Senin, 11 Maret 2019

Cara Membuat Kerupuk Jambu Merah Enak Dan Renyah

Cara Membuat Kerupuk Jambu Merah Enak Dan Renyah - CAMILAN NUSANTARA


kerupuk adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung tapioka dicampuri bahan pelengkap rasa misalnya udang, ikan, bawang dan lain sebagainya. Setelah adonan kerupuk jadi, selanjutnya adonan tersebut dikukus sampai matang lalu di cetak atau dipotong tipis – tipis sesuai dengan keinginan pembuat kerupuk. Kemudian hasil dari cetakan atau potongan adonan tipis – tipis tersebut dikeringkan di bawah terik sinar matahari. Setelah dikeringkan krupuk siap untuk digoreng dengan minyak yang banyak.

Sebelum berbicara lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui perbedaan jenis makanan keripik dengan kerupuk. Secara Spesifik makanan jenis keripik diolah langsung dari bahan baku aslinya dengan mekanisme perajangan dan penggorengan. Sedangkan kerupuk diolah dari bahan baku dasar dilembutkan dan dicampur dengan tepung tapioka ataupun terigu, dimasak, dikeringkan dan terakhir digoreng. Secara proses pengolahan pada jenis produk kerupuk termasuk lebih panjang mekanisme pembuatannya daripada produk keripik.

Makanan dengan tektur yang renyah selalu disukai, kerupuk dengan tekstur ini mampu membuat lidah kerasan untuk mengunyahnya. Ada banyak orang yang mengatakan apabila makan tanpa kerupuk akan terasa kurang. Peminat makanan ringan kerupuk menjadi sangat meningkat sehingga dengan peningkatan ini membuat kerupuk memiliki beragam jenisnya.

Kita ketahui bahwa produk kerupuk mulai dari jaman dahulu didominasi dengan rasa asin gurih bawang ataupun memakai campuran jenis ikan ikanan seperti udang, kakap, tengiri dan lain lain. Jenis kerupuk buah kali ini dibuat dengan cita rasa manis, memang cukup menantang untuk mengeluarkan produk dimana stigma pada masyarakat sudah terbentuk bahwa rasa kerupuk sudah seharusnya asin. Namun diluar dugaan ternyata respon dari konsumen menunjukkan sinyal positif sehingga saat ini produk kerupuk buah mulai dikenal luas dipasar domestik. Salah satunya adalah kerupuk buah jambu.

Jambu merah atau jambu biji adalah tanaman asli tropis yang berasal dari Brasil dan saat ini tumbuh juga berkembang biak cukup baik di Indonesia. Di berbagai daerah di Indonesia bisa didapati pertanian jambu biji terutama daerah Jawa yang menjadi penghasil jambu cukup besar. Keripik Jambu Merah.

Jambu biji memiliki beberapa jenis varian diantaranya Jambu biji kristal taiwan, jambu tanjung barat, jambu biji getas merah, jambu australia, dan jambu bangkok. Dari katagori warna hanya ada dua jenis yaitu jambu biji warna putih dan jambu biji warna merah. Secara ilmiah dari kedua jambu biji warna putih dan merah lebih banyak ditemukan kandungan tinggi Likopen pada jambu biji warna merah, oleh karena itu lebih banyak penggemarnya pada jenis jambu biji warna merah. Pengolahan buah jambu biji menjadi jenis jenis olahan diantaranya dodol jambu, sirup jambu, selai jambu, minuman sari jambu, kerupuk jambu merah, sampai teh daun jambu biji dan lain sebagainya.

Cara membuat kerupuk jambu

Bahan-bahan yang harus disiapkan
  • Buah naga (secukupnya atau juga bisa sesuai selera)
  • 50 gr tepung beras
  • 100 ml air
  • 250 gr tepung tapioca
  • 1 sdm garam
  • 3 siung bawang putih haluskan

Cara pembuatan kerupuk jambu
  1. Siap untuk merah jambu dan dicuci dengan air. Kemudian potong kecil-kecil
  2. Setelah jambu yang sudah di potong dan haluskan menggunakan blender
  3. Kemudian mengatur wadah untuk membuat kerupuk adonan
  4. Masukkan semua bahan ke dalam wadah kerupuk yang telah di siap tepat
  5. Masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diuleni dengan tangan sampai adonan menjadi halus
  6. Setelah itu, gulung adonan memanjang dan kemudian bungkus dengan daun pisang melalui dalam uap selama 3 jam, diamkan sampai hangat atau dingin
  7. Potong adonan yang telah dikukus dan kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering
  8. Panaskan minyak dan goreng kerupuk sampai pecah-pecah dan matang, angkat tiriskan
  9. Kerupuk jambu merah untuk disajikan

Baca Juga :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar