupas talas, cuci hingga bersih dan potong-potong talas dengan bentuk panjang korek api atau bisa juga tipis-tipis.
  2. Rendam talas yang telah dipotong ke dalam air yang telah diberi kapur sirih hingga 30 menit agar lendir di talas berkurang. 
  3. Haluskan bawang putih dan campurkan bersama bubuk kunyit dan garam ke dalam sedikit air. 
  4. Tiriskan talas di dalam air kapur lalu masukkan ke dalam air telah berisi bumbu, diamkan hingga 30 menit sebelum digoreng. 
  5. Panaskan minyak lalu goreng talas yang telah dibumbui hingga kering. 
  6. Angkat talas dan tiriskan, tunggu hingga talas dingin. 
  7. Masukkan bumbu balado bubuk, cabai bubuk dan bawang putih bubuk. Campur bumbu dan talas hingga merata. 
  8. Keripik talas siap di sajikan atau disimpan dalam toples agar tetap renyah dan gurih.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar