Cara Membuat Camilan Stik Tahu Renyah dan Gurih

Cara Membuat Camilan Stik Tahu Renyah dan Gurih - CAMILAN NUSANTARA


Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk tubuh karena memiliki gizi dan sumber mineral yang baik.Bahan makanan yang di buat dengan menggunakan perasan kacang kedelai yang di endapkan ini dapat di buat menjadi beberapa olahan sajian makanan.Selain dapat di gunakan untuk lauk dan sayur, tahu juga dapat di olah menjadi camilan yang super nikmat yaitu stik tahu.

Stik tahu merupakan salah satu makanan olahan yang berbahan dasar tahu. Stik tahu secara umum berbentuk balok atau persegi panjang, menyerupai stik kentang yang sering kita jumpai di restoran-restoran cepat saji. Stik tahu mempunyai rasa menyerupai citarasa tahu akan tetapi dengan tekstur yang lebih garing dan renyah. Jika dibandingkan dengan keripik, stik tahu ini lebih lembut, tapi tetap ‘crispy’ bila dikunyah

Bahan – bahan yang perlu disiapkan :
  • 50 gram tahu, dihaluskan
  • 200 gram tepung terigu
  • 20 gram tepung maizena
  • 1 kuning telur
  • 4 sendok makan air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh paprika bubuk
  • 3 butir bawang merah, dihaluskan
  • 3/4 sendok teh kaldu bubuk
  • 15 gram margarin, dilelehkan
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Camilan Stik Tahu Renyah dan Gurih :
  1. Pertama – tama siapkan wadah. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung tapioca dan telur. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan tahu yang sudah dihaluskan, kemdian aduk kembali sampai rata.
  2. Haluskan bumbu-bumbu diatas, bawang putih, bawang merah, paprika bubuk. Lalu masukkan ke dalam adonan tepung dan campur hingga rata. Lalu tambahkan air sehingga adonan tidak terlalu keras.
  3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan dan masukkan dalam gilingan mi ukuran paling besar (nomor 1) beberapa kali sampai licin. Masukkan lagi ke gilingan mie nomor 2. Lakukan beberapa kali sampai adonan licin. Lakukan hal yang sama sampai nomor 5. 
  4. Pasang cetakan mi lebar.
  5. Masukkan adonan ke gilingan dan diling hingga menghasilkan bentuk mi lebar. Lalu Potong-potong adonan menjadi lebih pendek.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang. Setelah panas goreng adonan stik tahu sampai matang dan kering.
  7. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Stik tahu siap dinikmati.

TIPS:
* Jika anda tidak memiliki penggiling mie, anda bisa membentuk adonan stik tahu dengan mengambil sedikit adonan, kemudian bentuk menjadi kotak - kotak panjang.
* Setelah stik tahu matang, angin-anginkan / Biarkan stik tahu sampai tidak panas lagi. Lalu masukkan stik tahu kedalam toples kedap udara supaya bisa dinikmati sewaktu-waktu. 


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya