PRODUK OLAHAN KERIPIK TALAS

PRODUK OLAHAN KERIPIK TALAS - CAMILAN NUSANTARA

Talas merupakan salah satu jenis tumbuhan yang begitu sangat mudah dijumpai di Indonesia. Biasanya tanaman talas sering tumbuh subur di daerah pedesaan. Talas adalah salah satu sumber karbohidrat yang tremasuk kedalam umbi – umbian (seperti ubi kayu dan ubi jalar). Biasanya masyarakat kita mengkonsumsi talas hanya untuk camilan. Namun dibeberapa daerah di indonesia umbi talas ini dijadikan sebagai makanan pokok penggati beras. Umbi yang rasanya cukup lezat ini biasa dimasak dengan cara digoreng, direbus, ataupun dikukus. Manfaat utama umbi talas adalah sebagai bahan pangan sumber karbohidrat. Bagian tanaman ini yang dapat dimakan yaitu umbi, tunas muda, dan batang daun. selain itu umbi, pelepah, dan daun talas dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat, maupun pembungkus makanan, sedangkan daun, kulit dan ampas umbinya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. 

Berbagai jenis makanan yang bisa dibuat menggunakan talas memang cukup bervariasi, salah satunya dibuat keripik talas. Keripik talas merupakan sebuah camilan yang cocok dijadikan sebagai teman disaat bersantai bersama keluarga tercinta. Rasa keripik talas yang gurih, renyah dan enak memang sangat banyak disukai semua kalangan. Mulai dari anak-anak bahkan hingga orang tua. Keripik talas biasanya juga dapat dikreasikan dengan rasa yang berbagai ragam seperti rasa pedas, manis serta gurih. Makanan ini memiliki tekstur yang lebih renyah sehingga membuat camilan ini cocok dinikmati oleh siapapun yang menggemarinya. Dari waktu ke waktu permintaan masyarakat akan keripik talas memang akan terus bertambah sehingga membuat usaha keripik talas makin tepat untuk diperhitungkan.

Kandungan Gizi pada Talas

Dalam talas terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, rendah lemak dan terdapat kandungan serat yang cukup baik untuk memperlancar kerja pencernaan. Kandungan vitamin yang terdapat dalam umbi talas diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan betakaroten.
Bahan baku usaha keripik talas
Dalam mengolah keripik talas juga sangat dibutuhkan bahan baku utamanya. Bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat keripik talas diantaranya talas, bawang putih, garam, kaldu ayam bubuk, minyak goreng dan berbagai bahan-bahan yang lain. Bahan baku untuk memproduksi  keripik talas memang begitu mudah sekali untuk didapatkan, karena sudah banyak disediakan di  toko – toko dan di pasar tradisional.

Tahap membuat keripik talas

Pembuatan keripik talas memang bisa dilakukan dengan mudah. Namun bagi yang belum mengetahui cara dalam mengolah keripik talas mungkin akan merasa kesulitan sekali. Oleh karena itu, demi memudahkan Anda dalam membuat keripik talas, berikut ini juga kami berikan salah satu contoh membuat keripik talas dengan tepat :

Bahan membuat keripik talas :
1 kg talas segar
air bersih secukupnya
1 kg minyak untuk menggoreng
3 sendok teh air kapur sirih

Bumbu halus yang dibutuhkan :
garam sesuai selera
bawang putih 10 siung
kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara Membuat Keripik Talas :
1. Kupas kulit talas dan cuci hingga bersih
2. Setelah itu, iris talas tipis-tipis
3. Campurkan air kapur sirih dengan air bersih secukupnya, lalu aduk rata
4. Rendam talas yang sudah diiris tipis selama 3 jam, angkat dan tiriskan
5. Campurkan talas dengan bumbu yang dihaluskan lalu diamkan selama 15 menit
6. Goreng dalam minyak panas hingga kering dan renyah
7. Keripik talas siap untuk dikemas dan dipasarkan

Itulah cara dalam membuat keripik talas yang dapat Anda coba. Setelah Anda mengetahui cara termudah dalam mengolah keripik talas pasti membuat Anda ingin membuka usaha kripik talas. Sebelum Anda memutuskan untuk mengembangkan usaha keripik talas anda sebaiknya menyiapkan hal-hal yang di butuhkan dalam membuka usaha.

Peluang bisnis keripik talas  masih terbuka sangat luas bagi calon pebisnis keripik talas. Dimana tawaran laba dalam bisnis produksi keripik talas juga tidak sedikit sehingga sangat menjanjikan sekali. Mungkin bagi Anda yang saat ini sedang mencari peluang bisnis yang tepat, tak ada salahnya jika mencoba mengembangkan usaha keripik talas ini. 

Demikian pembahasan penting tentang keripik talas. Semoga saja ulasan artikel yang kami berikan untuk Anda diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda.


Baca Juga :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya