Jumat, 08 Februari 2019

RATUSAN NUTRISI DI DALAM BUNGA MATAHARI

Ratusan Nutrisi di dalam Bunga Matahari - CAMILAN NUSANTARA


Anda tentunya tahu satu nama makanan ringan yang sering dijadikan cemilan nikmat teutama saat kumpul keluarga atau bersama teman. Makan ringan ini merupakan biji berwarna hitam dengan garis putih yang didalamnya tersimpan biji berbentuk lonjong dengan ujung yang melancip seperti kerucut. Biji dari bunga matahari ini biasa di sebut Kuaci. Memang sulit berhenti jika sudah ngemil makanan yang satu ini. 

Biji bunga matahari tersimpan aman dibalik cangakang atau kulitnya. Ukuran besar kecilnya biji yang bersembunyi didalam kulit nya itu tidak ada yang mengetahui. Biji bunga matahari menyimpan hasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan. 

Bunga matahari adalah tanaman herbal tahunan yang termasuk juga dalam keluarga Asteraceae dari genus Helianthus. Nama botaninya yaitu Helianthus annuus. Tanaman ini merupakan tanaman asli Amerika Tengah dan sekarang sangat banyak negara sebagai produsen dari tanaman ini seperti negara Rusia, Cina, Amerika Serikat, serta Argentina. Biji bunga matahari mempunyai panjang sekitaran 6 mm hingga 10 mm serta mempunyai bentuk kerucut dengan permukaan halus. Warna sisi luarnya hitam mantel dengan biji tunggal yang berwarna abu-abu putih. Dalam satu kepala bunga matahari terdapat ratusan biji kuaci yang memiliki kandungan minyak nabati.

Berikut ulasan mengenai  kandungan nutrisi yang ada di dalam biji bunga matahari sehingga membuatnya begitu berhasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Nutrisi Biji Bunga Matahari (KUACI per sajian 100 g.

Berikut ulasan mengenai  kandungan nutrisi yang ada di dalam biji bunga matahari sehingga membuatnya begitu berhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Principle Nutrient Value Percentage of  RDA

Energi 584 Kcal 29%
Karbohidrat 20 g 15%
Protein 20. 78 g 37%
Lemak 51. 46 g 172%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 8. 6 g 23%
Vitamins
Folates 227 µg 57%
Niacin 8. 335 mg 52%
Pantothenic acid 1. 130 mg 22%
Pyridoxine 1. 345 mg 103%
Riboflavin 0. 355 mg 27%
Thiamin 1. 480 mg 123%
Vitamin A 50 IU 1. 6%
Vitamin C 1. 4 2%
Vitamin E 35. 17 mg 234%
Electrolytes
Sodium 9 mg 1%
Potassium 645 mg 14%
Minerals
Kalsium 78 mg 8%
Tembaga 1. 800 mg 200%
Zat Besi 5. 25 mg 63%
Magnesium 325 mg 81%
Manganese 1. 950 mg 85%
Phosphorus 660 mg 94%
Selenium 53 µg 96%
Zinc 5. 00 mg 45%
Phyto-nutrients
Carotene-ß 30 µg —
Crypto-xanthin-ß 0 µg —
Lutein-zeaxanthin 0 µg —

Itulah kandungan yang ada didalam biji bunga matahari (kuaci). Meskipun kandungan kimia kuaci bertindak besar untuk kesehatan, jumlah konsumsinya yang masihlah rendah serta tak rutin mengakibatkan sumbangan gizinya tak bermakna.

Sekarang ini biji bunga matahari (kuaci) lebih banyak dijadikan sunbutter. Sunbutter adalah mentega dari biji bunga matahari yang bisa dipakai untuk memasak serta membuat salad. Pembuatan product dari biji bunga itu sudah dikerjakan di Cina, Rusia, Eropa, serta Amerika Serikat. Bahkan sekarang ini biji bunga matahari banyak pula di proses menjadi minyak. Keunggulan minyak biji bunga matahari dibanding dengan minyak zaitun yaitu minyak biji bunga matahari mempunyai asam oleat (omega-9) yang lebih tinggi.

Kandungan Nutrisi Pada Bunga Matahari

Bunganya memiliki kandungan helianhoside A-B-C, quercimeritrin, asam echinocysat, serta asam oleanolat. Lalu, didalam bijinya juga masih terkandung prostagladi E, beta sitosterol, asam quinat, asam chlorogenic, serta 3-4 benzopyrine.

Semuanya bagian bunga Matahari mempunyai manfaat untuk kesehatan. Umpamanya, bunganya mempunyai dampak untuk turunkan desakan darah serta sebagai pengurang rasa sakit yang manjur.Lantas, bijinya berguna sebagai anti-disentri serta untuk menyembuhkan campak. Daunnya juga mempunyai hasiat yang cukup banyak seperti anti-radang, anti-malaria, serta analgesik (penahan rasa sakit). Sumsum batangnya yang mempunyai manfaat untuk memberi vitalitas, menyembuhkan liver, alagesik, serta yang lain. Untuk penyembuhan di bagian luar, bunga Matahari bisa dihaluskan lalu ditempelkan di bagian yang sakit. Umpamanya, untuk menyembuhkan bisul, radang payudara, serta rematik.

Sampai disini dulu ulasan tentang tanaman hias yang jadi incaran karena banyak hasiatnya untuk kesehatan. Biji bunga matahari, selain enak dijadikan cemilan diwaktu istirahat, hasiatnya tak diragukan lagi. Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaat.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar