Resep Membuat Kacang Kulit Sangrai Yang Gurih

Resep Membuat Kacang Kulit Sangrai Yang Gurih - CAMILAN NUSANTARA


Kacang tanah adalah biji dari buah polong-polongan yang tumbuh di dalam tanah. Polong atau kulit kacang tanah berwarna kecoklatan dan memiliki corak garis-garis kasar, kulit ini biasa digunakan untuk makanan ternak. Sedangkan isinya, yakni kacang tanah berbentuk kecil seperti kerikil, bulat-bulat, keras dan memiliki kulit tipis di luar daging buahnya. Rasa dari kacang tanah agak sedikit manis namun masih keras ketika mentah atau belum diolah.

Kacang tanah terkenal memiliki banyak protein nabati, zat besi, vitamin B kompleks, kalsium, vitamin E, vitamin A dan vitamin K. Selain rasanya yang enak, kacang tanah juga digemari karena fungsinya bagi kesehatan tubuh, diantaranya mencegah penyakit jantung, mencegah tuberkulosis dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebagai salah satu bahan masakan, kacang tanah bisa dikonsumsi langsung secara mentah, digoreng, diolah menjadi selai, direbus bersama kulit polongnya, ditumbuk bersama air dan cabai untuk dijadikan saos kacang atau disangrai menjadi minyak kacang tanah. Oleh karena itu banyak pengusaha produk makanan yang menggunakan kacang tanah untuk bahan dasar pembuatan aneka camilan. Kacang sangat cocok apabila di jadikan camilan di saat santai ataupun saat kumpul bersama keluarga dan teman, saat menonton TV, atau sebagai suguhan untuk tamu saat lebaran.

Tidak heran lagi, penjualan aneka kacang seperti kacang kulit sangrai sangat laris dan paling di cari di pasaran. Cara mendapatkan camilan kacang kulit pun sangat mudah karena dijual di warung terdekat rumah, mini market, bahkan dari internet sekalipun. Tapi jika anda ingin membuat camilan kacang kulit sangrai sendiri untuk dijual kembali  atau untuk camilan keluarga, anda bisa mecoba resep Membuat Kacang Kulit Sangarai Yang Gurih dibawah ini.

Bahan yang harus disiapkan :
- 5 kg kacang tanah
- 1 kg garam dapur
- Air bersih secukupnya

Cara Membuat Kacang Kulit Sangrai :
1. Pilihlah kacang tanah dengan kualitas terbaik. Lalu cuci kacang tanah sampai benar-benar bersih.
2. Siapkan panci besar untuk merebus kacang tanah, pastikan kacang tanah terendam air semua. Kemudian tambahkan garam lalu rebus hingga masak.
3. Jika sudah matang, tiriskan kacang dari air rebusan tadi hingga benar-benar kering, setelah itu jemur kacang di bawah terik matahari hingga kering.
4. Langkah selanjutnya, sangrai kacang kulit hingga kacang mengeluarkan bunyi tik - tik.
5. Tunggu hingga kacang dingin lalu anda bisa membungkusnya untuk berjualan atau masukkan dalam toples agar tetap renyah.
6. Kacang Kulit Sangrai siap dinikmati.

Bagaimana? Tidak sulit kan? Anda dapat membuat kacang kulit sangrai dengan resep diatas. Selain cocok dijadikan camilan, kacang kulit sangrai ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh selama mengosumsinya tidak berlebihan loh! Selamat mencoba...


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya