Selasa, 26 Maret 2019

Manfaat Dan Fakta-Fakta Tentang Teripang Laut

Manfaat Dan Fakta-Fakta Tentang Teripang Laut - CAMILAN NUSANTARA


Teripang (Holothuria) adalah sejenis biota laut yang merupakan salah satu sumber protein hewani, dan telah lama dikonsumsi oleh masyarakat didalam maupun diluar negeri. Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran, lamun, alga maupun dalam lingkungan terumbu karang hidup/mati.

Hewan jenis ini kulit durinya halus, sehingga sekilas tidak tampak sebagai jenis Echinodermata. Tubuhnya seperti mentimun dan disebut mentimun laut atau disebut juga teripang. Hewan ini sering ditemukan di tepi pantai. Gerakannya tidak kaku, fleksibel, lembut dan tidak mempunyai lengan. Rangkanya direduksi berupa butir-butir kapur di dalam kulit. Mulut terletak pada ujung anterior dan anus pada ujung posterior (aboral). Di sekeliling mulut terdapat tentakel yang bercabang sebanyak 10 sampai 30 buah. Tentakel dapat disamakan dengan kaki tabung bagian oral pada Echinodermata lainnya. Tiga baris kaki tabung di bagian ventral digunakan untuk bergerak dan dua baris di bagian dorsal berguna untuk melakukan pernafasan. Selain itu pernafasan juga menggunakan paru-paru air. Kebiasaan hewan ini meletakkan diri di atas dasar laut atau mengubur diri di dalam lumpur/pasir dan bagian akhir tubuhnya diperlihatkan.

Hewan yang memiliki bentuk seperti timun dengan panjang sekitar 0.11 hingga 12 inci ini telah dinikmati sebagai hidangan istimewa oleh masyarakat Cina. Teripang bukan termasuk hewan yang dilindungi sehingga bebas di konsumsi. 
Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi teripang, seperti dibawah ini.
  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
  2. Mencegah Peradangan
  3. Mengatasi Resiko Pembekuan Darah
  4. Mengobati Luka
  5. Melawan Infeksi Virus dan Bakteri
  6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh pada Penderita Kanker
  7. Sumber Protein Sehat untuk Tubuh
  8. Mengatasi Impotensi
  9. Menurunkan Kolesterol
  10. Menghentikan Pendarahan Setelah Melahirkan
  11. Menyembuhkan Luka pada Penderita Diabetes
  12. Membantu Fungsi Ginjal
  13. Menyembuhkan Sakit Gigi
  14. Meningkatkan Nafsu Makan
  15. Meningkatkan Fungsi Metabolisme
  16. Mengatasi Masalah Pernafasan
  17. Mencegah Efek Penuaan Dini

Fakta Tentang Teripang
  • Teripang memiliki bentuk badan yang memanjang dan bulat.
  • Warna teripang sangat berbeda-beda tergantung dari jenis spesiesnya. Namun jenis warna yang paling sering ditemukan adalah biru, coklat, hijau, merah dan hitam.
  • Teripang memiliki senjata untuk melawan predator lain yang terletak pada bagian skeleton, bentuknya mirip seperti duri runcing.
  • Ukuran teripang sangat bervariasi mulai dari 1 cm hingga 30 cm.
  • Teripang terlihat keras namun sebenarnya sangat lembut ketika disentuh.
  • Teripang akan mengeluarkan racun yaitu holothurin yang dikeluarkan bersama dengan organ lain ketika merasa diserang oleh musuh.
  • Teripang memiliki sistem indra yang buruk karena tidak memiliki otak.
  • Teripang akan bernafas dengan anus.
  • Bentuk tubuh teripang bisa berubah menjadi lebih kecil atau pipih dalam keadaan tertentu.
  • Teripang sangat penting dalam ekosistem di laut karena akan makan planton dan berbagai sisa dari hewan yang sudah mati dalam air.

Teripang memang salah satu spesies laut yang sangat berpotensi. Tidak ada larangan untuk mengambil teripang dari laut. Namun perhatikan untuk mengambil teripang yang tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Teripang sangat penting untuk habitat kehidupan laut.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar