Rabu, 06 Maret 2019

Ciri – Ciri Dan Manfaat Kurma Lulu Bagi Kesehatan Tubuh

Ciri – Ciri Dan Manfaat Kurma Lulu Bagi Kesehatan Tubuh - CAMILAN NUSANTARA


Kurma Lulu merupakan salah satu jenis kurma yang paling populer di negara Iran. Kurma ini berasal dari Uni Emirat Arab. Dalam perkembangannya, Kurma jenis ini paling banyak dibudidayakan oleh rakyat Iran, sehingga saat ini menjadikan Kurma Lulu menjadi populer di negara tersebut.

Karakteristik buah ini dari segi rasa memang paling diminati oleh sebagian besar penikmat buah kurma, karena rasanya yang lezat, tidak terlalu manis di lidah, sehingga meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak pun tidak akan membuat anda “eneg” dengan rasa manis khas buah kurma yang biasa anda dapati. Untuk di Indonesia, kurma Lulu dengan mudah dapat anda temukan di gerai-gerai minimarket.

Kurma ini secara spesifik tumbuh dan dibudidayakan secara massif di wilayah Iran bagian selatan. Kurma ini dikenal juga dengan kurma mini, karena ukurannya yang relatif kecil. Kurma Lulu memiliki tampilan yang menarik meski sudah dikeringkan, tapi tetap menggugah selera penikmatnya.

Ciri fisik dari kurma Lulu tampilannya berukuran rata-rata lebih kecil, oval, bulat, dengan tekstur lembut. Karakteristik buah kurma ini juga memiliki serat daging buahnya melekat penuh didalamnya.

Manfaat kurma lulu
  1. Manfaat buah kurma sebagai penangkal racun. Dengan memakan 7 butir kurma setiap hari dapat melawan racun karena kurma memiliki kandungan vitokimia serta memiliki zat antioksidan.
  2. Manfaat buah kurma untuk sumber energi. Buah kurma memiliki kandunagn energy untuk tubuh sehingga buah ini sering dijadikan sebagai makanan berbuka puasa.
  3. Manfaat buah kurma untuk mencegah kanker usus besar. Kurma yang kaya serat dapat membantu selaput lendir
  4. usus dan mengikat bahan kimia sehingga mencegah kanker usus besar.
  5. Kurma dapat melancarkan buang air besar.
  6. Kandungan tannin pada kurma yang merupakan anti infeksi anti inflamasi dan anti hermaracik.
  7. Kandungan vitamin A pada buah kurma memiliki manfaat kesehatan mata , kesehatan kulit dan melinduungi dari
  8. kanker paru paru dan kanker mulut.
  9. Kurma merupakan sumber zat besi yang baik, zat besi merupakan komponen hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.
  10. Kalium yang terdapat dalam kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap jantung koroner dan stroek.
  11. Kalium yang terdapat dalam kurma sangat baik untuk kesehatan jantung, kandungan zat besi dan B Kompleks mikro nutrient untuk membentuk sel darah merah untuk mencegah anemia.
  12. Zinc meningkatkan hormone testosterone untuk meningkatkan kebugaran pria.

Manfaat kurma lulu untuk ibu hamil
  1. Kurma mengandung zat besi untuk mencegah anemia sehingga buah ini baik untuk ibu hamil.
  2. Kurma mengandung hormone oksitosin yang berguna untuk memperlancar persalinan dan asi.
  3. Kandungan Glukosa dan Fructosa dan karbohidrat yang ada dalam buah kurma akan menambah kekuatan dalam proses persalinan.
  4. Mengandung kalium yang bagus untuk mempertahankan kontraksi otot jantung.
  5. Mengandung serat fiber yang sangat bagus untuk memperlancar proses pembuangan.
  6. Kurma mengandung Nutrisi Kalium yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada janin.


Nilai kandungan gizi pada kurma sangat kompleks, kandungan gloukosa dan fluktosa yang akan memberikan energy pada tubuh. Selain zat gula kurma mengandung air, protein, serat dan sedikit sekali mengandung asam lemak jenuh, selin itu kurma juga mengandung vitamin yang bias di bilang kompleks, vitamin A, B1, B2, B6, C serta berbagai mineral dan asam organic sehingga teramat saying jika anda menghilangkan menu kurma dalam menu makanan anda.


Baca juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar