Kamis, 07 Maret 2019

Cara Membuat Keripik Kentang Rasa Barbeque

Cara Membuat Keripik Kentang Rasa Barbeque - CAMILAN NUSANTARA


Kentang mempunyai nama ilmiah Solanum tuberosum L. merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan pada bagian umbi batangnya. Kentang adalah salah satu jenis bahan baku untuk membuat berbagai macam jenis makanan dan juga menjadi bahan pangan utama untuk yang sedang menjalankan diet. 

Umumnya kentang memiliki bentuk bulat, memiliki kulit berwarna coklat, dan di dalamnya memiliki daging yang berwarna kuning. Bila dipotong, kentang akan mengeluarkan sedikit air. Jenis kentang yang sering digunakan untuk membuat sop dan somay adalah kentang biasa yang memiliki ukuran bulat. Sedangkan untuk kentang yang direbus atau untuk membuat kentang tumbuk sebaiknya menggunakan kentang jenis granola karena kentang ini lebih empuk dari jenis lainnya. Jika untuk kesehatan kentang merah yang memiliki warna merah sangat baik untuk kesehatan tubuh. Umbi kentang sering dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat beragam olahan makanan, baik itu dijadikan lauk contohnya sayur sop atau dijadikan sebagai camilan. salah satu makanan olahan umbi kentang yang paling populer adalah keripik kentang.

Kiripik kentang merupakan salah satu makanan ringan yang sangat cocok untuk disantap sebagai cemilan ketika santai, nonton TV, kumpul bersama keluarga, sajian untuk tamu, dan aktivitas lainnya. Keripik kentang memang sudah dipasarkan dengan berbagai varian rasa dan merek dagang karena hampir semua orang sangat suka mengkonsumsi keripik yang satu ini.

Selain membeli keripik kentang dipaasaran, anda juga bisa coba membuat keripik kentang sendiri loh!.. berikut kami sajikan Cara membuat keripik kentang yang dapat anda coba di rumah.

Bahan – Bahan :
  • Kentang tua
  • Kapur sirih
  • Air secukupnya untuk bahan rendaman kentang
  • 1 ½ sendok teh garam
  • 1 ½ sendok teh bawang putih bubuk
  • Merica halus 
  • Gula secukupnya
  • 1 ½ sendok teh paprika bubuk.
  • Bumbu tabur barbeque (bisa sesuai selera)


Cara Membuat:
  1. Langkah pertama kupas kentang lalu cuci sampai benar-benar bersih. 
  2. Siapkan wadah lalu larutkan kapur sirih bersama dengan air dingin. Rendam kentang supaya kandungan gula dalam kentang dapat mengurang. 
  3. Kemudian angkat kentang dan tiriskan di atas kertas handuk sampai benar-benar kering. Berikan bumbu dasar dengan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya.
  4. Cara membuat bumbu dasar keripik kentang. Campurkan garam halus, bawang putih bubuk, merica halus, gula secukupnya, dan paprika bubuk dalam satu wadah. Lalu aduk sampai benar-benar rata. 
  5. Campurkan kentang dengan bumbu yang sudah di buat.
  6. Setelah itu, panaskan minyak dengan menggunakan nyala api kecil. Upayakan mengunakan minyak yang banyak agar proses penggorengan kentang dapat berjalan dengan sempurna. 
  7. Kemudian goreng kentang. Aduk satu kali saja dan tunggu hingga kentang berwarna kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan. 
  8. Terakhir, taburi keripik yang sudah digoreng tadi dengan bumbu tabor barbeque (sesuai dengan selera Anda) lalu aduk-aduk hingga merata.
  9. Keripik kentang siap dihidangkan.


TIPS :

*Siapkan kentang kualitas bagus karena akan mempengaruhi kualitas rasa dari keripik yang akan Anda buat. Pilihlah kentang yang besar-besar, berumur tua, dan berkulit halus tanpa adanya bintik-bintik hitam.

*Supaya kupasan keripik tipis dan merata, sebaiknya gunakan parutan khusus keripik kentang karena alat tersebut dapat menghasilkan irisan dengan ketebalan yang super tipis sampai dengan 1/8 inci.
*Goreng keripik secara bertahap agar matang merata. Terakhir, tiriskan keripik dan pisahkan minyaknya dengan menggunakan kertas tisu sehingga minyak dapat meresap pada tisu.

*Setelah siap, Anda dapat langsung menyajikan keripik kentang tersebut untuk dikonsumsi. Anda juga dapat menyimpannya di dalam toples atau bungkus plastik jika ingin dimakan di lain waktu. Pastikan tempat penyimpanannya kedap udara agar keripiknya tidak menjadi lembek/ayem.


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar