Kamis, 14 Maret 2019

Besarnya Peluang Bisnis Keripik Melon

Besarnya Peluang Bisnis Keripik Melon - CAMILAN NUSANTARA


Buah melon adalah jenis buah segar dengan kandungan airnya yang lumayan banyak sehingga jenis buah ini lebih cocok untuk dijadikan campuran es buah, salad atau diolah menjadi pudding. Kandungan gizi dan Nutrisi pada buah melon seperti Vitamin A, Vitamin C, Kalium dan Likopen memiliki banyak manfaat bagi tubuh dalam penanggulangan munculnya penyakit berat seperti kanker, diabetes dan stroke.

Keripik melon adalah keripik hasil olahan buah melon yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa. Jika menggunakan cara penggorengan biasa yakni dengan menggunakan kuali/wajan buah melon tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih. Dengan menggunakan mesin penggoreng hampa buah melon digoreng dengan suhu yang lebih rendah sekitar 80°-85 °C sehingga tidak merusak buah melon tersebut. Selain itu aroma dan warnanya tidak berubah banyak dan awet disimpan dalam jangka waktu lama walaupun tanpa menggunakan bahan pengawet tambahan.

Walaupun variasi dalam pengolahan kuliner dengan memanfaatkan buah melon masih minim, tapi pengolahan buah melon menjadi keripik buah ini ternyata disukai oleh masyarakat, Mengetahui kandungan buah melon yang yang baik bagi kesehatan tubuh.

Keripik melon memang sangat banyak diminati masyarakat baik mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Keripik melon memiliki tekstur yang garing dan renyah. Rasa keripik melon memang sangat manis dan enak sehingga tak heran jika keripik melon cukup laris dipasaran. Keripik melon ini sudah banyak dijual di berbagai pusat oleh-oleh, supermarket dan minimarket. Harga jual keripik melon memang sedikit agak mahal. Walaupun demikian namun tak membuat peminat keripik melon menurun. Bahkan disetiap waktunya akan terus meningkat. Permintaan keripik melon yang makin tinggi hingga membuat peluang usaha keripik melon patut diperhitungkan. Peuntungan dari usaha keripik melon pun juga sangat tidak sedikit sehingga peluang usaha ini sangat menarik tuk dicoba. Dimana dalam mengolah keripik melon yang sangat simpel dan sederhana dibantu dengan peralatan yang modern. Bila Anda berminat menjalankan usaha keripik melon, simak ulasan berikut ini. 

Konsumen 

Dalam mendapatkan konsumen usaha keripik melon pun sangatlah mudah. Keripik melon memiliki cita rasa yang gurih dan enak sehingga cukup menarik. Olahan keripik melon bisa dikonsumsi siapapun karena memiliki pangsa pasar yang luas. Baik mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan baku 

Bahan yang harus dipersiapkan untuk memproduksi keripik melon ialah buah semangka. Semangka yang digunakan untuk membuat keripik ini perlu dilakukan dengan benar. Usahakan untuk selalu memilih buah melon yang masih fresh sehingga nanti bisa menghasilkan keripik melon yang berkualitas. Bahan baku ini bisa ditemukan di penjual buah semangka di petani langsung maupun di pasar tradisional.

Peralatan 

Disaat ingin menjalankan usaha keripik melon tentu perlu mempersiapkan berbagai peralatan untuk mendukung kelancarannya. Usaha keripik melon ini membutuhkan berbagai peralatan yakni wadah,pisua, mesin vacuum frying, kompor dan tabung gas, toples dan berbagai peralatan yang lain. Dengan dukungan beberapa peralatan diatas tentu bisa memproduksi keripik melon dengan lancar hingga lebih menguntungkan.

Harga jual 

Penentuan harga jual keripik melon ini memang cukup penting diperhatikan. Pematokan harga jual keripik melon bisa disesuaikan dengan harga dipasaran. Jangan mematok harga jual terlalu mahal sehingga bisa dengan mudah mendapatkan konsumen. Rata-rata keripik melon dijual dengan harga Rp. 15.000 per kemasan.

Lokasi usaha 

Untuk menjalankan usaha keripik melon bisa dilakukan dengan berbagai cara. Agar usaha keripik melon ini berjalan dengan lancar maka perlu menentukan lokasi tempat berjualan yang tepat. Pemilihan lokasi yang tepat bisa mendukung kelancaran dalam usaha Anda. Jadi, usahakan memilih lokasi yang sering berada di tempat yang ramai. Anda bisa memasarkan keripik melon di berbagai tempat seperti dekat pusat perbelanjaan, dekat tempat rekreasi, dan di berbagai tempat-tempat strategis yang lain. Produk keripik melon ini juga bisa dipasarkan dengan menitipkannya pada penjualan oleh-oleh, supermarket atau di tempat penjual yang lain.

Strategi pemasaran 

Supaya camilan keripik melon yang Anda jual ini bisa dengan mudah dilirik konsumen maka buatlah kemasan yang menarik. Jika perlu berikan label sehingga produk keripik melon mudah dikenal masyarakat. Perhatikan juga kualitas dan cita rasa keripik melon yang dihasilkan. Dengan memperhatikan kualitas rasa keripik dengan maksimal tentu akan lebih mudah mendapatkan calon konsumen dan membuat produk keripik melon cepat terjual. Keripik melon ini bisa dipromosikan melalui jejaring sosial media seperti line, facebook, bbm dan lainnya.

Proses pembuatan 
  • Bahan untuk membuat Keripik Melon
  • 1 kg buah melon, pilih yang masih mengkal
  • 2 liter minyak goreng
  • 75 gr garam
  • 150 gr gula pasir
  • 0,75 gr natrium metabisulfit
  • 100 gr gamping / kapur sirih
  • 1,5 liter air bersih
  • 7,5 gr asam sitrat

Cara Membuat Keripik Buah Melon Yang Enak:
  1. Pertama-tama Kupas kulit melon, kemudian buat buah melon menjadi potongan kecil sesuai keinginan.
  2. Kemudian rendam buah melon ke dalam larutan air kapur sirih/gamping selama kurang lebih 5 jam. Lalu angkat buah melon dari dalam air kapur sirih/gamping. Lalu cuci hingga bersih.
  3. Tiriskan buah melon tersebut hingga semua kadar air hilang.
  4. Kemudian goreng buah melon dengan  mesin vacuum frying sampai matang dan juga kering.
  5. Minyak goreng dapat dipanaskan dengan suhu 80 – 90 derajat Celcius, suhu tidak boleh terlalu panas agar keripik melon tidak gosong.
  6. Tiriskan dari minyak dan tunggu hingga benar – benar telah dingin.
  7. Selanjutnya simpan  buah melon ke dalam wadah yang kedap udara atau kantong plastik.
  8. Keripik melon siap dinikmati dan dipasarkan.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar