Rabu, 06 Februari 2019

TUTORIAL MEMBUAT KUE NASTAR KEJU

Tutorial Membuat Kue Nastar Keju - CAMILAN NUSANTARA


Salah satu kue kering yang kerap ditemukan saat Hari Raya Lebaran ialah kue nastar. Nastar termasuk jenis kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur serta mentega dengan isian selai nanas. Nastar berasal dari Bahasa Belanda, yaitu ananas dan taart. Bentuknya bulat-bulat kecil berdiameter sekitar 2 cm. Bagian atasnya kerap dihiasi kismis ataupun cengkeh. Nastar kini tak sekedar dibuat menggunakan selai nanas namun juga ragam selai buah lain, misalnya blueberry, strawberry, coklat, manga, dan lainnya. Banyak orang mengkreasikan resep kue nastar sesuai selera masing-masing, sehingga lahirlah ragam variasi barunya.

Nastar memang kerap dihidangkan pada perayaan hari besar keagamaan, misalnya Hari Natal, Idul Fitri hingga Tahun Baru Imlek. Padahal, sebenarnya tidak ada sejarah atau alasan khusus mengapa kue ini sering ditemukan pada hari-hari besar keagamaan. Mungkin, kemudahan pembuatan serta resep nastar yang bisa dipraktekkan siapa saja membuatnya populer di semua kalangan. Nastar juga banyak dijual dalam kemasan toples plastik baik di toko kue, toko roti, maupun pasar swalayan. Banyak juga orang yang membuat kue ini berdasarkan pesanan atau menjualnya dari rumah ke rumah menjelang hari raya. Kue ini banyak digemari masyarakat sehingga sangat mudah menemukannya di pasaran.

Sejarah kue nastar sendiri tidak lepas dari Bahasa Belanda. Nama kue berasal dari kata ananas yang artinya nanas serta taart yang artinya kue tart. Kue ini sangat digemari orang Belanda, terutama kue pie atau tart yang diisi apel serta blueberry. Namun, karena di Indonesia kala itu cukup sulit menemukan buah apel serta blueberry, akhirnya resep membuat kue nastar dikreasikan dengan buah nanas. Hasilnya justru lebih familiar dengan lidah orang Indonesia dan terbukti tetap populer hingga kini. Nastar memiliki bentuk lebih kecil jika dibandingkan kue pie atau tart dari Eropa. Pembuat kue ini pertama kali masih belum bisa dipastikan siapa orangnya. Yang jelas, popularitas kue nastar makin meningkat di kalangan orang-orang Indonesia.

Walau resep bikin kue nastar sering digolongkan sebagai kue kering, namun menurut pakar pastry kenamaan Indonesia, Yongki Gamawan, nastar bukanlah kue kering. Menurutnya, nastar adalah kue nanas. Masyarakat Indonesia seringkali salah kaprah menyebutnya sebagai kue kering padahal sebenarnya bukan. Nastar tergolong sebagai cake karena memiliki tekstur lembut serta lembab, bukannya garing sebagaimana kastangel, lidah kucing atau sagu keju yang memang merupakan kue kering. Saat dimakan, tekstur nastar haruslah basah dan sedikit melempem atau istilahnya chewy. 

Tekstur yang sempurna ini bisa didapat dari cara pengocokan yang tepat. Mengocok adonan nastar harus ditunggu sampai mentega dan gula sudah naik, barulah masukkan setengah dari jumlah terigu.
Teknik pengocokan yang benar ini dilakukan hingga adonan menggumpal. Kemudian matikan mixer dan masukkan setengah sisa terigu. Aduk menggunakan garpu agar adonan chewy dan didapat tekstur kue nastar seperti yang seharusnya. Belum banyak yang tahu tips dan trik memasak resep kue nastar ini sehingga seringkali teksturnya justru garing dan renyah, jauh dari kata chewy. Tidak heran kalau banyak masyarakat Indonesia menggolongkannya sebagai kue kering, padahal nastar adalah kue nanas. Ada banyak variasi kue nastar yang bisa kita coba sendiri  di rumah. Mulai dari kue nastar keju, kue nastar nanas hingga kue nastar keranjang. Berikut adalah beberapa resepnya.

Resep Nastar Keju

Langkah -langkah membuat kue nastar dengan mudah yang dapat anda praktekkan di rumah. Berikut penjelasannya :

Bahan-bahan yang harus persiapkan
1. Margarin sebanyak 250 gram
2. Kuning telur mentah sebanyak 3 butir
3. Kuning telur rebus sebanyak 2 butir
4. Tepung terigu sebanyak 600 gram
5. Gula halus sebanyak 100 gram
6. Tepung maizena sebanyak 100 gram
7. Susu bubuk sebanyak 50 gram
8. Keju kraft sebanyak 100 gram
9. Selai nanas sebagai isian
10. Kuning telur sebagai olesan

Langkah – langkah membuat kue nastar
1. Sangrai tepung terigu terlebih dahulu. Setelah dingin, timbang agar beratnya pas sesuai takaran di atas. Campurkan dengan tepung maizena serta susu bubuk
2. Hancurkan kuning telur yang sudah disediakan menggunakan garpu. Campurkan bersama gula dan margarin. Kocok menggunakan mixer sampai semuanya merata
3. Tambahkan bahan kering ke dalam kocokan telur. Aduk kembali dan masukkan keju Kraft. Sisakan sedikit keju sebagai topping kue nantinya.
4. Setelah adonan kalis, bentuk menjadi bulat sesuai selera. Isikan selai nanas di dalamnya.
5. Nyalakan oven dan atur api kecil. Setelah adonan cukup padat, angkat.
6. Olesi bagian atasnya denga kuning telur. Taburkan sisa parutan keju dan oven kembali sampai matang.
7. Setelah matang, angkat dan sajikan. Resep kue nastar ini sangat sederhana serta mudah dicoba.

Selamat mencoba membuat kue nastar kreasi anda sendiri di rumah. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar