Cara Membuat Kerupuk Udang Yang Mudah Dan Sederhana

Cara Membuat Kerupuk Udang Yang Mudah Dan Sederhana - CAMILAN NUSANTARA


Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk memiliki berbagai jenis, bentuk, dan rasa. Kerupuk memiliki tekstur yang garing dan rasa yang renyah. Kerupuk dibuat dengan cara mengukus adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk hidangan serta sebagai jenis lomba makan utama pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satu kerupuk yang disukai oleh masyarakat adalah kerupuk udang.

Kerupuk udang adalah kerupuk yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Kerupuk udang berasal dari Sidoarjo. Biasanya udang yang digunakan adalah udang kecil yang ditumbuk sampai halus. Kerupuk udang ini dapat kita peroleh dengan mudah di pasar tradisional maupun swalayan. Selain membeli di pasar anda juga dapat membuat kerupuk udang sendiri loh! Berikut kami sajikan Cara membuat kerupuk udang.

Bahan yang diperlukan :
  • 2 kg tepung tapioka
  • 2 kg udang yang masih segar ukuran besar
  • 10 siung bawang putih ( haluskan )
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Udang :
  1. Pertama- tama kupas kulit udang dan buang kepalanya kemudian cuci dengan air sampai benar-benar bersih, lalu tiriskan.
  2. Blender udang yang sudah bersih lalu tuang kedalam wadah.
  3. Campurkan udang dengan tepung tapioka, bawang putih, garam halus dan penyedap rasa, aduk sampai tercampur rata. Saat menyampur udang dengan bahan-bahan lainnya, tuang air sedikit demi sedikit untuk membuat adonan tidak terlalu keras.
  4. Kemudian uleni dengan tangan sampai adonan kalis dan tidak lengket.
  5. Bungkus adonan kerupuk dengan daun pisang kemudian gulung memanjang.
  6. Setelah di bungkus kukus adonan selama 3 jam sampai adonan matang. Setelah matang angkat dan dinginkan.
  7. Setelah adonan kerupuk dingin, iris tipis adonan yang sudah dikukus, lalu dijemur bawah terik matahari hingga benar-benar kering
  8. Setelah kering, panaskan minyak lalu goreng kerupuk yang sudah kering sampai kerupuk berubah warna menjadi kekuningan. 
  9. Kerupuk udang siap disajikan.


Sajikan kerupuk udang renyah ini dan dipadukan dengan mie ayam atau nasi goreng juga jenis makanan lainnya sehingga membuat makanan yang dimakan dengan kerupuk udang menjadi lebih nikmat dan gurih. Anda bias menyimpan kerupuk udang kedalam toples kedap udara, supaya bias dinikmati sewaktu-waktu. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya