Sabtu, 16 Maret 2019

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Memulai Usaha Kerupuk Bawang

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Memulai Usaha Kerupuk Bawang - CAMILAN NUSANTARA


Kerupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang, ikan, bawang, dan aneka bahan lainnya. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. kerupuk populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk hidangan serta sebagai jenis lomba makan utama pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah kerupuk bawang.

Kerupuk bawang merupakan makanan ringan/snack yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bawang putih sehingga memiliki rasa bawang putih, gurih, dan lezat. Kerupuk bawang menjadi menu lauk atau camilan yang paling digemari, cita rasa gurih dan renyahnya mampu membuat suasana makan menjadi menyenangkan. Kerupuk bawang ini pun sudah banyak dijual dipasaran, karena penikmat kerupuk bawang cukup besar dari berbagai kalangan. Jenis kerupuk ini paling banyak diminati dan disukai karena cita rasanya yang lezat, membuat peluang usaha kerupuk bawang ini cocok untuk dicoba. Sebagai lauk dan camilan kerupuk bawang memang mampu menghipnotis setiap kalangan untuk menikmatinya. Oleh karena usaha kerupuk bawang ini sangat menguntungkan dan bisa dicoba untuk ditekuni, siapa tahu cocok untuk dijalankan.

Info Usaha Kerupuk Bawang
Kerupuk bawang memiliki kualitas rasa yang bagus dengan tekstur krispi renyah. Camilan ini enak digunakan sebagai lauk atau camilan biasa. Banyak cara untuk menikmati kerupuk bawang dan camilan ini nikmat dimakan dalam segala suasana. Bisnis kerupuk bawang sendiri bisa dijalankan oleh siapa pun. Cara membuat kerupuk bawang sangat mudah dan sederhana, bahan baku kerupuk bawang bisa diperoleh dipasaran dengan mudah. Apabila ingin menjalankan usaha kerupuk bawang akan lebih baik jika Anda mengetahui cara memulainya. Supaya nanti bisa mempersiapkan kebutuhan apa saja saat membuka bisnis kerupuk dari bahan bawang ini. Terdapat banyak persiapan pada bisnis kerupuk bawang sama halnya dengan aneka bisnis lainnya. Beberapa persiapan ini misalnya bahan baku, target pasar, peralatan usaha, cara mengelola usaha, strategi pasar, dan sebagainya. 

Bahan Baku
Ketahui bahan baku untuk menjalankan usaha kerupuk bawang ini. Dengan mengetahui bahan untuk membuat kerupuk bawang maka akan semakin mudah Anda dalam menjalankan usaha. Tentukan bahan baku dengan memiliki kualitas tepung dan bawang untuk bumbu halus. Selain bahan tersebut ada bahan lainnya yang akan membuat kerupuk bawang lebih nikmat berupa ketumbar, merica, seledri, dan sebagainya. Supaya bisa menghasilkan kerupuk bawang bervariasi maka kerupuk bawang bisa ditambahi dengan bumbu aneka rasa. Tentu produk kerupuk bawang dengan aneka rasa akan lebih diminati.

Perlengkapan
Menjalankan bisnis kerupuk bawang ini butuh persiapan matang untuk melancarkan usaha. Persiapan ini seperti perlengkapan produksi dan perlengkapan untuk promosi. Peralatan untuk membuat bisnis kerupuk bawang ini misalnya wajan, kompor dan gas, spatula, peniris minyak, pengaduk adonan kerupuk, cetakan kerupuk bawang, alat pengemas, baskom dan sebagainya.

Konsumen
Camilan yang renyah ini sangat disukai aneka golongan masyarakat dari anak – anak sampai orang tua. Kerupuk bawang bisa digunakan untuk camilan atau menu lauk saat makan. Kandungan gizi yang ada pada bawang juga membuat banyak kalangan memilih mengkonsumsi bawang. Sehingga membuat kerupuk bawang ini memiliki konsumen yang besar dari berbagai golongan. Sebagai pelaku usaha kerupuk bawang ini bisa menentukan target pasar dengan mudah.

Lokasi Bisnis
Saat memulai usaha kerupuk bawang ini butuh tempat usaha yang strategis supaya produk dikenal masyarakat. Tempat usaha yang sesuai untuk menjalankan bisnis ini yaitu di pinggiran jalan, dekat dengan pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Jika ingin produk kerupuk bawang dilirik maka tata dengan rapi kerupuk bawang dan kemas secara menarik.

Harga 
Produk kerupuk bawang ini bisa dibeli dengan harga murah, sesuai dengan kemasan yang diberikan. Rata – rata harga kerupuk bawang dipasaran ini mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 15.000 per kemasan sesuai dengan beratnya. Kerupuk bawang bisa dijual secara matang atau mentah sesuaikan dengan keinginan.

Kelebihan
Kerupuk bawang menjadi produk andalan dan selalu laris manis dipasaran karena banyak yang suka. Hal ini menjadi kelebihan dari berbisnis kerupuk bawang. Target pasar yang mudah didapatkan dan harga jual kerupuk bawang terjangkau sehingga siapa pun bisa membelinya. Bisnis kerupuk bawang ini juga tidak membutuhkan banyak cara untuk menjalankannya. Modal usaha yang dibutuhkan tidak besar sehingga bisa dijalankan oleh siapa pun.

Pemasaran 
Produk kerupuk bawang ini dalam pemasaran bisa dilakukan dengan menawarkan kerupuk bawang ke beberapa toko, supermarket, swalayan, atau tempat menjual oleh – oleh. Pastikan jika kemasan rapi, terdapat label dan sudah terdaftar di BPOM sehingga produk kerupuk bawang terpercaya. Anda bisa membuat brosur untuk memasarkannya atau menggunakan jasa promosi supaya produk cepat dikenal masyarakat.  Anda jugadapat memasarkan kerupuk bawang  yang anda jual melalui media sosial seperti  instagram, facebook,  twitter, dan  lain  sebagainya.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar