Rabu, 20 Februari 2019

Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Samiler Dengan Mudah

Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Samiler Dengan Mudah - CAMILAN NUSANTARA


Kerupuk Samiler merupakan salah satu jenis kerupuk berbahan dasar singkong yang di parut dan diberi aneka bumbu agar menambah cita rasa kerupuk samiler tetap lezat.. Kerupuk ini keberadaannya sudah ada sejak dahulu kala namun rasanya yang enak dan gurih membuat kerupuk ini masih diminati dan disukai banyak masyarakat Indonesia. Meskipun Kerupuk Samiler terbilang kerupuk jadul, namun Kerupuk Samiler ini masih banyak dijual dimana-mana sehingga untuk menemukannya tidaklah sulit. Mulai di berbagai penjual kerupuk di toko bahkan di pasar traidisional masih banyak yang menjual kerupuk ini.

Kerupuk Samiler dibuat tanpa bahan pengawet. Namun walaupun tanpa bahan pengawet, Kerupuk Samiler bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, kerupuk Samiler juga memiliki begaram varian rasa seperti, original, pedas, dll. Kerupuk samiler memang nikmat jika di santap sebagai camilan ataupun sebagai teman makan.

Jika anda ingin membuat kerupuk samiler sendiri dirumah, anda bisa mengikuti resep dan cara membuat kerupuk samiler berikut ini.

Bahan-bahan membuat kerupuk samiler :
- 1kg Singkong yang sudah di parut 
- 5 Siung Bawang putih
- 2 Sdm Garam
- 2 Sdm Ketumbar bubuk 
- 1 bungkus Penyedap rasa 
- ½ Kg Tepung kanji 
- Daun bawang secukupnya (sudah di iris)
- Air secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Samiler :
1. Haluskan bumbu seperti bawang putih dan campurkan dengan semua bahan lalu aduk hingga merata.
2. Bentuk adonan kerupuk menggunakan piring atau talenan sampai benar-benar pipih dan tipis. Lakukan hingga adonan habis.
3. Siapkan dandang dan panaskan airnya lalu kukus adonan kerupuk hingga berubah warna jadi kecoklatan kemudian angkat adonan.
4. Setelah itu jemur adonan di bawah terik matahari sampai benar-benar kering.
5. Jika sudah kering, kerupuk bisa di goreng di api yang panas dengan api kecil. Goreng kerupuk sampai matang dengan warna kuning keemasan.
6. Angkat dan tiriskan kerupuk tunggu hingga dingin. Simpan dalam toples agar kerupuk samiler tetap renyah. 
7. Kerupuk samiler siap untuk di hidangkan.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar