SERIBU SATU MANFAAT TERIPANG UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Seribu Satu Manfaat Teripang untuk Kesehatan dan Kecantikan - CAMILAN NUSANTARA


Teripang atau yang dikenal dengan istilah timun laut merupakan sebuah nama yang diberikan untuk hewan invertebrata Holothuroidea. Teripang ini bisa dimakan dan tersebar secara luas di laut seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di samudra hindia dan samudra pasifik barat.

Teripang disebut juga dengan gamat atau menjadi makanan olahan yang bernama bêche-de-mer yang banyak dikonsumsi di Tiongkok dan Jepang. Sejak jaman dulu teripang sudah banyak digunakan untuk membantu memelihara kesehatan dan kecantikan.

Di Indonesia, makanan ringan dari daging teripang banyak dinikmati dalam bentuk keripik. Siapa yang menyangka, makanan olahan dari hewan laut ini ternyata mengandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan

Berikut beberapa khasiat teripang bagi kesehatan tubuh :

1. Manfaat Teripang dalam Mengobati Penyakit

Setelah diteliti, teripang ternyata mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan vitamin B3 (niacin). Selain itu, masih ada berbagai mineral, seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalsium. Kandungan ini memungkinkan teripang menjadi sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan.
Selain dikembangbiakkan untuk dijual sebagai bahan dasar konsumsi manusia, teripang telah lama menjadi bahan obat-obatan tradisional di Asia. Manfaat untuk kesehatan ini ternyata didukung oleh beberapa penelitian medis yang menyatakan bahwa teripang memang efektif untuk menangani kelompok penyakit artritis dan kanker.
Selama ini teripang digunakan untuk penanganan penyakit hipertensi, rematik, tukak lambung, dan memelihara kesehatan saluran pencernaan. Secara modern, tubuh teripang diolah dan dikemas menjadi tablet di Asia dan Amerika, sebagai nutrisi untuk membantu menangani gangguan psikologis. Di Malaysia, esktrak kulit teripang digunakan untuk menangani asma, luka, dan hipertensi. Bahkan hewan ini juga dikenal dapat meningkatkan performa seksual. Namun manfaat-manfaat tersebut sejauh ini belum didukung oleh data yang konsisten dan secara umum masih perlu diteliti lebih dalam.

2. Menunjang berbagai reaksi biologis

Pada dinding tubuh teripang terdapat berbagai protein, yaitu glisin, alanin, asam glutamat, dan arginin. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tingginya kadar dan kualitas protein teripang ini diduga dapat membantu mengurangi  trigliserida dan kolesterol dalam darah. Jenis-jenis protein ini juga berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Lebih jauh, sekitar 70 persen protein pada dinding teripang ini terdiri dari kolagen yang merupakan bagian penting dari jaringan ikat. Kolagen tersebut dapat diproduksi menjadi gelatin yang berperan sebagai bahan bioaktif.
Teripang juga mengandung asam lemak yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, terdapat pula zat-zat lain, seperti glikosida triterpenoid, berbagai enzim, amilosa, asam lemak, dan sitotoksin. Zat-zat tersebut diduga juga berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi jaringan saraf, dan mengurangi rasa sakit. Beberapa penelitian menyatakan bahwa ekstrak teripang memiliki sifat antivirus yang dapat melawan virus HIV dan herpes simpleks.

3. Sebagai antitumor

Teripang mengandung berbagai komponen yang ditengarai dapat melawan tumor dan kanker, misalnya desholothurin A, holothurinoside A, B, C, dan D. Bahan aktif antitumor ini bekerja pada proses petumbuhan sel kanker pada berbagai tahap perkembangan dan juga pada proses metastasis.

4. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Teripang memiliki zat aktif yang bersifat antikoagulan, atau dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Zat ini disebut fucosylated chondroitin sulfate (FCS). Teripang juga memiliki dampak baik untuk memelihara kesehatan pembuluh darah jantung dan dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan jantung karena efek antiradang yang dimilikinya.

5. Sebagai antimikroba

Ekstrak teripang terbukti bermanfaat sebagai agen antibakteri dan antijamur dalam beberapa penelitian.

6. Membantu terapi osteoartritis

Bahan kimia tertentu pada teripang, disebut kondroitin, glukosamin, dan mukopolisakarida yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan prostaglandin sehingga dapat membantu menangani gangguan artritis.

7. Menyembuhkan luka

Teripang dalam bentuk obat dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan, baik luka pada permukaan kulit maupun kerusakan di dalam tubuh, misalnya luka pada usus. Selain dalam bentuk tablet, teripang dapat dioleskan langsung untuk membantu membentuk jaringan baru yang rusak karena luka.

Berikut beberapa khasiat teripang untuk kecantikan :


  • Dapat membantu meregenerasi sel yang rusak
  • Dapat membantu mengaktifkan sel yang rusak
  • Dapat membantu menjaga elastisitas kulit
  • Dapat membuat kulit tampak lebih muda
  • Dapat membantu mengatasi penyakit pada kulit
  • Dapat membantu melindungi kulit supaya tetap lentur
  • Dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit
  • Dapat membantu mencegah kulit dari berbagai jenis penyakit


Begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengonsumsi teripang ini. namun perlu diingat, tidak semua jenis teripang memiliki kandungan gizi yang sama, bahkan ada beberapa jenis teripang yang tergolong beracun. untuk itu tetaplah berhati-hati ketika mengolah teripang yang akan dijadikan sebagai olahan makanan atau obat-obatan agar tidak mengakibatkan beberapa efeksamping. terimakasih semoga bermanfaat.


Baca Juga :

1. Daftar harga aneka snack UD Camilan Nusantara
2. Grosir Keripik Ceker Surabaya
3. Jual keripik usus crispy
4. Distributor Onde-onde senyum
5. Agen Pangsit abon Surabaya

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya