Kamis, 21 Maret 2019

Langkah – langkah Membuat Kue Astor Untuk Lebaran

Langkah – langkah Membuat Kue Astor Untuk  Lebaran - CAMILAN  NUSANTARA


Siapa yang suka astor? Yap! Pasti semua orang suka dengan astor. Kue kering yang berbentuk bulat, panjang dan rasa yang manis dan gurih ini menjadi favorit orang-orang saat masa kecilnya dulu. Kue kering ini bisa dijumpai dengan mudah di toko-toko kue dan supermarket. Kue kering astor juga bisa ditemukan pada acara-acara tertentu seperti kondangan dan Lebaran. Kue astor termasuk dalam kue yang sering dicari mendekati hari raya Lebaran. Kue astor ini dibungkus di dalam toples pastik bening untuk kemudian disajikan pada kerabat, saudara dan teman yang berkunjung silaturahmi ke rumah.

Rasa kue yang gurih dan manis membuat kue ini banyak disukai terutama oleh anak-anak, serta bentuknya yang unik yaitu silinder panjang. Di sepanjang badan kue terdapat warna yang melintang dan biasanya disesuaikan dengan rasanya. Untuk rasa kue astor rasa cokelat maka warnanya juga akan berupa warna cokelat, rasa strawberry ditandai warna merah muda, rasa blueberry warna biru, dan rasa lain sebagainya.

Agar lebaran anda semakin terasa, anda bisa membuat olahan kue ini sendiri, dengan resep yang saya bagikan ini.

Cara Membuat Kue Astor

Bahan yang di  perlukan :
  • Gula pasir 125 gram
  • Tepung terigu 160 gram
  • Mentega 125 gram
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh vanilla extract

Langkah – langkah Membuat Kue Astor :
  1. Langkah pertama yaitu panaskan oven, olesi mentega pada dua loyang untuk memanggang adonan kue nantinya.
  2. Siapkan wadah untuk membuat adonan kue astor.
  3. Untuk membuat adonan, langkahnya yaitu mencampurkan bahan seperti mentega, gula pasir, dan vanilla extract ke dalam wadah, aduk hingga halus, bisa juga menggunakan alat mixer roti.
  4. Masukkan juga putih telur ke adonan, aduk lagi sampai rata.
  5. Tambahkan juga tepung terigu ke dalam adonan, aduk aduk terus sampai rata.
  6. Kemudian ambilah adonan dengan menggunakan sendok teh.
  7. Tuangkan ke Loyang menjadi lingkaran dengan ukuran kira-kira 8cm, panggang selama kurang lebih 5 menit.
  8. Setelah 5 menit atau setelah adonan matang, angkat adonan menggunakan spatula dengan memutar dan tumpang tindih sehingga membentuk roll.
  9. Jika sudah diangkat, biarkan  sebentar hingga dingin.
  10. Kue astor sudah siap di nikmati.
  11. Masukan  kue astor kedalam toples kedap  udara supaya dapat dinikmati sewaktu – waktu.


Mudah bukan? Kue astor juga biasa digunakan sebagai pemanis pada dessert, seperti pudding atau kue basah lain. Ini terutama karena tekstur yang crunchy dan rasa yang manis sehingga cocok digunakan sebagai bahan tambahan dalam menu lain.

Kita juga bisa lho bereksperimen dengan kue kering astor untuk kemudian dijadikan menu makanan atau minuman lain. Boleh banget nih dicoba untuk weekend ini untuk sensasi kuliner yang berbeda dari biasanya. Nah, itu dia sedikit informasi dan juga inspirasi dari cemilan kue kering astor. Semoga terbantu yah dalam menemukan kue astor di pasaran dan membuatnya menjadi menu lain yang nggak kalah nikmat.


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar